cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 28 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)" : 28 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARIAS TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN BANGKINGAN II SURABAYA FITRI AMALIA, IKA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pada pembelajaran matematika kelas V di SDN Bangkingan II Surabaya ditemui suatu fenomena dimana siswa masih kesulitan dalam mengerjakan soal matematika, masih kurangnya pemahaman siswa terhadap penjelasan yang diberikan oleh guru, serta kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran. Untuk membantu siswa dalam belajar matematika, peniliti mencoba menerapkan Model Pembelajaran ARIAS pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pada hasil belajar siswa kelas V SDN Bangkingan II Surabaya. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain yang digunakan yaitu nonequivalent control grup design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Tes ini berupa soal pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari nilai pre-test ke nilai  post-test kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran ARIAS. Rata-rata nilai post-test pada kelas eksperimen yaitu 87,60 dan rata-rata nilai post-test kelas kontrol yaitu 73,26. Berdasarkan hasil analisis uji t-test diketahui nilai thitung  lebih kecil dari t table pada taraf signifikansi 5% yaitu  -4,70 < -2,021. Dengan demikian, model pembelajaran ARIAS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas eksperimen. Kata Kunci: Model Pembelajaran ARIAS, Hasil Belajar. Abstract A phenomenon happens during mathematics teaching and learning for five grade students at Elementary School 2 Bangkingan, Surabaya. The students are having difficulties to do mathematics task, low understanding of teacher’s explanation, and less active in the classroom. The researcher tries to implement ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) learning model to help students in mathematics subject. This research is purposed to know the significant effect of five grade learning outcome at Elementary School II Bangkingan, Surabaya. The quantitative method is used for this research with semi-experimental steps. The researcher used nonequivalent control group design to get the real result of the research. The way to collect the data is by test which is pretest and post test. The result shows that there is the significant effect from pretest to post test at experimental class which used ARIAS learning model. The average score of posttest for experimental class is 87.60 and 73.26 for controlled class. Based on the analysis of t-test result, it is known tempirical is smaller than ttable at 5% significance that -4.70 < -2.021. It is clearly proven if ARIAS learning model gives significance effect toward the learning outcome at experimental class.  Keywords: ARIAS learning model, learning outcome .  
PENGARUH MEDIA NOMOGRAF TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHAN BILANGAN BULAT DI SEKOLAH DASAR TRI VITASARI, NADIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan media nomograf terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan bilangan bulat. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen kuasi. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Setelah dikonsultasikan dengan ttabel, diketahui bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,96 > 1,68; sehingga Ha : µ1 ≠ µ2, yang artinya terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol diterima; dan Ho : µ1 = µ2 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media nomograf berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Dander I Bojonegoro. Kata Kunci: Media Nomograf, Hasil Belajar, Penjumlahan Bilangan Bulat            Abstract This research method is quantitative with kind of research is quasi experimental research. Data is collected by using test. Test technique is used to get student’s learning result data. Data analysis technique by using t-test. The results showed that there is a difference between control and experimental class. Having consulted with ttable, it is known that tcount greater than ttable ie 2.96> 1.68; so that Ha: μ1 ≠ μ2, which means there is a significant difference between the experimental class learning outcomes with a control class received; and Ho: μ1 = μ2 was rejected. Based on this, it can be concluded that the use of the media nomographs significant effect on student learning outcomes SDN Dander I Bojonegoro 4th grade. Keywords: Media nomographs, Learning Outcomes, Addition and Substruction Integers
