cover
Contact Name
Edduar Hendri, S.E., M.M
Contact Email
jmwahanaekonomika@gmail.com
Phone
+62812 7810 831
Journal Mail Official
jmwahanaekonomika@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Media Wahana Ekonomika Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Jln. Jend. A. Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang - Sumatera Selatan Sumatera Selatan Telp. 0711-510043 Faximile 0711-514782.
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Wahana Ekonomika
ISSN : 16934091     EISSN : 26221845     DOI : https://doi.org/10.31851/jmwe
Core Subject : Economy,
Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Palembang. Dan Jurnal ini juga telah terdaftar dalam sistem Crossreff dengan Digital Object Identifier 10.31851/jmwe.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014" : 7 Documents clear
PENGARUH PROMOSI MELALUI WEBSITE DAN PAMERAN DALAM USAHA MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA PT. GUNAWAN SEJATI PALEMBANG Ahmad Rosjidi Azhar
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v11i2.3587

Abstract

Keberhasilan sebuah perusahaan dalam upaya meningkatkan volume penjualan sangat tergantung pada bagaimana perusahaan tersebut mengelola bagian yang ada pada perusahaan, terutama bagian pemasaran yang sangat besar pengaruhnya dalam memutuskan strategi bagaimana agar produk yang dihasilkan benar-benar laku di pasaran. Strategi pemasaran ini mencakup berbagai masalah penentuan harga, kegiatan promosi, penggunaan saluran distribusi dan bauran produk yang memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Melihat keberhasilan suatu dunia usaha, dapat dilihal dari salah satu ukuran, yaitu besar kecilnya keuntungan yang diperoleh. Dapat pula dikatakan bahwa manajemen semakin berhasil dalam melaksanakan fungsinya dengan melihat keuntungan yang diperoleh karena terjualnya barang atau jasa yang dihasilkan sehingga hasilnya memungkinkan perusahaan tersebut untuk terus beroperasi. Perkembangan media promosi dewasa ini sangat pesat dan beragam jenisnya, dengan adanya dukungan teknologi yang memungkinkan perusahaan melakukan promosi, salah satunya adalah melalui internet. Perusahaan bisa dengan mudah mempromosikan barang atau jasa di internet dengan membuat website dari perusahaan. Media promosi melalui website bisa sangat besar pengaruhnya terhadap volume penjualan, tergantung bagaimana membuat website agar menarik perhatian konsumen. Biaya pernbuatannya relatif murah dan lebih luas wilayah jangkauannya karena seluruh dunia bisa mengakses website dari perusahaan. Kata kunci : website, promosi, volume penjualan
PENGARUH DISIPLIN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA DOSEN FKIP UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG Suhada .
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v11i2.3588

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja dan budaya organisasi secara simultan dan parsial terhadap kinerja dosen FKIP Universitas PGRI Palembang. Untuk analisis data melalui uji persyaratan yang terdiri dari uji normalitas  dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan berganda dengan mengregresi variabel-variabel dalam penelitian ini disiplin kerja, budaya organisasi dan kinerja dosen.Secara simultan ada pengaruh yang signifikan variabel disiplin kerja dan budaya organisasi terhadap variabel kinerja dosen FKIP pada Universitas PGRI Palembang (2) budaya organisasi secara signifikan berpengaruh terhadap kinerja dosen FKIP pada Universitas PGRI Palembang (3) disiplin kerja dan budaya organisasi secara signifikan dan positif berpengaruh terhadap kinerja dosen FKIP pada Universitas PGRI Palembang. Kata Kunci: Disiplin kerja, Budaya organisasi, kinerja
ANALISIS HUBUNGAN ANTARA GAYA KEPEMIMPINAN, DISIPLIN KERJA, DAN PENGAWASAN KERJA DENGAN KUALITAS PELAYANAN PADA MASYARAKAT PEMERINTAHAN DESA DALAM KECAMATAN PLAKAT TINGGI KABUPATEN MUSI BANYUASIN Gita Amalia
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v11i2.3590

