cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
ISSN : 08539472     EISSN : 25025104     DOI : 10.21831
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia" : 9 Documents clear
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS X AK 2 SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Istiningrum Istiningrum; Sukanti Sukanti
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.915 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.913

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yangbertujuan meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi siswa melalui implementasi modelpembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam Kompetensi KeahlianAkuntansi pada siswa kelas X Ak.2 SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dandokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah data hasil observasi dianalisisdengan menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif ini dilakukan denganmembandingkan persentase skor Aktivitas Belajar Akuntansi siswa pada saat siklus 1 dansiklus 2. Analisis data kualitatif dilakukan dengan teknik analisis interaktif yang terdiri atas 3komponen kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi model pembelajarankooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansidalam Kompetensi Keahlian Akuntansi pada siswa kelas X Ak.2 SMK YPKK 2 SlemanTahun Ajaran 2011/2012 yang dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata Aktivitas Siswasebesar 24,60% dari sebelum implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NumberedHeads Together sebesar 32,74% meningkat menjadi 57,34% pada siklus 1. Selanjutnya darisiklus 1 ke siklus 2 juga terjadi peningkatan sebesar 36,49% atau diperoleh skor rata-rataAktivitas Siswa pada siklus 2 sebesar 93,83%. Hal ini juga menunjukkan bahwa skor ratarataAktivitas Siswa pada siklus 2 sudah mencapai target indikator keberhasilan. Indikatorkeberhasilan Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 80%.Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Aktivitas Belajar Akuntansi siswa,SMK YPKK 2 Sleman.
PENGEMBANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI UNTUK SISWA SMA KELAS XI Indriana Mei Listiyani; Ani Widayati
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (187.26 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.914

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengembangkan komik sebagai media pembelajaranakuntansi untuk siswa SMA kelas XI; (2) Mengetahui kelayakan komik akuntansi berdasarkanpenilaian ahli materi, ahli media dan guru akuntansi; (3) Mengetahui pendapat siswa mengenaimedia pembelajaran berbentuk komik akuntansi (4) Mengetahui dampak penggunaan komikakuntansi pada pembelajaran akuntansi SMA Kelas XI melalui nilai tes siswa untuk kompetensipersamaan dasar akuntansi.Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research andDevelopment) dalam pembelajaran Akuntansi di Sekolah Menengah Atas. Modelpengembangan yang diterapkan terdiri atas; 1) tahap analisis kebutuhan, 2) tahap desainproduk, 3) tahap produksi, 4) tahap validasi dan evaluasi, 5) tahap revisi, 6) tahap uji cobaproduk, serta 7) tahap analisis dan revisi akhir. Tahap validasi dilakukan dengan validasiproduk yang dilakukan oleh ahli materi akuntansi, ahli media pembelajaran dan praktisipembelajaran akuntansi SMA yaitu guru akuntansi SMAN I Candimulyo. Produk yangdikembangkan diujicobakan pada 24 siswa kelas XI SMAN 1 Candimulyo. Pengumpulan datadilakukan dengan angket dan tes. Angket kelayakan untuk ahli dan praktisi, angket pendapatdan soal tes ditujukan kepada siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran berbentuk Komik Akuntansiini sangat layak untuk digunakan, terbukti dengan skor penilaian oleh ahli materi denganjumlah 131,11 atau sebesar 87,54% (sangat baik), skor penilaian ahli media jumlah 105,50 atausebesar 92% (sangat baik) dan skor penilaian oleh praktisi pembelajaran dengan jumlah 169atau sebesar 99,39% (sangat baik). Pada ujicoba lapangan pembelajaran dengan menggunakankomik akuntansi, berhasil meningkatkan rata-rata nilai test siswa dari 51,88 manjadi 92,5.Dengan demikian, media pembelajaran berbentuk komik ini sangat layak digunakan untukpembelajaran akuntansi di SMA Kelas XI.Kata Kunci: Komik Akuntansi, Media Pembelajaran, Persamaan Dasar Akuntansi.1 Alumni
PENGARUH CARA BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTUL TAHUN AJARAN 2011/2012 Esti Dwi Rohmawati; Sukanti Sukanti
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (490.116 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.918

