cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
husnaina.mailisa@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jl. Muhammadiyah No. 91 Batoh - Lueng Bata Kota Banda Aceh Tel / fax : 0651-21024 / 0651-21024
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh
ISSN : 20880588     EISSN : 27165094     DOI : http://dx.doi.org/10.37598/
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Manajemen diterbitkan secara berkala 6 bulanan yaitu pada Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024" : 20 Documents clear
KINERJA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH DI KABUPATEN GRESIK PASCA PANDEMI COVID-19 Sari, Yuni Atikah; Suwarno, Suwarno
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2096

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguji pengaruh digital marketing, literasi keuangan, dan akses permodalan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Gresik pasca Pandemi Covid-19.  Pemilihan sampel menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan metode Accidental Sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan program SmartPLS 4.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan variabel digital marketing dan akses permodalan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Gresik, sementara itu literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Gresik.
OPTIMALISASI FASILITAS, KUALITAS PELAYANAN, DAN KINERJA PUSTAKAWAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA MAHASISWA Majid, Abdul; Khasanah, Uswatun; Pramestya, Sri Andini; Alifuddin, Moch; Yuliana, Shopiah; Yaumi, Sri
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2060

Abstract

Perpustakaan adalah gudangnya informasi, dimana memegang peranan penting atas pengelolaan juga sistem informasi. Perpustakaan sekelas Universitas menjadi pemegang kunci peningkatkan output yang memiliki kualitas dan tentunya kompeten. Peranan lainnya yaitu sebagai wahana belajar sepanjang hayat, serta melayani segala kebutuhan menyeluruh tiap pemustaka. Pemberian layanan yang berkualitas akan memberikan kesan puas terhadap penggunanya. Pelayanan yang diberikan, tentunya wajib dikemas dengan apik sehingga pemustaka memiliki kesan tersendiri yang berdampak untuk jangka panjang. Tujuan dari peneliti yaitu untuk mengetahui sejauh mana pengaruh yang ditimbulkan fasilitas, kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan dalam memberi dampak terhadap minat baca mahasiswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi diambil dari seluruh mahasiswa yang pernah berkunjung ke perpustakaan UMLA dengan menggunakan accidental sampling jumlah diperoleh sebanyak 50 responden. Teknik analsis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa fasilitas berpengaruh terhadap minat baca mahasiswa sementara kualitas pelayanan dan kinerja pustakawan tidak berpengaruh pada minat baca mahasiswa Universitas Muhammadiyah Lamongan.
PERAN KEPEMIMPINAN DALAM KESUKSESAN MANAJEMEN RANTAI PASOK DI PABRIK BERAS RAHARJA Alhidayatullah, Alhidayatullah; Syakir, Khalifa Istira; Yusuf, Muhammad Maulana
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2061

Abstract

Rantai pasok memengaruhi operasional pabrik beras secara signifikan, dan kepemimpinan yang efektif dianggap sebagai elemen kunci untuk kesuksesan manajemen rantai pasok. Penelitian ini menyoroti urgensi manajemen rantai pasok dalam industri beras, di mana rantai pasok yang efektif dapat meningkatkan produksi, mengurangi biaya, dan meningkatkan kualitas produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan peran kepemimpinan dalam kesuksesan manajemen rantai pasok di di Pabrik Beras Raharja. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskritif kualitatif, sedangkan informannya adalah pimpinan Pabrik Beras Raharja dengan pertanyaan mencakup aspek dukungan masyarakat terhadap perusahaan, inovasi material, penanggulangan risiko, mitra bisnis, rencana jangka panjang, dan strategi menghadapi perubahan pasar. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa peran kepemimpinan dalam mencapai kesuksesan manajemen rantai di Pabrik Beras Raharja sudah baik, di mana adanya dukungan masyarakat atas keberadaan pabrik, selalu melakukan inovasi atas produk, sudah memiliki perencanaan dalam penanggulangan risiko, serta sudah memiliki strategi ketika ada perubahan pasar. Sedangkan untuk mitra bisnis pemimpin pabrik beras raharja sedang melakukan analisis terhadap mitra di luar Kabupaten Sukabumi.
PENGARUH WORD OF MOUTH, KUALITAS PELAYANAN, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK IDEALIFE DI TOKO GARDEN PLASTIC Saniyah, Ainiatus; Firmansyah, Muhammad Anang; Futuwwah, Ali Imaduddin
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2042

