cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palu,
Sulawesi tengah
INDONESIA
BUNGAMPUTI
Published by Universitas Tadulako
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Elektronik Prodi PG PAUD
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi" : 11 Documents clear
PENGARUH STORYTELLING TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI MORAL ANAK DIKELOMPOK B1 TK KRISTEN BALA KESELAMATAN Nurhayati, Nurhayati; Gasi, Meilisa
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.943 KB)

Abstract

ABSTRAKPermasalahan pokok dalam penelitian ini adalah perkembangan nilai moral anak belum berkembang sesuai harapan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan nilai-nilai moral pada anak di kelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian berjumlah 15 anak, terdiri dari 6 orang anak laki-laki dan 9 orang anak perempuan, terdaftar pada tahun 2019/2020.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif dan inferensial. Sebelum pemberian perlakuan  hasil penelitian pengembangan moral pada anak dalam aspek bertanggung jawab, tolong menolong dan sopan santun kategori Berkembang Sangat Baik (BSB) (15,56%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (20%), kategori Mulai Berkembang (MB) (26,67%), kategori Belum Berkembang (BB) (37,77). Dan sesudah Pemberian perlakuan hasil penelitian pengembangan moral pada anak dalam aspek bertanggung jawab, tolong menolong dan sopan santun terjadi peningkatan dengan kategori Berkembang sangat Baik (BSB) (37,77%), kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH) (48,89%), kategori Mulai Berkembang (MB) (11,11%),  kategori Belum Berkembang (BB) (2,23%). Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh storytelling terhadap terhadap pengembangan  moral pada anak di kelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu. Terbukti dari hasil pengamatan dari sebelum perlakuan sampai sesudah pemberian perlakuan, yang menunjukkan peningkatan pada kategori BSB dan BSH dan adanya penurunan pada kategori MB dan BB. Untuk hasil uji statistik untuk nilai rata-rata untuk sebelum perlakuan terdapat 6,40% dan sesudah perlakuan mencapai 9,60%.  Dan hasil Uji T disimpulkan bahwa t hitung 8,147 > t tabel 2,145, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh storytelling terhadap pengembangan moral anak di kelompok B1 TK Kristen Bala Keselamatan Palu. Kata kunci: Storytelling, Nilai Moral Anak.
PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI Baan, Addriana Bulu; Rejeki, Hendriana Sri; Nurhayati, Nurhayati
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (97.714 KB)

Abstract

ABSTRAKPendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun melalui pemberian rangsangan atau stimulus pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Penelitian ini termasuk penelitian kepustakaan (library research). Maka data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan dokumentasi yang meliputi dokumen perundanng undangan atau peraturan pemerintah, artikel, jurnal, yang memiliki relevansi dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perkembangan motorik anak usia dini terbagi menjadi a) keterampilan motorik kasar, dan b) keterampilan motorik halus; 2) karakteristik perkembangan anak usia dini terdiri dari a) sistem syaraf, yang sangat mempengaruhi perkembangan kecerdasan dan emosi, b) otot-otot, yang mempengaruhi perkembangan kekuatan dan kemampuan motorik, c) kelenjar endokrin, yang menyebabkan munculnya pola-pola tingkah laku baru, seperti pada usia remaja berkembang perasaan senang untuk aktif dalam suatu kegiatan, yang sebagian anggotanya terdiri atas lawan jenis, dan d) struktur fisik/tubuh, yang meliputi tinggi, berat dan proporsi; 3) perkembangan motorik kasar anak usia dini memperkenalkan gerakan kasar, melatih gerakan kasar, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan dan koordinasi, serta meningkatkan keterampilan dan cara hidup sehat dimaksudkan a) memperkenalkan gerakan kasar, melatih gerakan kasar, meningkatkan kemampuan mengelola, mengontrol gerakan dan koordinasi, serta meningkatkan keterampilan dan cara hidup sehat, b) faktor makanan, faktor pemberian stimulus, kesiapan fisik, jenis kelamin, dan faktor budaya merupakan faktor yang mempengaruhi perkembangan motorik kasar, c) untuk mengoptimalkan perkembangan motorik kasar anak usia dini, yaitu melalui aktivitas bermain seperti bermain bola, menari, bermain perang-perangan, berolahraga, termasuk senam.
