cover
Contact Name
Ishartiwi
Contact Email
-
Phone
+62274554689
Journal Mail Official
jpk_plb@uny.ac.id
Editorial Address
Department of Special Education, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta Jalan Colombo No 1 Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
ISSN : 18580998     EISSN : 25806475     DOI : https://dx.doi.org/10.21831/jpk
Core Subject : Education, Social,
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The journal publishes traditional, ethnographic, and single-subject research; intervention studies, integrative reviews on timely issues, and critical commentaries; and special thematic issues.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 19 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus" : 6 Documents clear
The Development Of "Remine Me" Vibrating Watch Media For Optimization Of Interaction And Communication In Deaf Students Novtasari, Rianti; Utami, Ratna Tri; Musiman, Musiman; Yansyah, Medi
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol. 19 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v19i2.62645

Abstract

This research was motivated by communication problems between lecturers and the subjects' peers who had difficulty calling and talking when studying offline. This happens because when you want to start communicating or simply call a subject, because the subject cannot hear you need to be approached first and "patted" so that the subject is sensitive and focused that someone wants to communicate with him. This research aims to produce a tool that can bridge communication between deaf students and stakeholders during learning. Therefore, the vibrating watch was designed to increase sensitivity in deaf students, this watch was named "Remine Me". This "Remine Me" vibrating watch works by capturing sensors with the help of a remote control, then the sensors will transmit stimulation in the form of vibrations to the hands of deaf students, so that if they want to communicate with the subject while they are still at a certain distance, this will make it easier for deaf students and lecturers. even with peers to be able to start communication without having to be "patted" first. The development in this research uses the R&D research method with the ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) design. The research subject was a 3rd semester deaf student. The result of this development was a vibrating watch with remote control. The results of the development of "Remine Me" could be an alternative tool that can be used by every lecturer to make it easier to call deaf students in their class.
Intervensi Picture Exchange Communication System untuk Meningkatkan Komunikasi Anak dengan Autism Spectrum Disorder - Non Verbal Sukriananda, Riskia Ramadhina; Mangunsong, Frieda M
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol. 19 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v19i2.65112

Abstract

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa kesulitan komunikasi pada anak dengan autism spectrum disorder non verbal, khususnya keengganan untuk memulai komunikasi, dapat ditangani dengan progam pelatihan komunikasi alternatif menggunakan kartu bergambar, atau disebut juga dengan picture exchange communication system (PECS). Walau demikian, belum ada pelatihan yang melibatkan orang tua di dalam prosesnya. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas intervensi PECS dalam meningkatkan komunikasi anak dengan orang tua sebagai pelatih. Keberhasilan intervensi ditandai dengan peningkatan persentase anak melakukan satu siklus penggunaan kartu (mengambil kartu, menjangkau pelatih, dan meletakkan kartu bergambar kepada pelatih) dalam mengkomunikasikan keinginannya, secara mandiri. Penelitian ini menggunakan metode reversal replication strategy (ABA design) dengan subjek tunggal, yang dilakukan pada anak lelaki usia 7 tahun 6 bulan, dengan diagnosis Autistism Syndrome Disorder - non verbal. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan metode continuous recording. Pelatihan dilakukan selama delapan hari dengan rincian dua hari persiapan pelatihan mencakup workshop kepada orang tua sebagai pelatih, reinforcement assessment dan baseline, lima hari intervensi anak, serta satu hari evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase keberhasilan anak untuk memulai komunikasi menggunakan kartu bergambar secara mandiri hingga empat puluh persen keberhasilan setelah intervensi.
Tantangan dan Kebutuhan Guru SDLB dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Lampung Wardany, Ossy Firstanti; Sani, Yulvia; Herlina, Heni; Setyaningsih, Septi
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol. 19 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v19i2.65206