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Word of Mouth, kualitas pelayanan, dan promosi terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada 120 responden. Penelitian ini menggunakan sampel dengan teknik Accidental Sampling. Alat analisis menggunakan SPSS 16.0 melalui tahapan sebagai berikut : Uji Instrument, Uji Asumsi Klasik, dan Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Variabel word of mouth tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. (2) Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. (3) Variabel promosi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic. (4) Variabel word of mouth, kualitas pelayanan, dan promosi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk IDEALIFE di Toko Garden Plastic.
MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN DAN ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN SANTRI MELALUI KETERLIBATAN DALAM PENGELOLAAN UNIT BISNIS PONDOK PESANTREN DI JAWA TIMUR Setiawan, Heri Cahyo Bagus; Ilham, Ilham
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2074

Abstract

Sesuai tuntutan zaman, pesantren harus mampu mencetak lulusan dengan berbagai keterampilan karena tidak semua output atau alumni menjadi seorang ulama atau kiai. Salah satu pendidikan yang menjadi bekal bagi santri adalah ilmu kewirausahaan. Penelitian ini akan menyajikan sebuah gambaran bagaimana upaya pondok pesantren tidak hanya membekali santri mengerti ilmu agama (tafqquh-fiddin), melainkan diajarkan tentang ilmu keterampilan yang bisa bernilai ekonomi dengan melibatkan para santri dalam pengelolaan bisnis di pesantren. Penelitian ini dilakukan di pondok pesantren di Provinsi Jawa Timur, yaitu Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan Pondok Pesantren Rahmatan Lil Alamin Kabupaten Nganjuk. Dimana dua pesantren ini merupakan pesantren yang mengajarkan ilmu agama dan mengembangkan usaha ekonomi mandiri kewirausahaan berbasis agrobisnis. Metode penelitian yang digunakan kualitatif eksploratif dengan informan pengasuh pesantren dan santri yang ada di Pondok Pesantren Mukmin Mandiri Sidoarjo dan Pondok Pesantren Rahmatan Lil Alamin Kabupaten Nganjuk. In-depth interview menjadi keharusan dilakukan untuk menggali dan menganalisa menjawab pertanyaan peneltian yang diajukan. Hasil penelitian terdapat tiga temuan penting bahwa untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan dan mendorong santri agar memiliki orientasi kewirausahaan adalah dengan diterjunkan secara langsung terlibat dalam proses bisnis di unit bisnis pondok pesantren yang sekaligus menjadikan kiai pengasuh pesantren menjadi role model dalam dunia bisnis kewirausahaan bagi santri.
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL, MOTIVASI KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI KANTOR BUPATI ACEH SELATAN Presilawati, Febyolla; Martunisu, Martunisu
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2043

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal, motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawai pada kantor Bupati Aceh Selatan, baik secara simultan maupun parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah 82 pegawai, dan sampel adalah seluruh populasi yaitu 82 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui daftar pertanyaan/kuisioner dan studi dokumentasi. Rumus yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F (simultan) dan uji t (parsial) dimaksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara uji simultan variabel Komunikasi interpersonal, Motivasi kerja dan Lingkungan kerja berpengaruh terhadap Kepuasan kerja pegawai pada kantor Bupati Aceh Selatan, yang dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar dari ftabel yaitu (308,167 2,723) dengan nilai koefisien signifikan sebesar 0,960 atau 96%. Selanjutnya secara uji parsial yaitu Komunikasi interpersonal, Motivasi kerja dan Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan kerja pegawai pada kantor Bupati Aceh Selatan.
POTENSI DAN PROSPEK WISATA HALAL DALAM MENSEJAHTERAKAN MASYARAKAT (STUDI KASUS SITUS SEJARAH MAKAM SULTAN MALIKUSSALEH) Zahara, Lia; Damanhur, Damanhur
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2076

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana potensi dan prospek  wisata halal dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Situs Sejarah Makam Sultan Malikussaleh. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan field research dimana peneliti harus terjun langsung ke lapangan guna memperoleh informasi secara langsung dari para informan. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya potensi wisata halal ini dapat menjadikan peluang bisnis yang sangat bagus bagi masyarakat sekitar. Serta jumlah pendapatan yang positif yang diperoleh oleh para pelaku usaha sesudah dan sebelum membuka usaha sangat dirasakan oleh masyarakat, sehingga dengan meningkatnya pendapatan maka kesejahteraan masyarakat pun dapat menjadi lebih baik.
ANALISIS PENGARUH KEMAMPUAN KERJA, LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI KERJA, DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT GEMAH RIPAH GRESIK Suyitno, Suyitno; Wahyuningsih, Yulie; Faizah, Erna Nur
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2054