PENGARUH METODE JARIMAGIC TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS I SD YUDAPRAWIRA WIBOWO, RENDRA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak                                                                     Tujuan penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui adakah pengaruh metode jarimagic terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa  kelas I SDTeknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan menggunakan pretest dan posttest yang kemudian dihitung menggunakan uji- t. Adanya pengaruh penggunaan metode jarimagic terhadap hasil belajar siswa kelas I SD dibuktikan dengan uji hipotesis yang menggunakan rumus t-test. Dari perhitungan t-test  diperoleh nilai t-test sebesar 3,7. Setelah dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2,000 diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 3,73 > 2,000. Sehingga dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signifikan metode jarimagic terhadap hasil belajar operasi hitung penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SD. Kata Kunci: pengaruh, jarimagic, operasi hitung     Abstract   The purpose of this study is the researchers wanted to know is there any influence on learning outcomes jarimagic method of arithmetic operations of addition and subtraction in the first grade elementary school students. Techniques used in data collection by using pretest and posttest were then calculated using uji- t. The influence of the use of methods jarimagic student learning outcomes first grade elementary school evidenced by a hypothesis test using t-test formula. From t-test calculation values ??obtained t-test was 3,7. After compared with ttable value of 2,000 is obtained that tcount greater than ttable at 3.73> 2.000. So it can be said to be a significant influence on learning outcomes jarimagic method of arithmetic operations of addition and subtraction first grade elementary school students.  Keyword   : influence, jarimagic, number operation
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CAI DAN PENGARUHNYA PADA HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SDN MOJOKEREP I, KEDIRI Subarkah, Agirl
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Perkembangan teknologi menyajikan fitur yang membuat siswa lebih tertarik untuk bermain permainan elektronik daripada belajar. Berdasarkan kesulitan siswa maka diperlukan media yang dapat menarik perhatian siswa untuk belaajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis CAI dengan remidial untuk siswa kelas IV SDN Mojokerep I, Kediri. Rancangan penelitian menggunakan Pengembangan. Pengumpulan data menggunakan pretest dan post test. Analisis data menggunakan t-Test dan N-Gain. Hasil t-Test menunjukkan thitung>ttabel yakni 3,355>2,210. Hasil N-Gain kelas pembanding sebesar 0,18 berarti berkategori rendah sedangkan N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,71 berarti berkategori tinggi. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran berbasis CAI  terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN  Mojokerep I, Kediri. Kata Kunci: media CAI, Hasil Belajar, Remidial. Abastract Technological development presents features that make students more interested in playing electronic games than studying. Based on the difficulty of students it will be required  media which is can atrrract student’s attention. The aim of this  reaserch  to develop media based learning CAI with remedial to students of  Mojokerep 1 elementary school fourth grade Kediri.  Research design use development. Data collection use pretest and post test. Data analysis using t-Test and N-Gain. T-Test results show thitung>ttabel is 3,355>2,210. N-Gain result comparison class is 0,18 mean low uncategorised while N-Gain experiment class is 0,71 mean high uncategorised . Can be concluded that there impact of media based learning CAI on student learning outcomes of Mojokerep 1 elementary school fourth grade Kediri. Keywords: CAI media, student learning outcomes, remidiation
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR Nuchus, Chayatun
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menerapkan model Problem Based Learning dan kelas yang menerapkan model konvensional. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental Nonequivalent Control Group. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan  kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh hasil -t hitung < -t tabel (-3,426 < -1,997) dan nilai signifikansi < 0,05 (0,001 < 0,05). Maka dari itu  menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa antara kelas yang menggunakan model PBL dengan kelas yang menggunakan model konvensional. Kata Kunci: model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis, IPS Abstract This research has a goal to find out any significant difference in students’ critical thinking skill between the class that implements Problem Based Learning model and the class that implements conventional model. The research design that is used is Quasi-Experimental Non-Equivalent Control Group. The Data Collection Method that is used is test. Data Analysis Technique that is use is using t test to discover difference in thinking critically in experiment class after the implementation. The result of the data analysis using t test is -t count < -t table (-3,426 < -1,997) and significance value < 0,05 (0,001 < 0,05). It shows that there is a significance difference in the critical thinking skill between the students in the class that implemented PBL and the class that used conventional model. Keywords: Problem Based Learning model, critical thinking skill, social studies
PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KELAS V SD RAYMOND DE MOMANDO, DENNIS
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Hal ini disebabkan model pembelajaran yang digunakan guru hanya sebatas melatih kemampuan tingkat rendah saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model problem based Learning terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode quasi eksperiment, serta desain Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Dengan N= 24 diperoleh Hasil penghitungan t-test menghasilkan nilai te 2,438 dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% bernilai 2,069. Maka dapat dituliskan te > tt dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning Kususnya di SDN Jeruk I/469 Surabaya. Kata Kunci: model problem based Learning, kemampuan berpikir tingkat tinggi.   Abstract The low of high order thingking skill of student is the background of this research. It is caused by the learning model which is used by the teacher just for training lower order thinking. The research aims to know the effect of using problem based Learning model on high order thingking skill of student. Researcher use quasi experiment for the research methods and Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The research shows that With N= 24, results of t-test is 2,438 and t table on significance level 5 % is 2,069 It is made based on values te > tt. Then, Researcher compares both of those values and make a conclusion that there is an significant effect on learning process which has implemented the problem based learning model especially for the student of SDN Jeruk I/469 Surabaya. Keywords: problem based Learning model, high order thingking skill.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK PEMBELAJARAN IPA KELAS IV TAHUN AJARAN 2015/2016 DI SD ERNAWATI, DESI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pelaksanaan penelitian dilatarbelakangi siswa masih kesulitan memahami konsep abstrak dari sumber balajar dengan media pembelajaran yang terbatas sehingga pembelajaran terkesan membosankan, monoton, dan tidak bermakna. Akibatnya minat belajar dan daya serap siswa masih rendah. Diperlukan peningkatan kualitas pembelajaran yang menyenangkan, inovatif, dan komunikatif sehingga siswa tertarik untuk belajar yaitu menggunakan media komik. Penelitian ini bertujuan memaparkan prosedur pengembangan  media komik dan menghasilkan media komik yang layak dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian media komik ditunjukkan dengan penilaian skor rata-rata kevalidan sebesar 85,05% (sangat valid), rata-rata kepraktisan sebesar 94,4% (sangat praktis), dan efektif dalam mengingkatkan hasil belajar siswa. Jadi, media komik pembelajaran IPA sangat layak dari segi valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Media, Komik, IPA.   Abstract The implementation of this study is caused by the students which are still difficult to understand an abstract concept of the learning sources with learning media that is limited so the learning seems boring, monotonous, and not meaningful. It is because the students are less attentive to learn so it is necessary to increase the learning quality which are  fun, innovative, and communicative through comic media to support. This study is aimed to explain the developing procedure of comic media and create suitable comic media from validity aspect, effesiency aspect, and effectively aspect. The methodology of the study used research and development. The result of the study can be seen in the mean of the validity score was 85,05% (very extremely valid), the mean of percentage result of effeciency was  94,4% (very effecient), and effective to increase stuidents’ ability. Therefore, media for science is very appropriate to use because of  the aspect of validity, effecient, and effectively. Keywords: Media, Comic, Science.   
