Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022"
:
10 Documents
clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, PENGALAMAN KERJA, DAN KOMUNIKASI INTERNAL TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT. BANK BTN SYARIAH KOTA BANDA ACEH
Tuwisna Tuwisna;
Tarmizi Gadeng;
Sulfitra Sulfitra;
Rizki Murzani
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1598
This research was conducted to examine the effect of leadership style, work experience, and internal communication on employee performance at PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city. Data collection techniques using a questionnaire. The method used is the associative method which aims to determine the effect or relationship between two or more variables. Determination of the sample using a saturated sample technique where all the population is sampled. The sample used in this study were 64 employees at PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city and willing to be a respondent. The results showed that leadership style partially positive and significant effect on employee performance at PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city. Work experience partially positive and significant effect on employee performance at PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city. Internal communication partially positive and significant effect on employee performance at PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city. Leadership style, work experience, and internal communication simultaneously have a positive and significant effect on employee performance at PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city. Employee performance improvement is determined by leadership style, work experience and internal communication. The better the leadership style provided and the more experienced the employees and the better the internal communication at PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city, the greater the opportunity for PT. Bank BTN Syariah Banda Aceh city to improve the performance of its employees.
PENGARUH LEADER MEMBER EXCHANGE (LMX) DAN KEPUASAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS PEGAWAI PADA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA ACEH
Agus Ariyanto;
Jasmiadi Jasmiadi
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1593
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh leader member exchange (lmx) dan kepuasan kerja terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh baik secara simultan maupun secara parsial. Metode dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 62 responden. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan uji simultan menunjukan bahwa variabel leader member exchange (LMX) dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Sedangkan secara parsial variabel leader member exchange (LMX) berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh. Secara parsial variabel kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh.
ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR BAPPEDA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA
Nurkarijah Nurkarijah;
Muzakir Muzakir
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1594
Bappeda Kabupaten Aceh Barat Daya sebagai instansi pelayanan publik pemerintah teramati pelayanan dan kinerja pegawai belum baik. Pegawai belum disiplin, kepedulian pegawai terhadap masyarakat dan instansi lain yang rendah, dan daya penyelesaian tugas yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kinerja pegawai di kantor Bappeda Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan jenis deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Barat Daya pada Januari 2022. Subjek penelitian yaitu Pegawai berjumlah 14 orang, dan Kepala Bappeda berjumlah 1 orang sehingga jumlah sampel yaitu 15. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa Lembar Pedoman Observasi dan Lembar Pedoman Wawancara. Aspek yang diukur mengenai kualitas pelayanan yaitu: kemampuan fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsivnees), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Aspek pengukuran kinerja pegawai yaitu: kualitas kerja, kuantitas kerja, pelaksanaan tugas, dan tanggung jawab. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Haberman. Yang terdiri dari tahap: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan dan kinerja pegawai Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Barat Daya masih rendah.
PENGARUH KEMAMPUAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN ACEH
HUSNAINA MAILISA SAFITRI;
Novia Maghfirah
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1589
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja Pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan rumus slovin. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 59 pegawai yang ada pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh dan bersedia menjadi responden. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan kerja secara parsial berpengaruh terhadap terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Motivasi kerja secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Kemampuan kerja, dan motivasi kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh. Adapun hasil pengujian korelasi ganda (R) diperoleh angka R sebesar 0,891. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi hubungan yang sangat kuat antara kemampuan kerja (X1), dan motivasi kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y). Peningkatan kinerja pegawai di tentukan oleh kemampuan kerja, dan motivasi kerja. Semakin meningkatnya kemampuan pegawai dan semakin termotivasi pegawai pada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh maka semakin besar peluang Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Aceh untuk meningkatkan kinerja pegawainya
STRATEGI PEMASARAN KOPI USAHA DAGANG (UD) GAYO LUES COFFEE
Marlizar Marlizar;
Nia Sutri Daini
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1595
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada UD. Gayo Lues Coffee. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan obervasi. Analisis data menggunakan analisis SWOT, yaitu teknik analisis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities) dan ancaman (threats) untuk menentukan strategi pemasaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kekuatan UD. Gayo Lues Coffee memiliki mitra resmi dan kerja sama dengan pihak dinas pertanian, perkantoran dan pihak swasta lain, harga yang di tawarkan relatif normal, kualitas produk kopi yang baik dan teknologi mesin yang sangat baik. Faktor kelemahan UD. Gayo Lues Coffee adalah belum memaksimalkan strategi pemasaran seperti kurangnya peromosi, brand yang belum begitu terkenal, manajemen internal masih bersifat tradisional, belum memiliki performance on-time yang baik. Faktor peluang UD. Gayo Lues Coffee adalah banyaknya orang yang membuka usaha seperti warkop, restauran, dan hotel, kualitas produk di akui konsumen, teknologi mesin yang sangat baik. Faktor ancaman UD. Gayo Lues Coffee adalah adanya persaingan yang sangat ketat keterbatasan strategi pemasaran, dan dan pandemi Covid-19. Hasil penelitian ini merekomendasikan strategi pemasaran yang di dapat diterapkan oleh UD. Gayo Lues Coffee yaitu pemasaran dengan cara word of mouth, pemasaran langsung dari pabrik ke konsumen, dan pemasaran dari pabrik ke pedagang.