PENGARUH PERMAINAN PUZZLE MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KECAMATAN PARIGI KABUPATEN PARIGI MOUTONG Agusniatih, Andi; Mandasari, Siskha
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak belum berkembang sesuai harapan. Tujuan adalah untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Adapun subjek penelitian ini adalah anak di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (Paired Sample t-test). Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai   ≥   (9.877 ≥ 1.753). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa   ditolak dan   diterima, yang berarti terdapat pengaruh permainan puzzle modifikasi terhadap kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Data dianalisis dengan teknik persentase. Data hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan kognitif sebelum diberikan perlakuan, dalam tiga aspek yang telah diamati, tidak diperoleh rata-rata pada kategori BSB, kategori BSH sebanyak 12,5%, kategori MB sebanyak 41,67%, dan kategori BB sebanyak 45,83%. Setelah diberikan perlakuan, dari hasil rekapitulasi pengamatan kemampuan kognitif anak sesudah diberikan perlakuan, dalam tiga aspek yang telah diamati, rekapitulasinya diperoleh rata-rata pada kategori BSB sebanyak 54,17%, kategori BSH sebanyak 33,33%, kategori MB sebanyak 12,5%, dan tidak diperoleh rata-rata pada kategori BB. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle dapat mempengaruhi kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Parigi Kabupaten Parigi Moutong. Kata Kunci : Permainan Puzzle Modifikasi, Kemampuan kognitif, Anak Usia Dini
PENGARUH METODE KERJA KELOMPOK TERHADAP INTERAKSI SOSIAL ANAK DI KELOMPOK B TK SINGGANI LERO TATARI KECAMATAN SINDUE Amrullah, Amrullah; Sakria, Sakria
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalah dalam penelitian ini adalah interaksi sosial anak belum berkembang sesuai harapan, penelilitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Metode Kerja Kelompok Terhadap Interaksi Sosial Anak. Sampel dalam penelitian ini adalah 15 orang anak. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan tehnik persentase dan uji t (paired sample t-tes). Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai thitung ≥ ttabel (8.889 > 1.761). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh metode kerja kelompok terhadap interaksi sosial anak di Kelompok B TK Singgani Lero Tatari Kecamatan Sindue. Berdasarkan hasil rekapitulasi interaksi sosial anak sebelum diberikan perlakuan metode kerja kelompok, terdapat 0% dalam kategori BSB, 11% dalam kategori BSH, ada 60% dalam kategori MB, dan ada 29% dalam kategori BB. Sesudah melakukan perlakuan metode bercerita terdapat 31%% dalam kategori BSB, ada 49% dalam kategori BSH, ada 20% dalam kategori MB, dan tidak ada anak dalam kategori BB. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode kerja kelompok terhadap interaksi sosial anak. Kata Kunci: Metode Kerja Kelompok, Interaksi Sosial Anak
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK DI PAUD SARI MEKAR DESA MALEALI DUSUN I GUNUNG SARI Suwika, I Putu; Bella, Florensia
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah utama dari penelitian ini adalah bagaimana dan apakah ada hubungan pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak di PAUD Sari Mekar Desa Maleali Dusun I Gunung Sari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak. Jenis data adalah data kuantitatif yang diambil dari angket dan lembar observasi penilaian anak. Subjek penelitian ini adalah 13 anak dari PAUD Sari Mekar Desa Maleali Dusun I Gunung Sari, Kecamatan Sausu. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2019. Penelitian menunjukkan bahwa dari 13 anak terdapat 6 orang (46,15%) menggunakan model pola asuh demokratis, 3 orang (23,08%) menggunakan model pola asuh otoriter, dan 4 orang (30,77%) menggunakan model pola asuh permisif. Berdasarkan hasil analisis dari subjek penelitian mengenai pola asuh demokratis terdapat 6 anak yaitu 2 anak (15,38%) dalam katagori BSB, ada 3 anak (23,08%) dalam katagori BSH, dan ada 1 anak (7,69%) dalam katagori MB, dan tidak ada anak dalam katagori BB. Selanjutnya untuk pola asuh otoriter terdapat 3 anak yaitu tidak terdapat anak dalam katagori BSB, 1 anak (7,69%) dalam katagori BSH, 2 anak (15,38%) dalam katagori MB, dan tidak terdapat anak