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin menganalisis hubungan antara gaya kepemimpinan, disiplin kerja, pengawasan kerja, dengan kualitas pelayanan pada masyarakat Pemerintahan Desa dalam Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif. Dengan alat analaisis Regresi sederhana, regresi berganda, korelasi dan determinasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada Pemerintahan Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin, ukuran populasi dalam penelitian ini adalah 112 pegawai. dalam penelitian ditetapkan ukuran sampel 56 orang, untuk uji coba Instrumen penulis tetapkan 30 orang responden.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja,Dan Pengawasan Kerja dengan Kualitas Pelayanan pada Masyarakat. Ketiga variabel bebas tersebut berjalan seiring dengan variabel terikat, artinya makin tinggi Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Pengawasan Kerja makin tinggi pula Kualitas Pelayanan pada Masyarakat Pemerintahan Desa dalam Kecamatan Plakat Tinggi Kabupaten Musi Banyuasin. Kata kunci : Gaya Kepemipinan, Disiplin Kerja, pengawasan dan Kualitas layanan
ANALISIS PENILAIAN KUALITAS LAYANAN JASA PENDIDIKAN MENURUT PERSEPSI KEPUASAN MAHASISWA PADA POLITEKNIK AKAMIGAS PALEMBANG Muhammad Riska; Maulana Effendi
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v11i2.3584

Abstract

The purpose of the research is to find out to analyze perception of student in the Politeknik Akamigas Palembang. In writing this final report, data collected by questioner. Then analyzed using descriptive methods of description, classification and analyze the data and information are relevant to the problems that exist. Then analyze data using SPSS 20,0, and then to determine the consistency or not the service that has been given to the respondent can be seen from the mapping of Cartesian Diagram by comparing the theories are used, then the data obtained in the fact that most respondent at the Politeknik Akamigas Palembang was satisfied with the quality of service provided.  KEYWORD: perception of student, service quality and the mapping of cartesian diagram
PEMASARAN, STRATEGI PRODUK TALI RAPIA DAN ISAPAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PADA PT. HIDUP JAYA PALEMBANG Santi Puspita
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v11i2.3589

Abstract

Tujuan perusahaan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan perekonomian dapat melalui pembangunan di segala bidang. Menyadari pentingnya sektor industri ini bagi pembangunan, maka pemerintah Indonesia mendorong serta memperhatikan perkembangan perusahaan yang bergerak di bidang industri. Salah satunya perusahaan yang ada di kota palembang adalah PT. Hidup Jaya yang bergerak dalam bidang industri pembuatan tali rapia dan isapan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  sejauhmana pimpinan perusahaan dapat mengambil suatu keputusan yang tepat dan kebijaksanaan dalam strategi pemasaran yang dapat diandalkan demi terjaminnya pengembangan dan kelangsungan hidup perusahaan. Kata kunci : pemasaran, strategi produk
PENGARUH PERTUMBUHAN ASET PRODUKTIF TERHADAP KINERJA OPERASIONAL PADA PT. BANK PEMBANGUNAN DAERAH SUMATERA SELATAN DAN BANGKA BELITUNG Rismansyah .; Handrian .
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v11i2.3585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aset Produktif terhadap Kinerja Operasional Pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan  dan Bangka Belitung.Data yang diamati merupakan data laporan keuangan Bank Sumsel Babel selama kurun waktu persemester dari tahun 2003 – 2012. Analisis data  yang digunakan adalah Analisis Regrisi Linier Sederhana ( dengan menggunakan software SPSS versi 20 ). Dimana variabel indepennya adalah aset produktif dan variabel dependennya yaitu rasio BOPO.Hasil pembahasan diketahui bahwa secara parsial menunjukkan bahwa adanya hubungan positif antara aset produktif terhadap kinerja operasional ( rasio BOPO ) pada Bank Sumsel Babel. Ini ditunjukkan dengan setiap kenaikan aset produktif akan menurunkan kinerja operasional ( Rasio BOPO ) pada PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Selatan dan Bangka Belitung. Selain itu selama kurun waktu sepuluh tahun terakhir diketahui bahwa pertumbuhan aset produktif pada Bank Sumsel Babel meningkat tujuh kali lipat. Ini  menunjukkan jika pihak manajemen Bank Sumsel Babel sudah cukup baik dalam mengelola aset produktif yang dimiliki.Sehubungan dengan hal diatas, penulis menyarankan agar pihak manajemen Bank Sumsel Babel dapat mempertahankan kinerjanya. Bahkan jika memungkinkan lebih meningkatkan lagi pengelolaan dana terutama aset produktif agar dapat menambah pendapatan bank. Sehingga dapat menekan rasio BOPO. Kata kunci : Asset Produktif, Rasio BOPO
PERANAN KOPERASI SEKOLAH SEBAGAI PENGEMBANG KETERAMPILAN KEWIRAUSAHAAN SISWA DI SMK ETHIKA PALEMBANG TAHUN AJARAN 2013–2014 Chandra Kurniawan
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v11i2.3586