PENGARUH PRILAKU KEPEMIMPINAN BERORIENTASI HUBUNGAN, PROMOSI JABATAN DAN LINGKUNGAN KERJA FISIK TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL PADA DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BANDA ACEH
Yuslaidar Yusuf;
Muhammad Irbawi
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1590
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar pengaruh prilaku kepemimpinan berorientasi hubungan terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Untuk mengetahui besar pengaruh promosi jabatan terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Untuk mengetahui besar pengaruh lingkungan kerja fisik terhadap kinerja pegawai Negeri sipil pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Untuk mengetahui besar pengaruh prilaku kepemimpinan berorientasi hubungan, promosi jabatan dan lingkungan kerja fisik terhadap kinerja pegawai negeri sipil pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Penelitian pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan analisis regresi berganda. perilaku kepemimpinan berorientasi tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh promosi jabatan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh. Kepemimpinan berorientasi hubungan, promosi jabatan dan lingkungan kerja fisik secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai Negeri Sipil Pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KEPUASAN PELANGGAN DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA J&T KOTA SIGLI
Suryani Murad;
Nara Pristiwa;
Mutia Zahara
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1596
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan customer relationship management secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada JT kota Sigli. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif kausal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan Teknik Purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 96 orang konsumen JT kota Sigli yang telah menggunakan jasa pengiriman barang lebih dari satu kali dan bersedia menjadi responden. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada JT kota sigli. Kepuasan pelanggan secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada JT kota Sigli. Peningkatan loyalitas pelanggan ditentukan oleh kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan customer relationship management, semakin meningkat kualitas pelayanan, semakin meningkat kepuasan pelanggan yang diberikan dan semakin nyamannya customer relationship management yang dimiliki oleh perusahaan maka semakin besar peluang bagi perusahaan dalam meningkatkan loyalitas pelanggan pada jasa pengiriman barang JT kota Sigli
PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN, KETERAMPILAN KERJA DAN SIKAP KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN GAMPONG ACEH
Amelia Rahmi;
Miswar Fuadi
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1591
Tujuan dalam Penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh Tingkat Pendidikan, Keterampilan dan Sikap Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh baik secara simultan maupun parsial. Ukuran sampel penelitian ini sebanyak 82 pegawai. Data penelitian dikumpulkan melalui daftar pertanyaan/kusioner dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda , uji F (serempak) dan uji T (parsial) dimaksud untuk mengetahui pengaruh variable independen terhadap variable dependen pada tingkat kepercayaan 95% (a = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara uji parsial variable Tingkat Pendidikan, Keterampilan dan Sikap berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh. Kemudian uji simultan antara variable Tingkat Pendidikan, Keterampilan dan Sikap berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong Aceh
PENGARUH KOMUNIKASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. SUKSES JAYA MAKMUR ABADI DI ACEH BESAR
Erlinda Erlinda;
Natalia Natalia
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1597
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan PT Sukses Jaya Makmur Abadi Aceh Besar. Metode yang digunakan adalah metode asosiatif kausal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh ataupun hubungan antara dua variabel atau lebih dalam suatu penelitian. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan Teknik sensus sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 55 orang karyawan PT Sukses Jaya Makmur Abadi Aceh Besar dan bersedia menjadi responden. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dan lingkungan kerja secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan PT Sukses Jaya Makmur Abadi Aceh Besar. Peningkatan kinerja karyawan ditentukan oleh komunikasi semakin kuatnya komunikasi yang di lakukan PT sukses Jaya Makmur Abadi maka semakin besar peluang bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan dan jika terlalu nyamannya lingkungan kerja yang dimiliki oleh perusahaan maka akan semakin menurun peluang bagi perusahaan dalam meningkatkan kinerja karyawan.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. EVERBRIGHT KABUPATEN ACEH BESAR
Zuraidah Zuraidah;
Riski Aulia
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 12, No 1 (2022): Edisi Januari - Juni 2022
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.37598/jimma.v12i1.1592
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan dari PT. Everbright dari periode 2016 sampai dengan 2020 menggunakan analisis rasio keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan pengukuran rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian rasio pada tahun 2016-2020 pada bagian Current Ratio dan Quick Ratio berada di atas standar industri, rasio tersebut cukup baik dari sudut pandang likuiditas, yang di tandai dengan meningkatnya kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban jangka pendeknya. Sedangkan pada Cash Ratio berada di bawah standar industri yang telah di tetapkan, hal ini disebabkan karena perusahaan belum mampu memenuhi kewajiban lancarnya. Berdasarkan analisis rasio solvabilitas pada tahun 2016-2020 kurang baik karena mengalami penurunan kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban jangka panjangnya relatif rendah. Hal ini dikarenakan besarnya hutang jangka panjang yang ada dalam perusahaan, sedangkan aktiva yang dimiliki tidak mencukupi untuk membayar hutang dan biaya operasionalnya. berdasarkan analisis rasio aktivitas pada tahun 2016-2020 jika dilihat dari nilai Total Assets Turnover kinerja perusahaan dalam kondisi kurang baik dan berada di bawah standar industri. Hal ini disebabkan semakin rendah nilai kedua rasio tersebut maka menandakan bahwa semakin lambat perputaran aktiva perusahaannya. Sedangkan pada bagian Fixed Assets Turnover dapat dikatakan cukup baik karena berada di atas standar industri yang ditetapkan. Perusahaan cukup baik dalam memaksimalkan kapasitas semua aktiva tetap yang dimiliki untuk menghasilkan penjualan. Berdasarkan rasio Profitabilitas di bagian net profit margin dikatakan tidak Efisien karena berada di bawah standar industri, hal ini disebabkan oleh ketidakstabilan pasar dan penurunan dari segi penjualan. Nilai Return On Assets dapat dikatakan tidak Efisien dikarenakan angka rasio berada di bawah standar industri, hal ini karena perusahaan masih kurang optimal dalam menghasilkan laba bersih bila menggunakan pembanding dengan total set yang dimilikinya. Sedangkan nilai Return On Equity dapat dikatakan tidak Efisien dikarenakan angka rasio berada di bawah standar industri, hal ini karena perusahaan belum baik dalam menghasilkan laba bersih bila menggunakan pembanding dengan total ekuitas yang dimilikinya.