cover
Contact Name
Edduar Hendri, S.E., M.M
Contact Email
jmwahanaekonomika@gmail.com
Phone
+62812 7810 831
Journal Mail Official
jmwahanaekonomika@gmail.com
Editorial Address
Jurnal Media Wahana Ekonomika Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Palembang Jln. Jend. A. Yani Lrg. Gotong Royong 9/10 Ulu Palembang - Sumatera Selatan Sumatera Selatan Telp. 0711-510043 Faximile 0711-514782.
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Media Wahana Ekonomika
ISSN : 16934091     EISSN : 26221845     DOI : https://doi.org/10.31851/jmwe
Core Subject : Economy,
Jurnal Media Wahana Ekonomika Merupakan Jurnal Ilmu Ekonomi yang secara khusus mengkaji tentang Ekonomi Pembangunan, Manajemen, Akuntansi dan Kewirausahaan. Terbit 4 kali dalam Setahun periode April, Juli, Oktober dan Januari. Terdaftar nomor di ISSN 1693-4091 (cetak) dan E-ISSN 2622-1845 (online) adalah Jurnal Ilmiah yang dikelola dan diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi, Universitas PGRI Palembang. Dan Jurnal ini juga telah terdaftar dalam sistem Crossreff dengan Digital Object Identifier 10.31851/jmwe.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023" : 15 Documents clear
Pengaruh Pelatihan dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan BMT NU Jawa Timur Isnaini, Miladiyati; Fauziyah, Hanifah; Riwana, Aliva; rohmah, Unsilatur; Haryanto, Rudy
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.11364

Abstract

ABSTRAK   Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh pelatihan dan kompensasi secara parsial dan simultan terhadap kinerja karyawan kantor pusat BMT NU Jawa Timur. Metode yang dipakai kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif regresi linier berganda dengan bantuan SPSS 25. Pengumpulan data dilakukan dengan jalan menyebarkan kuesioner menggunakan media google form. Sebanyak 42 karyawan menjadi sampel penelitian. Jenis pengambilan sampel tergolong pada non probability sampling teknik sampling jenuh karena jumlah populasi relatif sedikit. Temuan penelitian diperoleh bahwa pelatihan berpengaruh signifikan terhadap kinerja dengan nilai sig. 0,000< 0,05. Sedangkan kompensasi memperoleh nilai sig. 0,01 < 0,05 sehingga dinyatakan ada berpengaruh terhadap kinerja. Uji F diperoleh Fhitung23,533>Ftabel 3,232 artinya pelatihan dan kompensasi secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Besarnya pengaruh yang diberikan variabel pelatihan dan kompensasi terhadap kinerja sebesesar 54,7% dan sisanya 45,3% dipengaruhi oleh berbagai variabel yang tidak diteliti.   Kata Kunci: Pelatihan, Kompensasi, Kinerja     ABSTRACT   The purpose of this study was to determine the effect of training and compensation parasially and simultaneously on employee performance at BMT NU Jawa Timur. The method used is quantitative. The data analysis technique used is descriptive statistics multiple linear regression with the help of SPSS 25. The data collection was done by distributing questionnaires using google form media. A total of 42 employees became the research sample. The type of sampling is classified as non-probability sampling saturated sampling technique because the population is less people. The research findings obtained that training has a significant effect on performance with a sig value. 0.000<0.05. While compensation obtained a sig value. 0.01> 0.05 so it is stated that it has no effect on performance. The F test obtained 23,533 >3,232 means that training and compensation simultaneously affect employee performance. The amount of influence given by training and compensation variables on performance is 54.7% and the remaining 45.3% is influenced by various variables not examined.   Keywords : Training, Compensation, Performance
Kinerja Pegawai Melalui Peran Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi di Universitas PGRI Palembang Arafat, Abdullah Ammar; Santati, Parama; Hadjri, Muhammad Ichsan
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.11553