dalam katagori BB. Selanjutnya untuk pola asuh permisif terdapat 4 anak yaitu tidak terdapat anak dalam katagori BSB, dan dalam katagori BSH, 4 anak  (30,78%) dalam katagori MB, dan tidak terdapat anak dalam katagori BB. Untuk menguji apakah hipotesis diterima atau ditolak, digunakan taraf signitifikasi 95% (a=0,05) dan dikonsultasikan pada nilai rtabel product moment dengan kriteria, yaitu apabila rhitung ≥ rtabel, maka H0 (hipotesis nol) ditolak, maka hasil analisisyang diperoleh rhitung 0,871 > rtabel 0,553 sehingga pernyataan yang mengatakan tidak ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap perilaku sosial anak ditolak, terdapat pengaruh yang kuat antara pola asuh orang tua dengan perilaku sosial anak. Kata Kunci:  Hubungan Pola Asuh Orang tua, Perilaku Sosial Anak
PENGARUH KEGIATAN MENGGAMBAR BEBAS TERHADAP KREATIVITAS ANAK KELOMPOK B TK NAJADI TOPANDE KELURAHAN KAMONJI KECAMATAN PALU BARAT Annuar, Haerul; Febrianti, Nur
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas anak yang belum berkembang sesuai harapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggambar bebas terhadap kreativitas anak. Penelitian ini tentang Kegiatan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B TK Najadi Topande Kelurahan Kamonji Kecamatan Palu Barat. Meode penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan jenisnya deskriptif. Dengan melibatkan 15 orang anak terdiri dari 7anak laki-laki dan 8 anak perempuan,terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data dilakikan melalui lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya pengolahan data dilakukan dengan teknik persentase dan uji t (paired sample t-test). Berdasarkan hasil data perhitungan uji t diperoleh nilai t hitung> t tabel (5.967>1.753). Maka dapat disimpulkan maka Ho ditolak dan H1 diterima, yang berarti terdapat pengaruh Kegiatan Menggambar Bebas Terhadap Kreativitas Anak Kelompok B TK Najadi Topande Kelurahan Kamonji Kecamatan Palu Barat. Berdasarkan hasik rekapitulasi kreativitas anak sebelum diberi perlakuan  kegiatan menggambar bebas, terdapat 2,22% dalam kategori (BSB), ada 20% dalam kategori( BSH), ada 28,89% dalam kategori( MB), dan ada 48,89% dalam kategori (BB). Sesudah diberikan perlakuan kegiatan menggambar bebas terdapat 20% dalam kategori (BSB), ada 53,33% dalam kategori( BSH), ada 17,78% dalam kategori( MB), dan ada 8,89% dalam kategori (BB). Kata Kunci: Kegiatan Menggambar Bebas, Kreativitas
PENGARUH KEGIATAN MONTASE TERHADAP KREATIVITAS ANAK Mursanib, Muraeni; Qalbi, Andi Nurul
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kreativitas anak belum berkembang sesuai harapan. Berkaitan dengan masalah tersebut dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengembangan kreativita anak melalui kegiatan montase. Metode penelitian ini adalah kualitatif, jenis deskriptif, subjeknya seluruh anak di kelompok B3 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu, yang berjumlah 15 anak, terdiri dari 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian sebelum diberikan perlakuan pada aspek bereksplorasi dengan berbagai potongan gambar, kombinasi warna dan menceritakan hasil gambar 6,67% kategori Berkembang sangat baik, 13,33% berkembang Sesuai Harapan (BSH), 51,11 %  kategori Mulai Berkembang (MB) dan 28,89 % anak kategori Belum Berkembang (BB). Kemudian setelah diberikan perlakuan mengalami perkembangan yang signifikan pada aspek bereksplorasi dengan berbagai potongn gambar, kombinasi warna dan menceritakan hasil gambar yaitu terdapat 40,00% anak kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 46,47% anak kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 13,33% anak kategori Mulai Berkembang (MB), dan 0 % anak kategori Belum Berkembang (BB). Untuk hasil uji statistik untuk nilai rata-rata untuk sebelum perlakuan terdapat 5,93% dan sesudah perlakuan mencapai 9,80%.  Dan hasil Uji T disimpulkan bahwa t hitung 63596 > t tabel 54511, maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya ada pengaruh montase terhadap  kreativitas anak di kelompok B3 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kata kunci: Kegiatan Montase, Kreativitas Anak Usia Dini
PENGARUH KEGIATAN MEWARNAI GAMBAR TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK DI KELOMPOK B TK AISIYAH BUSTANUL ATHFAL IV PALU KELURAHAN BESUSU TENGAH KECAMATAN PALU TIMUR Rahman, Shofyatun A; Utari, Sastri