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh Cara Belajar terhadapPrestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran2011/2012; (2) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi BelajarAkuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012; (3) PengaruhCara Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama terhadap PrestasiBelajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012.Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif, populasi dalam penelitian iniberjumlah 118 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012, sampelyang digunakan sejumlah 90 siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket dandokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 28 responden. Uji validitas menggunakanrumus koefisien korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumusAlpha. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolinieritas.Teknik analisis data terdiri dari analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Tingkatsignifikansi hasil analisis ditentukan 5%.Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) CaraBelajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa KelasXI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx1y sebesar0,587; r2x1y sebesar 0,345; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (6,806 1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,508X1 + 48,107; (2) Penggunaan MediaPembelajaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi SiswaKelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran 2011/2012 dengan ditunjukkan harga rx2ysebesar 0,500; r2x2y sebesar 0,250; thitung lebih besar dari ttabel pada taraf signifikansi 5% (5,420 1,987) dan persamaan regresi sederhana Y = 0,404X2 + 55,393; (3) Cara Belajar danPenggunaan Media Pembelajaran secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikanterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantul Tahun Ajaran2011/2012 dengan ditunjukkan harga Ry(1,2) sebesar 0,635; R2y(1,2) sebesar 0,404; Fhitung lebihbesar dari Ftabel pada taraf signifikansi 5% (29,461 3,101) dan persamaan regresi ganda Y =0,398X1 + 0,225X2 + 42,190. Sumbangan Efektif (SE) sebesar 40,4% dimana sumbanganefektif dari Cara Belajar sebesar 25,97% dan Penggunaan Media Pembelajaran sebesar14,43%.
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS X AK 3 PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO TAHUN AJARAN 2011/2012 Nuansa Ayu Febrina; Isroah Isroah
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.298 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.916

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi melaluiimplementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division(STAD) pada siswa kelas X AK 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik Perbaik Purworejotahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklusdengan subjek penelitian kelas X AK 3 Program Keahlian Akuntansi SMK Batik PerbaikPurworejo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkaninstrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi Aktivitas Belajar, catatanlapangan, dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan antara lain analisis datakualitatif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan, serta analisis datakuantitatif yang terdiri dari penilaian Aktivitas Belajar siswa.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan AktivitasBelajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Indikator memperhatikan penjelasan guru mengalamipeningkatan dari 94,44% pada siklus I menjadi 98,08% pada siklus II. Indikator membaca materipelajaran mengalami peningkatan dari 90,74% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II.Indikator bertanya pada guru atau teman mengalami peningkatan dari 53,70% pada siklus Imenjadi 78,85% pada siklus II. Indikator bekerja sama mengerjakan tugas dengan sesamaanggota kelompok mengalami peningkatan dari 77,78% pada siklus I menjadi 92,31% padasiklus II. Indikator melakukan diskusi sesama anggota kelompok untuk memecahkan masalahmengalami peningkatan dari 72,22% pada siklus I menjadi 94,23% pada siklus II. IndikatorMenanggapi atau mengemukakan pendapat/gagasan selama proses pembelajaran mengalamipeningkatan dari 70,37% pada siklus I menjadi 86,54% pada siklus II. Indikator mencatat materipelajaran mengalami peningkatan dari 53,70% pada siklus I menjadi 86,54% pada siklus II.Indikator mengerjakan kuis secara individual mengalami peningkatan dari 96,30% pada siklus Imenjadi 100% pada siklus II. Indikator membantu sesama anggota kelompok dalam menguasaimateri pelajaran mengalami peningkatan dari 53,70% pada siklus I menjadi 78,85% pada siklusII. Indikator bersemangat dalam mengikuti pembelajaran mengalami peningkatan dari 75,93%pada siklus I menjadi 92,31% pada siklus II.Kata kunci : Aktivitas Belajar, STAD, SMK Batik Perbaik Purworejo
PENGARUH KEDISIPLINAN SISWA DAN PERSEPSI SISWA TENTANG KUALITAS MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS MAN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2011/2012 Arga Lacopa Arisana; Ismani Ismani
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (190.378 KB) | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.911