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap kinerja pegawai Universitas PGRI Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai administrasi yang ada di Universitas PGRI Palembang. Pengambilan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel acak stratifikasi proporsional, dengan sampel berjumlah 79 orang sebagai responden. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Universitas PGRI Palembang.   Kata Kunci: Budaya Organisasi, Komitmen Organisasi, Kinerja Pegawai     ABSTRACT   This study aims to analyze the effect of organizational culture and organizational commitment on the performance of Palembang PGRI University employees. The population in this study were all administrative employees at PGRI Palembang University. Sampling using the proportionate stratified random sampling technique amounted to 79 people as respondents. The data collection method in this study was a questionnaire. The data analysis technique used is multiple linear regression analysis. Based on the results of the analysis it was concluded that organizational culture and organizational commitment had a positive and significant effect on the performance of PGRI Palembang University employees.   Keywords : Organizational Culture, Organizational Commitment, Employee Performance
Analisis Pengaruh Co-Branding Uniqlo Dan One Piecefilm Red Terhadap Minat Beli Fans One Piece (Nakama) Setiawan, Ragil Restu; Rubiyanti, Nurafni
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.11652

Abstract

ABSTRAK   Perusahaan harus membuat dan melaksanakan promosi yang menarik dalam lingkungan persaingan yang lebih ketat untuk memastikan bahwa target pasar mereka mendapatkan sinyal yang tepat waktu dan akurat dari iklan mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kerjasama antara UNIQLO dan One Piece Film: Red mempengaruhi preferensi pembelian para penggemar One Piece atau yang dikenal dengan Nakama. Penelitian asosiatif dengan menggunakan pendekatan metodologi kuantitatif merupakan teknik pilihan. Dalam penelitian ini, 100 responden dijadikan sebagai sampel dan populasi. Teknik sampling jenuhmerupakan metode yang digunakan untuk pengambilan sampel dikarenkan jumlah populasi sebanyak 100 orang. Menurut temuan pengujian hipotesis, UNIQLO dan One Piece Film: RedCo-Branding berdampak pada minat beli penggemar One Piece (Nakama), dan Co-Branding secara bersamaan berdampak besar pada minat tersebut.   Kata Kunci: Kolaborasi, Minat Beli     ABSTRACT   The company should create and implement attractive promotions in a more competitive environment to ensure that their target market receives timely and accurate signals from their advertisements. The objective of this research is to determine whether the collaboration between UNIQLO and One Piece Film: Red influences the purchasing preferences of One Piece fans, also known as Nakama. An associative research approach using quantitative methodology is the preferred technique. In this study, 100 respondents were selected as the sample from the population. The saturated sampling technique was employed due to the population size of 100 individuals. According to the hypothesis testing findings, the UNIQLO and One Piece Film: Red co-branding has an impact on the purchase interest of One Piece fans (Nakama), and co-branding, collectively, has a significant effect on that interest   Keywords : Collaboration, Purchase Interest
Pengaruh Bauran Pemasaran 7P Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pra, Masa, dan Pasca Covid-19 Sakinah, Layla Nurul; Nasution, Muhammad Irwan Padli; Harahap, Muhammad Ikhsan
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.11878

Abstract

ABSTRAK   Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran 7P terhadap keputusan pembelian Pada Pra, Masa, dan Pasca COVID-19.  Subjek penelitian ini adalah toko Lezza Frozen Food Desa Bandar Setia. Pada penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 50 orang yang merupakan konsumen Toko Lezza Frozen Food. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data diambil menggunakan skala Likert dan juga pertanyaan-pertanyaan seputar bauran pemasaran yang dapat dijawab sesuai dengan opini responden terhadap usaha tersebut. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear berganda, serta uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Toko Lezza Frozen Food baik dari aspek pra, masa, dan pasca COVID-19. Konsumen Toko Lezza Frozen Food sangat memperhatikan kualitas dan kuantitas produk sebelum melakukan pembelian. Tidak hanya itu, konsumen juga membandingkan harga produk dari harga toko lain, memilih berbelanja ke toko tersebut karena lokasi toko yang mudah dijangkau, bersih dan nyaman untuk berbelanja. Serta memperhatikan pelayanan dan proses transaksi yang dilakukan oleh Toko Lezza Frozen Food.   Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Keputusan Pembelian, Makanan Beku, COVID-19.   ABSTRACT   The purpose of this study was to determine the effect of the 7P marketing mix on purchasing decisions in Pre, Period, and Post COVID-19. The subject of this research is the Lezza Frozen Food store in Bandar Setia Village. In this study, the sample used was 50 people who were consumers of Lezza Frozen Food Stores. The sampling technique used purposive sampling. Data was collected using a Likert scale and also questions about the marketing mix which can be answered according to the respondents' opinion of the business. The data analysis technique used is the validity test, reliability test, normality test, multiple linear regression analysis, as well as the t test and f test. The results of this study are that the product, price, location, promotion, people, process and physical evidence variables have a positive and significant effect on purchasing decisions at Lezza Frozen Food Stores both from pre, period and post COVID-19 aspects. Consumers at Lezza Frozen Food Shop are very concerned about product quality and quantity before making a purchase. Not only that, consumers also compare product prices from other store prices, choosing to shop at these stores because the store locations are easy to reach, clean and comfortable for shopping. As well as paying attention to the services and transaction processes carried out by the Lezza Frozen Food Store.   Keywords : Marketing Mix, Purchase Decision, Frozen Food, COVID-19.
Analisis Efektivitas Inovasi Digital SRC (Sampoerna Retail Community) Bagi Toko Kelontong Di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat Nabila, Putri Salsa; Nasution, Annio Indah Lestari; Harahap, Muhammad Ikhsan
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.12049