Abstract

Transisi dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka bagi PDBK (Peserta Didik Berkebutuhan Khusus) diasumsikan menimbulkan tantangan baru bagi guru dalam mengimplementasikannya. Penelitian bertujuan menggali tantangan dan merumuskan kebutuhan guru Sekolah Dasar Luar Biasa (SLB) dalam implementasi Kurikulum Merdeka bagi PDBK di jenjang SD. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Responden penelitian adalah 44 guru SLB tingkat Sekolah Dasar di Provinsi Lampung yang menerapkan Kurikulum Merdeka yang dipilih secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan Google Form. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki pemahaman yang baik, pandangan positif dan kesiapan yang cukup mengenai Kurikulum Merdeka yang didukung dari pengalaman belajar melalui berbagai kegiatan dari pemerintah, sekolah, dan pihak lain. Dari 44 guru tersebut,  55% guru merasa kekurangan waktu dalam merancang evaluasi yang sesuai dengan keragaman jenis dan fase peserta didik, 59% guru merasa pilihan keterampilan vokasional  yang ada di sekolah masih terbatas, 48% masih kesulitan dalam membuat instrumen asesmen awal, dan 45% mengalami masalah dalam melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi keberagaman. Tantangan ini selaras dengan kebutuhan yang diinginkan guru, di mana 3 kebutuhan teratas yakni 84% mengharapkan pelatihan mengenai metode dan media pembelajaran yang berdiferensiasi, 77% membuat asesmen dan rencana pembelajaran, 77% pelatihan program kebutuhan khusus.
Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak Down Syndrome Andriani, Raihan; Nurhasanah, Nurhasanah; Rosita, Dara
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol. 19 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v19i2.52944

Abstract

Setiap proses pertumbuhan dan perkembangan sesorang anak tidak terlepas dari peran orang tua. Orang tua adalah salah satu faktor yang dapat berpengaruh dalam menumbuhkan kemandirian anak, khususnya anak down syndrome yang mengalami hambatan pada aspek kemandiriannya. Kemandirian merupakan suatu keterampilan yang harus dilakukan secara terus menerus sehingga menjadi suatu kebiasaan dan dapat melakukan sesuatu tanpa adanya bantuan dari orang lain. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana peran orang tua dalam menumbuhkan kemandirian anak down syndrome di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Pidie Jaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini merupakan lima orang tua dari anak down syndrome. Objek dalam penelitian ini adalah peran orang tua dalam menumbuhkan kemandirian anak down syndrome. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua sudah menjalankan perannya sebagai: 1) teladan, 2) mentor, 3) pemberi penghargaan dan 4) pelatih bagi anak down syndrome.
Modification Curriculum in Inclusive Setting: A Systematic Literature Review Nurjannah, Siti; Azizah, Nur; Rosi, Fahrur
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol. 19 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v19i2.80808

Abstract

This article aims to explore the implementation of modification curriculum adapted in schools in Yogyakarta. The curriculum plays a crucial role in education and serves as a fundamental guide for effective instructional practices. Ensuring the proper implementation of the curriculum in inclusive education is crucial to ensure that children with special needs receive an educational curriculum that aligns with their abilities. This study aims to systematically review articles discussing the implementation of curriculum for students with special needs in inclusive schools within the Province of D.I Yogyakarta, Indonesia. The researchers employed a systematic literature review (SLR) method by analyzing 13 relevant articles. The writing process followed the guidelines outlined by the Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analysis (PRISMA). The findings indicated that not all-inclusive schools in Yogyakarta have implemented curriculum modifications for students with special needs. However, several research mentioned that certain schools have undertaken curriculum modification processes. The discussion section highlighted various obstacles hindering the implementation of curriculum modifications in schools providing inclusive education.
Pengembangan Buku Panduan Guru untuk Layanan Bimbingan Karier Siswa Tunarungu SMALB Mufidah, Akrim Ilma; Azizah, Nur
JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) Vol. 19 No. 2 (2023): Jurnal Pendidikan Khusus
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpk.v19i2.81113

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan buku panduan guru bimbingan karier untuk siswa tunarungu SMALB yang telah diuji kelayakannya berdasarkan hasil penilaian uji validasi ahli dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Research and Development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dilaksanakan melalui  tujuh tahap: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba tahap awal, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk akhir. Subyek uji coba terdiri dari tujuh guru kelas dari 6 SLB di Kabupaten Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan kuisioner penilaian ahli dan  penilaian dari uji coba lapangan oleh guru. Hasil penelitian ini berupa produk buku panduan guru untuk layanan bimbingan karier siswa tunarungu SMALB. Berdasarkan hasil uji kelayakan, buku panduan ini sangat layak  digunakan  guru sebagai acuan dan pedoman dalam melaksanakan bimbingan karier siswa tunarungu SMALB.

Page 1 of 1 | Total Record : 6