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadapPrestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012,(2) pengaruh Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru terhadap Prestasi BelajarAkuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012, (3) pengaruhKedisiplinan Siswa dan Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru secara bersama-samaterhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahun ajaran2011/2012.Penelitian ini dilihat dari hubungan antar variabel adalah penelitian yang bersifat kausalkomparatif. Sedangkan dilihat dari sumber data adalah penelitian expost facto yangmenggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPSMAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 99 siswa. Pengambilan data padapenelitian ini diambil dengan metode angket dan tes. Uji prasyarat analisis meliputi ujilinieritas dan uji multikolinieritas. Selanjutnya uji hipotesis dilakukan menggunakan analisisregresi satu-prediktor untuk hipotesis 1, dan 2 serta analisis regresi dua-prediktor untukhipotesis 3.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan Siswa berpengaruh positifdan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta IItahun ajaran 2011/2012 dengan harga koefisien korelasi r(x1y) sebesar 0,494 serta t hitung5,591 dengan signifikansi 0,000. (2) Persepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guruberpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPSMAN Yogyakarta II tahun ajaran 2011/2012 dengan harga koefisien korelasi r(x2y) sebesar0,539 serta nilai t hitung 6,308 dengan signifikansi 0,000. (3) Kedisiplinan Siswa danPersepsi Siswa tentang Kualitas Mengajar Guru secara bersama-sama berpengaruh positif dansignifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS MAN Yogyakarta II tahunajaran 2011/2012 dengan harga R sebesar 0,605 dan R2 sebesar 0,366 serta harga F hitungsebesar 27,702 dengan signifikansi 0,000.
PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI RECIPROCAL TEACHING MODEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MATERI MENGELOLA ADMINISTRASI SURAT BERHARGA JANGKA PENDEK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2 Inung Pratiwi; Ani Widayati
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.917

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah Reciprocal Teaching Modeldapat meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaranAkuntansi dalam materi mengelola administrasi surat berharga jangka pendek.Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas dengan sujekpenelitian siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta.Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa Reciprocal Teaching Model dapatmeningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa pada pembelajaranAkuntansi khususnya dalam materi mengelola administrasi surat berharga jangka pendek.Peningkatan penguasaan konsep dapat dilihat dari hasil tes penguasaan konsep yaitusebanyak 35 siswa atau 97,2% dari banyak siswa kelas X Akuntansi 1 mengalamipeningkatan pada nilai total penguasaan konsep hingga kategori baik. sedangkan untukkemandirian belajar, peningkatan dapat dilihat dari hasil observasi kemandirian belajar yaitusebesar 76,74% (Kategori Mandiri) pada siklus I menjadi 88,89% (kategori Sangat Baik)pada siklus II. Mengacu pada hasil penelitian tersebut, guru dapat mengimplementasikanReciprocal Teaching Model dan dapat digunakan sebagai literatur yang relevan.Kata Kunci: Reciprocal Teaching Model, Penguasaan Konsep, Kemandirian Belajar
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 WONOSARI TAHUN AJARAN 2011/2012 Febrian Widya Kusuma; Mimin Nur Aisyah
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.912

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Akuntansi danmengetahui respons siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe ThinkPair Share pada siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam duasiklus dengan subjek penelitian kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran2011/2012 yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalahobservasi, dokumentasi, wawancara, dan angket. Analisis data yang digunakan antara lainanalisis data kualitatif, yakni reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan, serta analisisdata kuantitatif yakni penilaian aktivitas belajar Akuntansi dan respons siswa terhadapimplementasi pembelajaran Think Pair Share.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitasbelajar Akuntansi dari siklus I ke siklus II. Hasil observasi yang diperoleh dari indikatormembaca materi, mengajukan pertanyaan kepada guru atau teman, mengemukakan pendapatatau gagasan saat diskusi kelompok atau presentasi kelompok, menanggapi pendapat oranglain, memperhatikan atau mendengarkan penjelasan materi dari guru dan teman lain,membuat catatan, melakukan diskusi dalam kelompok, mengerjakan tugas yang telahdiberikan oleh guru, dan kepedulian terhadap kesulitan sesama anggota kelompokmenunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar Akuntansi yakni65,32% pada siklus I menjadi 88,55% pada siklus II. Peningkatan aktivitas belajar Akuntansijuga terlihat dari skor rata-rata angket yang menujukkan angka sebesar 75,42% pada siklus I,dan meningkat menjadi 91,75% pada siklus II. Hasil wawancara untuk aktivitas belajarAkuntasi menunjukkan bahwa selama pembelajaran berlangsung, seluruh indikatormenunjukkan skor di atas 75%. Respons siswa terhadap pembelajaran Think Pair Shareadalah positif. Hal ini terbukti dari hasil penelitian yang dipeoleh dari angket denganmenggunakan empat indikator respons yakni ketertarikan, manfaat, kendala, serta harapandan saran untuk model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan skor rata-rata 76,43%.Hasil angket ini juga didukung dari hasil wawancara yang diperoleh. Hasil wawancara dariseluruh indikator respons siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Think PairShare menunjukkan skor di atas 90%.Kata kunci : aktivitas belajar Akuntansi, respons, TPS, SMA Negeri 2 Wonosari
PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 1 PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012 DENGAN MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI PEMODERASI Umi Khasanah; Andian Ari Istiningrum
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.915