PENGEMBANGAN MEDIA CAI DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN SAINTIFIK MATERI PERUBAHAN EKOSISTEM DI KELAS V SEKOLAH DASAR MUHARROMAH, ENDA
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan desain pengembangan media CAI, mendeskripsikan pengembangan media CAI serta membuktikan kelayakan media CAI yang sudah dikembangkan khususnya materi Perubahan Ekosistem pada tema 8, sub tema 3, pembelajaran 2 di kelas V SDN Lidah Kulon I Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang dilaksanakan selama dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan media CAI materi perubahan ekosistem sangat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran didasarkan pada respon siswa yang mencapai 87,62% dan peningkatan hasil belajar siswa dimana nilai rata-rata kelas yang awalnya 53,16 menjadi 75,5. Selain itu analisis uji t-tes juga menunjukkan perbedaan hasil belajar yang signifikan, dimana nilai tempirik = 6,35. Dengan menggunakan taraf signifikansi 5% tteoritik = 2,048 sehingga  tempirik (6,35) > tteoritik (2,048). Kata Kunci: Pengembangan Media CAI, Pendekatan Saintifik, Perubahan Ekosistem.   Abstract The purpose of this research is to describe CAI media design improvement, to describe CAI media development and also to prove CAI media capability that has been implemented in ecosystem exchanging, theme 8, sub-theme 3, topic 2 to five graders at Elementary School 1 Lidah Kulon, Surabaya. This is a Research Development that held in two meetings. The result of the research shows CAI media in ecosystem exchanging topic is able to use in teaching and learning process by the result of 87.62% students’ response and students’ increasing test result. The improvement of students’ test result is proven by the score 53.16 at the first to 75.5. Meanwhile, the analysis of t-test shows significant result after implementing CAI media by tempiric = 6.35 points. By using significance value 5% ttheoritc = 2.048 points, it shows tempiric = (6.35) > ttheoritc = (2.048). Keywords: CAI media development, scientific approach, ecosystem changing
PENGARUH TEKNIK CYCLE CONCEPT MAPPING PADA TEMA EKOSISTEM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS V RIANTI PRIANDHINI, ESTI
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang paling sulit dikuasai oleh siswa. Salah satu teknik yang dapat digunakan dalam menulis eksposisi adalah teknik cycle concept mapping. Teknik ini dapat membantu siswa dalam memetakan konsep yang menjadi ide utama dalam karangan eksposisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik cycle concept mapping terhadap keterampilan menulis eksposisi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain one group pretest posttest. Subjek penelitian berjumlah 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest adalah 74,07 dan rata-rata nilai posttest adalah 81,89. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai thitung (6,198) > ttabel (2,056), maka Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan teknik cycle concept mapping terhadap keterampilan menulis eksposisi. Kata Kunci: teknik cycle concept mapping, keterampilan menulis, eksposisi   Abstract Writing skill is the most difficult skill for students. One technique that can be used in writing exposition skill is cycle concept mapping. This technique can help students to illustrate main concepts in writing exposition. The purpose of this research is to determine the effect of cycle concept mapping technique toward writing skill exposition. The method is quasi experiment with one group pretest posttest design. Subjects are 27 students. The results show that the average of pretest is 74,07 and posttest is 81,89. T-test shows that the value of tcount (6,198) > ttable (2,056), so Ha is  accepted. Based on the results, it can be concluded that there is significant effect of cycle concept mapping technique toward writing exposition skill. Keywords: cycle concept mapping technique, writing skill, exposition   
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN  MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS DI SEKOLAH DASAR MAKKIH HIDAYAT, FAJAR
Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Vol 4, No 2 (2016): JPGSD Vol 4, No 2 (2016)
Publisher : PGSD FIP UNESA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar dan kendala-kendala dalam penerapan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran IPS dengan materi pokok "mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang" di kelas Va SDN Sumput Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan tes. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama tiga siklus, pada siklus I 68,75%, pada siklus II 76,25% dan pada siklus tiga 85%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I sampai siklus III yaitu 68,75%, 77,5%, dan 83,75%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan, pada siklus I 60%, pada siklus II 74%, dan pada siklus tiga 88,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di  kelas Va SDN Sumput Sidoarjo Kata Kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Pembelajaran IPS, Hasil Belajar.   Abstract The purpose of this research is to describe teacher activities, students activity, study result and constraints in application of cooperative learning mind mapping in social studies with the main chapter “describes the struggle of the hero on the Dutch and Japanese occupation” in class Va SDN Sumput Sidoarjo. This research used Classroom Action Research (CAR) using data collected by observation way and test. The teacher activity increase on the three cycle, the increase in first cycle was 68,75%, in second cycle was 76,25%, and in third cycle was 85%. The increase also occurred on the student activity which was 68,75% on the first cycle, 77,5%, on the second cycle and 83,75% on third cycle. The result of the students studies increase, in the first cycle was 60%, in the second cycle was 74%, and third cycle was 88,5%. It can be conclude that the implementation of cooperative learning model mind mapping can increase the study result of social studies at fifth grade in SDN Sumput Sidoarjo. Keywords:  Model Mind Mapping, Sosial Studies, Study Result.

Page 1 of 3 | Total Record : 28