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan motorik halus anak belum berkembang sesuai harapan. Sampel penelitian berjumblah 16 anak di Kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athafal IV Palu Kelurahan Besusu Tengah Kecamatan Palu Timur. Teknik pengumpulan data yang saya gunakan adalah Observasi, dokumentasi, dan wawancara terdapat 3 anak (27,08%) dalam kategori berkembang sangat baik dan ada 11 anak ( 54,17%) dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 2 anak (18,75%) berada dalam kategori mulai berkembang, dan tidak terdapat anak dalam kategori belum berkembang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kegiatan mewarnai gambar terhadap kemampuan motorik halus anak. Kata Kunci: Motorik Halus, dan Kegiatan Mewarnai Gambar
PERANAN MEDIA KARTU ANGKA DALAM MENGENAL BILANGAN Zuama, Shofiyanti Nur; Alfina, Alfina
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan anak mengenal bilanagan belum berkembang sesusai harapan. Sehubungan dengan masalah tersebut, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui peranan media kartu angka dalam mengenal bilangan di kelompok B4 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian berjumlah 19 anak yang terdiri dari 6 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengelolaan data di lakukan dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa minggu pertama hasil rekapitulasi rata-rata pada aspek menyebutkan urutan bilangan 1-10, menghubungkan simbol bilangan 1-10 dengan gambar, mengacak simbol 1-10. Kategori berkembang sangat baik (BSB) 15,79% anak, kategori berkembang sesusai harapan (BSH) 14,04% anak, kategori mulai berkembang (MB) 26,31% anak, dan  kategori belum berkembang (BB) 43,85% anak. Selanjutnya minggu keempat dengan mengunakan media kartu angka hasil rekapitulasi minggu keempat pada aspek menyebutkan urutan bilangan 1-10, menghubungkan simbol bilangan 1-10 dengan gambar, dan mengacak simbol 1-10 di peroleh rata-rata kategori berkembang sangat baik (BSB) 45,61% anak, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 26,32% anak, kategori mulai berkembang (MB) 15,79% anak, dan kategori belum berkembang (BB) 12,28% anak. Dapat disimpulkan bahwa ada peranan media kartu angka dalam mengenal bilangan di Kelompok B4 TK Tunas Rimba Kecamatan Mantikulore Kota Palu. Kata Kunci : Media Kartu Angka, Kemampuan Mengenal Bilangan, Anak Usia Dini
PENGARUH PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DI TK ALKHAIRAAT MAKU KECAMATAN DOLO KABUPATEN SIGI Nirmala, Besse; Kusumawati, Endah
Bungamputi Vol 6, No 1 (2020): Jurnal Bungamputi
Publisher : Bungamputi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah kemampuan kognitif anak belum berkembang sesuai harapan. Upaya mengatasi masalah tersebut telah dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak di TK Alkhairaat Maku Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Adapun jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu 24 orang anak yang terdiri dari 14 orang anak laki-laki dan 10 orang anak perempuan, yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji hipotesis penelitian ini digunakan tekhnik paired sample t-test a=0,05. Berdasarkan hasil rekapitulasi kemampuan kognitif anak sebelum diberikan perlakuan berupa permainan puzzle, terdapat 3% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 18% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 47% dalam kategori Mulai Berkembang (MB), 32% dalam kategori Belum Berkembang (BB). Sesudah diberikan perlakuan permainan puzzle, 21% dalam kategori Berkembang Sangat Baik (BSB), 56% dalam kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH), 23% dalam kategori Mulai Berkembang (MB), dan tidak terdapat (tidak ada) atau 0% dalam kategori Belum Berkembang (BB). Berdasarkan hasil perhitungan paired sample t-test diperoleh (0.000 < 0.05), maka HO ditolak, H1 diterima rata-rata sebelum perlakuan 5.7500 dan sesudah perlakuan 8.9167. Demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara permainan puzzle terhadap kemampuan kognitif anak di TK Alkhairaat Maku Kecamatan Dolo Kabupaten sigi.                                                                                  Kata Kunci    : Permainan Puzzle, Kemampuan Kognitif, Anak Usia Dini

Page 1 of 2 | Total Record : 11