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemampuan kerja, lingkungan kerja, motivasi kerja, dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan di PT Gemah Ripah Gresik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel sebanyak 25 karyawan tetap. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja (B=0,917, p=0,053) dan budaya organisasi (B=0,862, p=0,000) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Namun, lingkungan kerja (B=0,092, p=0,542) dan motivasi kerja (B=0,098, p=0,787) tidak menunjukkan pengaruh signifikan. Secara simultan, keempat variabel tersebut mempengaruhi kinerja karyawan dengan nilai F hitung sebesar 39,173 dan R² sebesar 0,864. Kesimpulan penelitian ini menegaskan pentingnya budaya organisasi dan kemampuan kerja dalam meningkatkan kinerja karyawan. PT Gemah Ripah disarankan untuk memperkuat budaya organisasi dan kemampuan kerja melalui program pelatihan dan pengembangan. Keterbatasan penelitian ini meliputi ukuran sampel yang kecil dan konteks spesifik perusahaan jasa tenaga kerja. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan lebih banyak responden dan menggunakan metode kualitatif untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam.
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE DECISION PRODUK MS GLOW (STUDI KASUS PADA FOLLOWERS INSTAGRAM @msglowbeauty) Putri, R. Lusi Ariyani; Hermawan, Agus
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2095

Abstract

Tingginya persaingan antar produk perawatan kulit membuat konsumen dihadapkan pada beragamnya pilihan di pasar. Seiring dengan semakin meluasnya globalisasi yang didukung oleh teknologi yang semakin maju, konsumen memanfaatkannya untuk mencari informasi mengenai suatu produk sebelum mereka mengambil keputusan pembelian. Sampel penelitian ini sebanyak 100 responden dengan teknik purposive sampling, dengan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji analisis deskriptif, uji instrumen, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa electronic word of Mouth berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung dari t tabel sebesar 4,224 1,985, celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung dari t tabel sebesar 2,339 1,985, dan electronic word of Mouth dan celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung dari f tabel sebesar 54,475 3,09. Dengan demikian, electronic word of Mouth secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, celebrity endorser secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian, begitu pula secara simultan electronic word of Mouth dan celebrity endorser berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
ANALISIS KRITIS PENGELOLAAN ANGGARAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY BERBASIS COLLABORATIVE GOVERNANCE UNTUK PERTUMBUHAN EKONOMI MASYARAKAT ACEH Zen, Muhammad
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 14, No 1 (2024): Edisi Januari - Juni 2024
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v14i1.2059

Abstract

Sektor swasta mempunyai peran dalam hal pembangunan sebagai kepedulian lingkungan, salah satunya adalah pengalokasian anggaran CSR. Pada Provinsi Aceh, jumlah pengalokasian dan penyaluran anggaran CSR meningkat setiap tahun. Namun, pada pengelolaan anggaran CSR tersebut masih terdapat beberapa kelemahan diantaranya belum maksimalnya peran masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya dalam perencanaan dan pengendalian CSR, belum optimalnya sinergitas dan harmonisasi program CSR dengan dokumen perencanan pembangunan daerah (RPJMA, RKPA), serta belum optimalnya peran kelembagaan (Tim Fasilitasi/Forum Pelaksana) CSR dalam memfasilitasi penyelenggaran CSR di Aceh sehingga menyebabkan perencanaan CSR belum baik dan berkualitas yang berdampak terhadap beberapa program CSR tidak tepat sasaran. Tujuan kajian ini adalah untuk melakukan analisa mengenai pengelolaan CSR adalah untuk melakukan telaah atas pengelolaan anggaran CSR sehingga anggaran tersebut dapat berperan maksimal untuk peningkatan perekonomian masyarakat Aceh, dan meningkatkan reputasi Perusahaan atas kepedulian pada lingkungan sekitar. Kajian menggunakan pendekatan kualitatif, dan data dianalisa dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil kajian disebutkan bahwa untuk meningkatkan kualitas pengelolaan CSR perlu dilakukan collaborative governance yakni adanya kemitraan dengan swasta untuk mewujudkan kepentingan publik. Adapun strategi prioritas yang dilakukan adalah dengan mengkolaborasikan antara faktor strength dan threat. Kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan strategi tersebut adalah membangun forum komunikasi publik dan swasta terkait program prioritas pemerintah, sosialisasi target pemerintah dalam pemenuhan program prioritas provinsi, kemitraan dan kerjasama sektor publik dan swasta dalam penanganan masalah di Provinsi Aceh dan melakukan pemetaan sumber anggaran untuk pemajuan Provinsi Aceh. Kesimpulan: pengelolaan CSR perlu dilakukan untuk mewujudkan good governance sebagai bentuk transparansi kinerja pemerintah yang harus dipertanggungjawabkan pada sektor swasta dan masyarakat.

Page 1 of 2 | Total Record : 20