cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
ISSN : 08539472     EISSN : 25025104     DOI : 10.21831
Core Subject : Economy, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia" : 8 Documents clear
BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF: ANALISIS ISI BUKU TEKS AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XI SMK Wijayanti, Berlina Ayu; Sulikah, Sulikah
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.71859

Abstract

Buku teks merupakan sumber belajar yang masih banyak digunakan untuk pembelajaran di sekolah, namun hanya sedikit penelitian yang secara khusus mengevaluasi buku teks akuntansi keuangan SMK kelas XI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi buku teks akuntansi keuangan kelas XI SMK dari aspek tujuan pembelajaran dan latihan soal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis isi. Analisis isi tersebut berdasarkan elemen berpikir kritis menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, kesimpulan, evaluasi, pembuktian, perbaikan diri dan indikator kreativitas menurut Guilford yaitu berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil, berpikir terperinci. Tahapan penelitian ini diadopsi dari Hopf dan Schmidt yang terdiri dari mengembangkan kategori, membuat kode, mengkodekan data, menyajikan tabel, serta menginterpretasikan hasil. Sumber data yang digunakan merupakan data sekunder dan terdiri dari tiga buku teks. Hasil penelitian menemukan keterampilan berpikir kritis dan keatif lebih banyak termuat pada satu buku, sedangkan pada dua buku lainnya masih kurang. Kata kerja yang paling banyak ditemukan dalam kategori berpikir kritis seperti: menelaah, menjelaskan, mengklasifikasi, mendefinisikan, mengidentifikasi, mencatat, menganalisis, menghitung, menyimpulkan, dan menilai. Sementara pada berpikir kreatif seperti: membuat, menciptakan, menghasilkan, mengamati, meniru dan memodifikasi. Penelitian ini diharapkan mampu menjadi literature dan wawasan bagi guru dalam menentukan buku teks yang akan digunakan dalam pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa.Kata kunci: Buku teks, Analisis isi, Berpikir kritis, Berpikir kreatif
GAMING MEETS ACCOUNTING: AN INSIGHTFUL JOURNEY THROUGH DORAEMON STORY OF SEASON Oktaviani, Siska Aprilia
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.72139

Abstract

This research explores the educational potential of Doraemon Story of Seasons, a game that blends the charm of the Doraemon series with engaging farming simulation mechanics. The study adopts an ethnographic approach, focusing on participant observation to analyze how the game implicitly teaches fundamental accounting principles. The purpose of this research is to investigate the game's capacity to transform traditional gameplay into an interactive learning environment. Through managing resources, making financial decisions, and engaging in-game economic activities, players interact with core concepts of accounting, such as budgeting investment, and financial tracking. Findings indicate that Doraemon Story of Seasons effectively integrates educational content within its gameplay, providing players with practical experience in financial management and decision-making. The novelty of the study lies in its demonstration of how seemingly conventional video games can serve as an innovative educational tool. This research underscores the transformative potential of game-based learning, suggesting that video games like Doraemon Story of Seasons can be potent platforms for delivering educational content, thus redefining the landscape of learning methodologies. The study opens avenues for further exploration into the use of video games as a viable and effective medium for education. Keywords: Education, Accounting Education, Gamification, Game based Learning, Gaming Accounting
PEMBELAJARAN MEDIA YOUTUBE PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR Mahdalena, Mahdalena; Sumartono, Bambang Genjik; Syamsuri, Syamsuri
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.58609