Abstract

Kegiatan wirausahaan pada siswa di lingkungan sekolah dilakukan dalam wujud koperasi sekolah. Melalui koperasi sekolah, siswa dapat mengembangkan keterampilan wirausaha, seperti pembukuan, pelayanan pelanggan dan aktivitas wirausaha lainnya serta melatih rasa tanggung jawab, semangat, dan disiplin yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimana Peranan Koperasi Sekolah Sebagai Pengembang Keterampilan Kewirausahaan Siswa di SMK Ethika Palembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan koperasi sekolah sebagai pengembang keterampilan kewirausahaan siswa di SMK Ethika Palembang.            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data dokumentasi dan teknik analisis data angket dengan menggunakan persentase.            Hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata hasil angket peranan indikator pengalaman dan pengetahuan didominasi oleh jawaban Ya, yaitu sebesar 79,43 persen. Dengan demikian, koperasi sekolah memberikan peranan sebesar 79,43 persen dalam meningkatkan pengetahuan dan pengalaman siswa untuk berwirausaha. Berdasarkan hasil angket variabel keterampilan berwirausaha untuk indikator semangat didominasi oleh jawaban sangat setuju, yaitu sebesar 92,44 persen, indikator sikap didominasi oleh jawaban pernyataan sangat setuju, yaitu sebesar 86,79 persen, indikator perilaku didominasi oleh jawaban pernyataan sangat setuju, yaitu sebesar 62,26 persen, dan indikator kemampuan didominasi oleh jawaban sangat setuju, yaitu sebesar 75,47 persen. Dengan demikian dapat diketahui bahwa rata-rata hasil angket variabel kemampuan berwirausaha sebesar 79,24 persen.Saran: 1) Bagi siswa, hendaknya siswa dapat mengembangkan kemampuannya melalui praktik di koperasi sekolah. Hal ini dikarenakan koperasi sekolah dapat memberikan manfaat seperti meningkatkan sikap, pengetahuan, perilaku, dan kemampuan dalam berwirausaha. Selain itu, koperasi sekolah juga dapat memberikan siswa pengalaman dan pengetahuan tentang berwirausaha; 2) Bagi pengelola koperasi, agar koperasi sekolah dapat berjalan dengan lancar, perlu diadakan pembinaan secara terus-menerus, terpadu, dan terarah sesuai dengan perkembangan kegiatan ekonomi di masyarakat; dan 3) Bagi peneliti lanjutan, diharapkan penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam penelitian yang lebih luas dengan variabel dan indikator yang berbeda, sehingga didapatkan gambaran yang jelas dan nyata tentang peranan koperasi sekolah dalam mengembangkan keterampilan berwirausaha siswa. Kata Kunci: peranan, koperasi sekolah, kewirausahaan

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025 Vol. 21 No. 4 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2025 Vol. 21 No. 3 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2024 Vol. 21 No. 2 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2024 Vol. 20 No. 4 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2024 Vol. 20 No. 3 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2023 Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2023 Vol. 19 No. 4 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2023 Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol. 19 No. 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2022 Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022 Vol 18, No 3 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2021 Vol 18, No 2 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2021 Vol 17, No 4 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2021 Vol 17, No 3 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2020 Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2020 Vol 16, No 4 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2020 Vol 16, No 3 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2019 Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2019 Vol 15, No 4 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2019 Vol 15, No 3 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2018 Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2018 Vol 15, No 1 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2018 Vol 14, No 4 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2018 Vol 13, No 4 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, 4, Januari 2017 Vol 14, No 3 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2017 Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2017 Vol 13, No 3 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2016 Vol 13, No 2 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2016 Vol 12, No 4 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2016 Vol 12, No 3 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2015 Vol 12, No 2 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2015 Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2015 Vol 11, No 4 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2015 Vol 11, No 3 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2014 Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2014 Vol 10, No 4 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2014 Vol 10, No 3 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 3, Oktober 2013 Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 2, Juli 2013 Vol 9, No 4 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 4, Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013 Vol 9, No 3 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 3, Oktober 2012 Vol 9, No 2 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 2, Juli 2012 Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012 Vol 8, No 4 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 4, Januari 2012 Vol 8, No 3 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 3, Oktober 2011 Vol 8, No 2 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 2, Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 1, April 2011 Vol 7, No 4 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 4, Januari 2011 Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 3, Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 2, Juli 2010 Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 5 No. 1, April 2008 Vol 3, No 4 (2007): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 4, Januari 2007 Vol 3, No 3 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 3, Oktober 2006 Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 2, Juli 2006 More Issue