cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
ISSN : 08539472     EISSN : 25025104     DOI : 10.21831
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia" : 9 Documents clear
PENGARUH SERTIFIKASI GURU DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 1 SENTOLO KABUPATEN KULON PROGO TAHUN 2012 Risma Istiarini; Sukanti Sukanti
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.721 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.924

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh SertifikasiGuru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012, (2)Pengaruh Motivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo KabupatenKulon Progo Tahun 2012, (3) Pengaruh Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru terhadapKinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012.Subjek dalam penelitian ini adalah 45 Guru di SMA Negeri 1 Sentolo KabupatenKulon Progo. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian populasi. Objek penelitian berupaSertifikasi Guru, Motivasi Kerja Guru dan Kinerja Guru. Penelitian dilakukan pada bulanFebruari sampai Maret 2012. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket. Ujivaliditas menggunakan rumus product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumuskoefisien alpha. Sebelum melakukan analisis data, dilakukan uji linieritas dan ujimultikolonieritas. Analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda.Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) terdapat pengaruh positif dan signifikanSertifikasi Guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progodengan koefisien korelasi (r) 0,410, koefisien determinasi (r2) 0,618, dan harga t hitung 2,952lebih besar dari t tabel 1,99; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Kerja Guruterhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun 2012 dengankoefisien korelasi (r) 0,537, koefisien determinasi (r2) 0,288, dan harga t hitung 4,173 lebihbesar dari t tabel 1,99; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Sertifikasi Guru danMotivasi Kerja Guru terhadap Kinerja Guru SMA Negeri 1 Sentolo Kabupaten Kulon ProgoTahun 2012 dengan koefisien korelasi (R) 0,560, koefisien determinasi (R2) 0,314, dan hargaF hitung 9,6 03 lebih besar dari F tabel 3,230.X1 memberikan sumbangan efektif sebesar7,62% dan X2 memberikan sumbangan efektif sebesar 23,75%.
ANALISIS BUTIR SOAL TES KENDALI MUTU KELAS XII SMA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2012 Ata Nayla Amalia; Ani Widayati
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (564.805 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.919

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Tes Kendali Mutu KelasXII SMA mata pelajaran Ekonomi Akuntansi di Kota Yogyakarta Tahun 2012 baik soal seriA, B, C, D, maupun E. Soal-soal tersebut dianalisis berdasarkan tingkat validitas, reliabilitas,tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas penggunaan pengecoh/distractor.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatankuantitatif karena semua data atau informasi yang diperoleh diwujudkan dalam bentuk angkaangkadan dianalisis dengan statistik menggunakan program Item and Test Analysis(ITEMAN). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA program studi IPS diKota Yogyakarta yang diambil berdasarkan kriteria Sekolah Standar Nasional (SSN). Teknikpengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi untuk memperolehdata butir-butir soal, kunci jawaban, dan hasil tes siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan validitas butir soal yang validsebesar 87,5% untuk soal seri A; 95% untuk soal seri B; 75% untuk soal seri C; 82,5% untuksoal seri D; dan 75% untuk soal seri E. (2) Berdasarkan reliabilitas soal, soal tersebutmemiliki koefisien reliabilitas yang tinggi yaitu soal seri A sebesar 0,833; soal seri B sebesar0,843; soal seri C sebesar 0,803; soal seri D sebesar 0,785; dan soal seri E sebesar 0,768. (3)Berdasarkan tingkat kesukaran, soal dengan tingkat kesukaran sedang adalah 62,5% untuksoal seri A; 70% untuk soal seri B; 65% untuk soal seri C; 52,5% untuk soal seri D; dan47,5% untuk soal seri E. (4) Berdasarkan daya pembeda, soal dengan daya pembeda baikyaitu 55% untuk soal seri A; 60% untuk soal seri B; 57,5% untuk soal seri C; 55% untuk soalseri D; dan 57,5% untuk soal seri E. (5) Berdasarkan efektivitas penggunaan distractor, soaldengan distractor yang berkualitas sangat baik sebesar 62,5% untuk soal seri A; 37,5% untuksoal seri B; 40% untuk soal seri C; 50% untuk soal seri D; dan 35% untuk soal seri E.
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI KOMPETENSI DASAR MENGHITUNG MUTASI DANA KAS KECIL SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Hana Kurniawan; Andian Ari Istiningrum
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (578.691 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.925