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian sebanyak 10 orang, 2 guru yaitu wali kelas dan guru mata pelajaran, 8 peserta didik yaitu 4 rangking tertinggi dikelas dan 4 rangking terendah dikelas. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian (1) pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: membuka pembelajaran, menyampaikan materi pembelajaran, menutup pembelajaran. (2) faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran media youtube pada mata pelajaran akuntansi keuangan dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI di SMKN 1 Pontianak sebagai berikut: faktor pendukungnya media visual sederhana, bervariasi dan waktu dan daya liput luas serta faktor penghambatnya kemampuan guru dalam memanfaatkan media pembelajaran, keterbatasan fasilitas sekolah dan terbatas ruang waktu.Kata kunci: Media Pembelajaran, Youtube, Akuntansi Keuangan
TANTANGAN AUDIT SYARIAH DI ASIA TENGGARA : STUDI PERBANDINGAN INDONESIA DAN MALAYSIA SARI, YESSI AVITA; Suryanto, Tulus
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.68208

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi tantangan dalam implementasi audit syariah di Indonesia dan Malaysia. Alasan memilih kedua negara dikarenakan bagian dari anggota Organisation of Islamic Cooperation (OIC) sebagai bagian integral dari pertumbuhan luar biasa industri keuangan syariah di Asia Tenggara. Faktor kunci yang menjadi hambatan melibatkan kerangka kerja, ruang lingkup audit, kualifikasi auditor, dan isu independensi. Ditemukan bahwa kurangnya pemahaman auditor syariah, ketidakseimbangan kualifikasi, dan kekurangan sumber daya manusia berkualitas menjadi tantangan utama. Meskipun prinsip-prinsip Islam menekankan keadilan dan kejujuran, tantangan dalam ruang lingkup audit syariah masih ada. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan wawasan mendalam dengan pendekatan komparatif yang digunakan untuk membandingkan dua negara yaitu Indonesia dan Malaysia. Hasil penelitian menyoroti perlunya peningkatan jumlah SDM kompeten yang terintegrasi antara pengetahuan umum, syariah, dan pemahaman bisnis. Simpulan menekankan pentingnya auditor syariah yang kompeten untuk memastikan kepatuhan dan mengurangi risiko. Rekomendasi melibatkan upaya peningkatan pemahaman auditor, sertifikasi yang lebih komprehensif, dan pengembangan kerangka audit syariah yang lebih terstruktur. Implikasinya adalah memberikan landasan untuk meningkatkan kualitas audit syariah di tingkat nasional dan internasional.Kata kunci: Tantangan, Audit Syariah, Indonesia dan Malaysia
THE INFLUENCE OF LEARNING INTEREST AND TEACHER'S TEACHING METHOD ON LEARNING ACHIEVEMENT OF GOVERNMENTAL ACCOUNTING Puspita Ningrum, Olivia; Siswanto, Siswanto
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.66961

Abstract

This study aims to determine: (1) The Influence of Learning Interest on Learning Achievement of Governmental Accounting; (2) The Influence of the Teacher's Teaching Method on Learning Achievement of Governmental Accounting; (3) The Influence of Learning Interest and Teacher's Teaching Method on Learning Achievement of Governmental Accounting. This research type is ex-post facto with the subjects 107 student class XI AKL at SMK Negeri 1 Godean. Data collection techniques used were questionnaires, observation sheets, and documentation. The data analysis technique used is simple regression and multiple regression analysis. The results of the study show that: (1) There is a positive and significant influence Learning Interest on Learning Achievement of Governmental Accounting with a correlation coefficient (y) of 0.441; the coefficient of determination ( is 0.195. (2) There is a positive and significant influence Teacher's Teaching Method on Learning Achievement of Governmental Accounting with a correlation (y) of 0.421; the coefficient of determination ( is 0.178. (3) There is a positive and significant influence Learning Interest and Teacher's Teaching Method together on Learning Achievement of Governmental Accounting with a correlation coefficient () of 0.490; the coefficient of determination ( is 0.240.Keywords: Learning Achievement, Governmental Accounting, Learning Interest, Teacher's Teaching Method
PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY Novitasari, Dwi
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.67283