Abstract

ABSTRAK   Perekonomian saat ini berkembang sangat pesat, yang ditandai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini. Dengan pesatnya perkembangan teknologi, dunia digital dan internet tentunya telah berdampak pada dunia pemasaran. Tren pemasaran global bergeser dari tradisional (offline) ke digital (daring). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) pada toko kelontong di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode indepth interview(wawancara mendalam). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis reduksi data. Sampel penelitian ini berjumlah 4 orang yang merupakan 3 pemilik Toko Kelontong yang tergabung dengan mitra SRC (Sampoerna Retail Community) yang berada di Kecamatan Kuala Kabupaten Langkat yang berjumlah 3 Toko dan 1 orang merupakan SRC Coach PT. HM Sampoerna Tbk . Hasil penelitian adalah, inovasi digital SRC (Sampoerna Retail Community) sangat membantu salah satunya  membantu dalam hal peningkatan volume penjualan melalui pengelolaan administrasi yang lebih baik berupa edukasi manajemen toko atau pendampingan dari SRC, yang sesuai berdasarkan indikator efektivitas, termasuk kejelasan tujuan program, penyediaan sarana dan prasarana,  dan operasi program.   Kata Kunci: Efektivitas, Inovasi Digital, SRC, Toko Kelontong.     ABSTRACT   Today's economy is developing very rapidly, which is characterized by the current progress in science and technology. With the rapid development of technology, the digital world and the internet have certainly had an impact on the world of marketing. Global marketing trends are shifting from traditional (offline) to digital (online). The purpose of this study was to determine the effectiveness of SRC (Sampoerna Retail Community) digital innovation in grocery stores in Kuala District, Langkat Regency. This study used qualitative research methods with in-depth interview methods. The data analysis technique in this study used data reduction analysis. The sample of this study was a Grocery Store owner who joined SRC (Sampoerna Retail Community) located in Kuala District, Langkat Regency, which amounted to 3 stores.  The results of the study, SRC (Sampoerna Retail Community)'s digital innovation is very helpful one of them in terms of increasing sales volume through better administrative management in the form of store management education or assistance from SRC, which is appropriate based on effectiveness indicators, including clarity of program objectives, provision of facilities and infrastructure, and program operations.   Keywords : Effectiveness, Digital Innovation, SRC, Grocery Store.
Pengaruh Celebrity Endorsement Dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Empiris pada Konsumen Pengguna TikTok Shop di Wilayah Surakarta) Farah Aqiella Sakinatun; Soepatini
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.12056