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yangbertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Kompetensi Dasar MenghitungMutasi Dana Kas Kecil siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran2011/2012 melalui penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share(TPS). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan selama duasiklus.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, angket danwawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.Analisis kualitatif dilakukan dengan mereduksi data, menyajikan data dan menarikkesimpulan, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan membandingkan perolehan skorMotivasi Belajar Akuntansi dengan skor maksimum kemudian dipersentasekan.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Penerapan Metode PembelajaranKooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan Motivasi Belajar AkuntansiKompetensi Dasar Menghitung Mutasi Dana Kas Kecil siswa kelas X Akuntansi 2 SMKNegeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang dibuktikan dengan adanya peningkatanpersentase skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 16,28% dari sebelum penerapanPembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) sebesar 53,31% meningkat menjadi69,60% di siklus 1. Selanjutnya dari siklus 1 ke siklus 2 juga terjadi peningkatan sebesar11,47% atau diperoleh skor sebesar 81,07%. Selain itu berdasarkan angket yangdidistribusikan kepada siswa dapat disimpulkan pula bahwa terjadi peningkatan skorMotivasi Belajar Akuntansi siswa sebesar 4,18% dari skor siklus 1 sebesar 70,86% ke siklus2 sebesar 75,04%. Dengan cross check yang dilakukan melalui wawancara diperoleh pulahasil bahwa sebagian besar data yang diperoleh konsisten dengan data observasi dan dataangket.Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share, Motivasi Belajar Akuntansi, SMKNegeri 7 Yogyakarta
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA KOMPETENSI MENGELOLA DOKUMEN TRANSAKSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK COKROAMINOTO 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012 Nina Isnawati; Dyah Setyorini
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (572.567 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.920

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Perhatian Orang Tuaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi SiswaKelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran2011/2012, (2) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi padaKompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012, (3) Pengaruh Perhatian OrangTua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi padaKompetensi Mengelola Dokumen Transaksi Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMK Cokroaminoto 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012.Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X Program KeahlianAkuntansi yang berjumlah 61 siswa. Pengumpulan data dengan metode angket dandokumentasi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 33 siswa SMK TamanSiswa Banjarnegara untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian.Pengujian persyaratan analisis meliputi uji linearitas dan multikolinieritas. Pengujianhipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana dan pengujianhipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikanPerhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi MengelolaDokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 5,121 p-value = 0,000 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar 0,308 yang artinya variabel ini mempengaruhiPrestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi sebesar 30,8%,(2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap terhadap PrestasiBelajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkandengan nilai thitung sebesar 5,814 p-value = 0,000 0,05 dengan koefisien determinasi sebesar0,364 yang artinya variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada KompetensiMengelola Dokumen Transaksi sebesar 36,4% (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikanPerhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi BelajarAkuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksi yang ditunjukkan dengan nilaiFhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 23,101 3,150 dengan koefisien determinasi sebesar 0,443yang artinya variabel Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar Akuntansi pada Kompetensi Mengelola Dokumen Transaksisebesar 44,3%.
PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2009 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA Singgih Tego Saputro; Pardiman Pardiman
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (464.631 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.923

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadapPrestasi Belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 FakultasEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta., (2) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadapPrestasi Belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2009 FakultasEkonomi Universitas Negeri Yogyakarta, (3) Pengaruh Disiplin Belajar dan LingkunganTeman Sebaya secara besama-sama terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Program StudiPendidikan Akuntansi angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansiangkatan 2009 dengan jumlah 117 mahasiswa, sehingga penelitian ini merupakan penelitianpopulasi. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi.Metode kuesioner untuk mengumpulkan data Disiplin Belajar dan Lingkungan TemanSebaya, sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui Prestasi Belajar. Uji cobainstrumen ini dilakukan terhadap 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan AkuntansiAngkatan 2008 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, analisis data yangdigunakan adalah teknik analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama dan kedua sertaanalisis regresi ganda untuk hipotesis ketiga. Sebelum analisis data terlebih dahulu diadakanpengujian persyaratan analisis meliputi uji linieritas dan multikolinieritas.Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan DisiplinBelajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai thitunglebih besar dari ttabel yaitu: 7,780 1,984 dengan koefisien determinasi sebesar 0,345 yangartinya sebesar 34,5% variabel ini mempengaruhi Prestasi Belajar. (2) Terdapat pengaruhpositif dan signifikan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar MahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas NegeriYogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu: 5,097 1,984dengan koefisien determinasi sebesar 0,184 yang artinya sebesar 18,4% variabel inimempengaruhi Prestasi Belajar. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Disiplin Belajardan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar MahasiswaProgram Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas NegeriYogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu: 36,618 3,090 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 0,391 yang artinya sebesar39,1% kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi Prestasi Belajar. Persamaangaris regresi Y = 0,017X1 + 0,007X2 + 1,866.Kata Kunci : Prestasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya.
MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 BANJARNEGARA TAHUN AJARAN 2011/2012 Yolanda Dian Nur Megawati; Annisa Ratna Sari
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.8 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.927