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Persepsi Siswa TentangMetode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X ProgramKeahlian Akuntansi SMKN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. (2) Pengaruh MotivasiBelajar sebagai pemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guruterhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (3) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi BelajarAkuntansi. (4)Pengaruh Motivasi Belajar sebagai pemoderasi pengaruh Disiplin Belajarterhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (5) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode MengajarGuru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. (6)Pengaruh Motivasi Belajar sebagai pemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang MetodeMengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi BelajarAkuntansi.Berdasarkan jenis datanya penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metodepengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner untukmengumpulkan data Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Disiplin Belajar, danMotivasi Belajar. Subjek Penelitian ini adalah Siswa Kelas X Program Keahlian AkuntansiSMKN 1 Pengasih Tahun Ajaran 2011/2012. Data Prestasi Belajar Akuntansi diperolehdengan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan di SMKN 1 Yogyakarta untukmengetahui validitas dan reliabilitas instrumen penelitian. Analisis data yang digunakanadalah analisis regresi sederhana untuk hipotesis pertama, ketiga, dan kelima, dan analisisregresi ganda untuk hipotesis kedua, keempat, dan keenam. Sebelum analisis data diadakanuji persyaratan analisis yaitu uji linearitas dan uji multikolinearitas.Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guruberpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkandengan nilai rx1y 0,923, thitung 18,820, dengan r2 sebesar 0,851. (2) Motivasi Belajarmemoderasi pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap PrestasiBelajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 214,98, R2 sebesar 0,915, kenaikanR2 sebesar 0,017. (3) Disiplin Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap PrestasiBelajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y 0,914, thitung 17,721, dengan r2 sebesar0,835. (4) Motivasi Belajar memoderasi pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi BelajarAkuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung 153,023, R2 sebesar 0,884, kenaikan R2sebesar 0,009. (5) Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yangditunjukkan dengan nilai Fhitung 353,604, R2 sebesar 0,921. (6) Motivasi Belajar memoderasipengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Disiplin Belajar secarabersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung197,989, R2 sebesar 0,945, kenaikan R2 sebesar 0,009.
MODEL ACTIVE LEARNING DENGAN TEKNIK LEARNING STARTS WITH A QUESTION DALAM PENINGKATAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KELAS XI ILMU SOSIAL 1 SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012 Elza Firanda Riswani; Ani Widayati
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v10i2.910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keaktifan Peserta Didik denganmenerapkan Model Active Learning teknik Learning Starts with A Question padaPembelajaran Akuntansi kelas XI Ilmu Sosial 1 SMA Negeri 7 Yogyakarta tahun ajaran2011/2012.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam2 siklus. Setiap siklus dimulai dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi. Subjek penelitian adalah Peserta Didik kelas XI Ilmu Sosial (IS) 1 SMA Negeri 7Yogyakarta sebanyak 27 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah observasi partisipatif untuk mengetahui peningkatan Keaktifan PesertaDidik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamatan/catatanharian sebagai hasil dari observasi, dan dokumentasi. Catatan harian ini untuk mencatatsemua kejadian selama proses penelitian berlangsung dan melakukan penilaian KeaktifanPeserta Didik setiap siklusnya. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, danmenyimpulkan hasil pada siklus I dan siklus II.Berdasarkan Hasil penelitian diketahui bahwa Model Active Learning dengan TeknikLearning Starts with A Question dapat meningkatkan Keaktifan Peserta Didik kelas XI IS 1SMA Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012. Peningkatan ini terlihat dari kenaikanpersentase Keaktifan Peserta Didik dalam pembelajaran Akuntansi di kelas. PeningkatanKeaktifan Peserta Didik tersebut dapat dilihat dari rata-rata aspek Keaktifan Visual pesertadidik pada siklus I 76,54% dan siklus II naik menjadi 86,42%. Rata-rata aspek KeaktifanLisan peserta didik pada siklus I 69,14 dan siklus II naik menjadi 92,59%. Rata-rata aspekKeaktifan Menulis peserta didik siklus I 87,65% dan siklus II naik menjadi 97,53%. Rata-rataKeaktifan Peserta Didik ketiga aspek tersebut pada siklus I menunjukkan 77,78% pesertadidik telah aktif dan pada siklus II naik menjadi 92,18% dengan memperoleh peningkatansebesar 14,4%. Jadi indikator keberhasilan pada Keaktifan Peserta Didik kelas XI IS 1 telahtercapai.

Page 1 of 1 | Total Record : 9


Filter by Year

2012 2012


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 2 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 2 (2010): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 1 (2009): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 1 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 2 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 1 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 3, No 1 (2004): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia More Issue