Abstract

Dengan adanya berbagai kegiatan bisnis yang dijalankan oleh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan barang dan jasa masyarakat, perlu diperhatikan dampak sosial dan lingkungan dari kegiatan operasional perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial dan kepemilikan saham publik terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility. Adapun variabel independen yang digunakan adalah pertumbuhan penjualan, kepemilikan manajerial, dan kepemilikan saham publik. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan sektor kesehatan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) untuk periode 2018 - 2022. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan total 16 perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel independen berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan berpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, sedangkan kepemilikan manajerial dan kepemilikan saham publik tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Kata kunci: CSR, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Publik
EXAMINING PLAGIARISM IN ACCOUNTING ONLINE DISTANCE EDUCATION: DOES RELIGIOSITY MATTER? Tantri, Sakina Nusarifa; Norhamida, Hana; Suryani, Pesi
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.70419

Abstract

Online and distance education has an increasing interest among higher education, especially in Indonesia. Plagiarism is one of academic dishonesty cases that arise in the online and distance education. This study aimed at examining actual plagiarism among students in online distance education in accounting program by investigating the impact of intention to plagiarize as an independent variable and religiosity as a moderating variable. This study used quantitative method and the data was collected using a survey through 249 accounting online distance education students. The sampling technique used in this study was purposive random sampling. Moderated Regression Analysis was implemented to test the hypothesis of this study. This study found that intention to plagiarize has a positive impact on actual plagiarism, while religiosity has a negative impact on intention to plagiarize and actual plagiarism. For the moderating effect, it is found that religiosity moderates the influence of intention to plagiarize on actual plagiarism. This study implies that students should develop their religiosity and it is important for online distance higher education institutions, especially in accounting program, to improve the curriculum that can increase the religious value to the students to minimize plagiarism. Keywords: religiosity, intention to plagiarize, plagiarism, online distance education
ANALISIS STUDENT COURSE ENGANGEMENT DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA: STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN nurwendari, weny; Silalahi, Sondang Aida; Harefa, Kornelius; Nurhayani, Ulfa
Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpai.v22i1.67786

Abstract

Sebagai mahasiswa, mereka memiliki tanggung jawab untuk belajar dan memenuhi semua kewajiban akademik yang ada. Namun, di sisi lain, mereka juga diharapkan untuk terlibat secara aktif dalam kegiatan yang terkait dengan perkuliahannya. Dalam penelitian ini, digunakan konsep keterlibatan mahasiswa secara umum dalam konteks perkuliahan untuk memudahkan pengumpulan data utama dan pendukung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana atau seberapa besar mahasiswa terlibat dalam proses perkuliahan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Selain itu, tujuan dari penelitian ini juga melibatkan pengujian hubungan antara keterlibatan mahasiswa dalam perkuliahan dengan variabel lainnya, seperti Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), jenis kelamin, dan jumlah kegiatan yang diikuti baik di dalam dan di luar kampus. Studi ini dilakukan dengan metode survei pada mahasiswa yang aktif megikuti kegiatan perkuliahan yaitu mahasiswa yang sudah mengisi KRS pada semester genap. Data yang terkumpul akan di uji dengan structural equational modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa pendidikan akuntansi memiliki student course engagement yang tinggi serta varibel IPK memiliki pengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 1.965, Jenis kelamiin berpengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 15.166, kegiatan luar dan dalam kampus berpengaruh terhadap student course engagement dengan t-statistik 10.958.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 23 No. 01 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 23 No. 2 (2025): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 2 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. 22 No. 1 (2024): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 2 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 21, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 20, No 1 (2022): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 19, No 1 (2021): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 18, No 1 (2020): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 17, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 16, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 15, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 2 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 14, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 13, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 2 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 12, No 1 (2014): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 2 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 11, No 1 (2013): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 2 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 10, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 2 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 9, No 1 (2011): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 2 (2010): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 8, No 1 (2009): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 2 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 6, No 1 (2008): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 5, No 1 (2006): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 2 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 4, No 1 (2005): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol 3, No 1 (2004): Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia More Issue