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Meningkatkan Keaktifan Siswa denganImplementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization kelas XIIPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012. 2. Meningkatkan Hasil BelajarAkuntansi Siswa dengan Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team AssistedIndividualization kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2011/2012.Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan 2siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Banjarnegara sebanyak37 siswa. Instumen digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan/catatan harianuntuk mencatat semua kejadian selama proses penelitian berlangsung dan melakukanpenilaian Keaktifan Siswa, Instrumen tes untuk mengukur pencapaian hasil belajar akuntansisiswa setelah mengikuti proses belajar mengajar, Lembar Kerja Siswa/Modul Siswa disusunsebagai bahan pedoman pada saat melakukan diskusi, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP), dan Dokumentasi. Keaktifan Siswa yang dipantau dari lembar pengamatan/catatanharian setiap pertemuan dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dipantau dengan tes disetiap akhirsiklus. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan hasil padasiklus I dan siklus II.Hasil penelitian yaitu: 1. Peningkatan Keaktifan Siswa dengan ImplementasiModel Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization, siklus I memperolehrata-rata Keaktifan Siswa mencapai 65,02%, dan pada siklus II naik menjadi 81,83%, jaditerdapat peningkatan Keaktifan Siswa antara siklus I dengan siklus II sebesar 8,11%. 2.Peningkatan Hasil Belajar Akuntansi Siswa dengan Implementasi Model PembelajaranKooperatif Tipe Team Assisted Individualization siklus I, siswa tuntas sebesar 70,27%, dansiklus II siswa tuntas sebesar 86,49%, jadi terdapat peningkatan sebesar 16,22%.
IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 3 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Lorentya Yulianti Kurnianingtyas; Mahendra Adhi Nugroho
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (484.829 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.922

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bersifat partisipatif dankolaboratif. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Belajar Akuntansi denganimplementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw pada siswa kelas X Akuntansi3 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 dan mengetahui peningkatan KeaktifanBelajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran2011/2012 pada masing-masing siklus.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipasi, angket,dokumentasi, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.Analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Sedangkan analisis data kuantitatif dilakukan dengan mempersentasekan data kuantitatif yangdiperoleh.Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat disimpulkanbahwa implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw dapat meningkatkanKeaktifan Belajar Akuntansi pada siswa kelas X Akuntansi 3 SMK Negeri 7 Yogyakartatahun ajaran 2011/2012. Hal tersebut didukung dengan data penelitian yang menunjukkanadanya peningkatan pada aspek membaca materi Akuntansi, bertanya tentang materi yangbelum dipahami, mendengarkan penjelasan guru maupun diskusi kelompok, mencatat materiAkuntansi, mengerjakan tugas dan latihan, semangat bekerjasama dalam kelompok, beranimengemukakan pendapat dalam diskusi, dan menjawab pertanyaan maupun menanggapipendapat orang lain. Perhitungan rata-rata skor Keaktifan Belajar Akuntansi pada setiapsiklus juga menunjukkan peningkatan. Pada siklus I diperoleh rata-rata skor KeaktifanBelajar Akuntansi sebesar 61,42% dan pada siklus II diperoleh skor 86,07% atau peningkatanyang terjadi dari siklus I ke siklus II adalah 24,65%. Sedangkan pada siklus III diperoleh skor91,43% maka peningkatan yang terjadi dari siklus II ke siklus III adalah sebesar 5,35%.Secara keseluruhan peningkatan skor Keaktifan Belajar Akuntansi yang terjadi dari siklus Ihingga siklus III adalah sebesar 30,01%.
PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL TAHUN AJARAN 2010/2011 Prastya Nor Aini; Abdullah Taman
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.921

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kemandirian Belajarterhadap Prestasi belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon BantulTahun Ajaran 2010/2011, (2) pengaruh Lingkungan Belajar Siswa terhadap PrestasiBelajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran2010/2011, (3) pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa secarabersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011.Penelitian ini merupakan penelitian expost-facto dan penelitian sampel karenasebagian atau wakil populasi yang diteliti sebagai subyek penelitian yaitu siswa kelas XIIPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 85.Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan metode dokumentasi.Metode kuesioner atau angket untuk mengumpulkan data Kemandirian Belajar danLingkungan Belajar Siswa sedangkan metode dokumentasi untuk mengetahui nilaiPrestasi Belajar Akuntansi. Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 siswa diSMA Negeri 1 Sewon Bantul. Uji validitas instrumen dengan teknik analisis productmoment, sedangkan uji reliabilitas dengan koefisien alpha. Analisis regresi sederhanadigunakan untuk mengetahui mengetahui pengaruh Kemandirian Belajar dan LingkunganBelajar Siswa secara sendiri-sendiri dengan Prestasi Belajar Akuntansi, sedangkan untukmengetahui pengaruh kedua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikatdigunakan analisis regresi ganda dua prediktor. Sebelum menganalisis data, terlebihdahulu digunakan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linearitas, uji multikolinearitasdan uji normalitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikanKemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikan rx1y = 0.359, r2x1y =0,129, thitung = 3.509 lebih besar dari ttabel = 1,98; (2) terdapat pengaruh positif dansignifikan Lingkungan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, dibuktikandibuktikan rx2y = 0.377, r2x2y = 0,142, thitung = 3.711 lebih besar dari ttabel = 1,980; (3)terdapat pengaruh positif dan signifikan Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa secara bersama-sama terhadap Prestasi belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS SMANegeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011, dibuktikan dengan Ry(1,2) = 0.494,R2y(1,2) = 0.244, Fhitung = 13.264 lebih besar dari Ftabel = 3,11. Dengan demikiankeseluruhan hasil analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.
PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTU MEDIA MONOPOLI DALAM PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 GODEAN TAHUN AJARAN 2011/2012 Erma Wulandari; Sukirno Sukirno
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v10i1.926

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Aktivitas Belajar melaluiPenerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division (STAD)pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Kelas X Akuntansi 2 SMKNegeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus.Subjek penelitian adalah siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran2011/2012 sebanyak 36 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi,dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan data reduction, data display,dan verification.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan AktivitasBelajar Siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2011/2012 melaluipenerapan Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Division padaKompetensi Dasar Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank. Aktivitas belajar secara umummengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II. Sebelum menggunakan ModelCooperative Learning Tipe STAD Aktivitas Belajar Siswa hanya 39,31%, kemudian padasiklus I sebesar 67,43% dan menjadi 88,06% pada siklus II. Indikator Aktivitas Belajarkhususnya siswa yang memperhatikan apa yang disampaikan guru mengalami peningkatandari 68,06% menjadi 94,44%, siswa yang bertanya dan menyampaikan pendapat pada saatkegiatan belajar atau diskusi mengalami peningkatan dari 53,47% menjadi 81,94%, siswayang bekerja sama dengan teman satu tim mengalami peningkatan dari 66,67% menjadi88,19%, siswa yang membuat perencanaan dan pembagian tugas tim mengalami peningkatandari 67,36% menjadi 87,50%, siswa yang bertanggung jawab terhadap tugas yang telahditetapkan dalam tim mengalami peningkatan dari 70,83% menjadi 86,81%, siswa yangmendiskusikan masalah yang dihadapi dalam kegiatan belajar mengajar mengalamipeningkatan dari 74,31% menjadi 90,97%, siswa yang bertukar pendapat antar teman dalamtim mengalami peningkatan dari 68,75% menjadi 84,72%, siswa yang memiliki kepedulianterhadap kesulitan sesama anggota tim mengalami peningkatan dari 68,06% menjadi 86,11%,siswa yang mengambil keputusan dari pertimbangan anggota mengalami peningkatan dari69,44% menjadi 86,11%, serta siswa yang mengerjakan kuis dengan kemampuan sendirimengalami peningkatan dari 67,36% menjadi 93,75%.Kata Kunci: Cooperative Learning, Student Teams Achievement Division, Aktivitas BelajarAkuntansi, SMK Negeri 1 Godean

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 2 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 2 (2010): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 1 (2009): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 1 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 2 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 1 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 3, No 1 (2004): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia More Issue