Abstract

ABSTRAK   Tiktok adalah platform jejaring sosial yang saat ini sedang trend di era modern. Tiktok  platform media baru yang diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan China ByteDance yang awalnya menyediakan platform bagi individu untuk mengekspresikan dan mengasah bakat mereka melalui konten video. Saat ini Tiktok sedang memperkenalkan fitur tambahan yang berguna untuk bisnis online. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis pengaruh Celebrity Endorsement dan harga pada minat beli konsumen. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif. Prosedur pengumpulan data yaitu kuesioner. Populasii penelitian ini terdiri dari pengguna TikTok Shop di wilayah Surakarta. Rumus Slovin digunakan untuk menghitung jumlah sampel yaitu sebanyak 100 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah non-probability sampling dengan pengambilan sampel secara accidental dan purposive sampling. Smart PLS 3.0 digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa celebrity endorsement memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini berkontribusi dibidang ecommerce khususnya pada pengguna Tik Tok Shop dengan menyajikan informasi baru dan relevan.   Keywords: Celebrity Endorsement, Harga, Minat Beli     ABSTRACT   Tiktok is a social networking platform that is currently trending in the modern era. Tiktok a new media platform launched in 2016 by Chinese company ByteDance that initially provided a platform for individuals to express and hone their talents through video content. Currently Tiktok is introducing additional features that are useful for online businesses. The purpose of this study was to analyse the effect of Celebrity Endorsement and price on consumer buying interest. This type of research is quantitative. The data collection procedure is a questionnaire. The population of this study consists of TikTok Shop users in the Surakarta area. The Slovin formula was used to calculate the sample size, which was 100 respondents. The sample technique used is non-probability sampling with accidental sampling and purposive sampling. Smart PLS 3.0 was used to analyse the data in this study. The results of this study indicate that celebrity endorsement has a positive and significant effect on consumer buying interest. Price has a positive and significant influence on consumer buying interest. This research contributes to the field of ecommerce, especially for Tik Tok Shop users by presenting new and relevant information.
Pengaruh Produk Dan Harga Karet Rakyat Terhadap Pendapatan Masyarakat Di Desa Tanjung Raman Kota Prabumulih Selatan Mulyani, Agus; Ilhamsyah; Rosadian, Aprizal; Oktariansyah
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.12717

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian untuk mengetahui produk (X1), harga karet (X2) yang berpengaruh terhadap pendapatan masyarakat (Y) variabel terikat. Populasi adalah seluruh masyarakat di Desa Tanjung Raman sebanayk 200 orang sedangkan teknik pengambilan sampel probabilitas sampel menggunakan rumus Slovin tingkat kesalahan e = 5% diperoleh sampel nya 134 orang. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner dan wawancara. Dengan cara menyebar angket dan bertanya secara secara langsung masyarakt di Desa Tanjung Raman Prabumulih Selatan. Pengujian Instrumen yaitu uji validitas instrumen, uji reliabilitas. Metode analisis yaitu uji normalitas data, uji model terdiri uji heteroskedastisitas. uji multikolinieritas, Model Analisis yaitu analisis jalur yang dihitung dengan dua persamaan struktural yaitu persamaan regresi yang menunjukkan hubungan yang dihipotesiskan, uji koefisien untuk melihat tingkat signifikansi masing-masing koefisien regresi menggunakan SPSS. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kedua faktor mempengaruhi pendapatan masyarakat di Desa Tanjung Raman Prabumulih Selatan. Kata kunci: Produk, Harga dan Pendapatan Masayarakat. ABSTRACT Rubber is a plantation that is very helpful and is develoved by the community, especially in Tanjung Raman Village. However, the current proble is that the price of rubber is less stable and tends to decrease, causing many people to suffer from the decline in the price of latex. The purpose of this study was to analyze the influence of rubber farmers, income in the new normal era South Prabumulih in terms of rubber products and prices. In this study using quantitative descrptive research. The researcher understands that this research is only limitedto examining the sources studied in further research. The result of the discussion in this study consist of looking at the current condition of South Sumatra Rubber farmers, especially in South Prabumulih City. The farmers are currently experiencing a very difficult time with the decline in the price of rubber sap.. This impact is because rubber latex in Indonesia, especialy Sumatera, has a quality peiod that is considered below average. So to improve this quality, farmers increase their rubber latex products and avoid cheating taht harms other rubber farmers. Meanwhile, another discussion is the analysisi of the income of rubber farmersduring the new normal period in South Prabumulih, namely that generally people who rely on rubber sap as a support for their lives are stating to experience difficulties and declining economic pressure.Rubber plantations develoved by farmers are generally not privately owned, but only work for people who do own the rubber plantations. To support the family economy, people began to do side jobs to make ends meet, the government,s role in increasing rubber prices was very importand. Various innovations that are able to raise the price of rubber latex are highly anticipated by the people of Prabumulih. In conclusion, cooperation between the government and the community greatly determines the life of the rubber farming solutions to the declining price of rubber sap. Keywords: Product, Price and Community Income.
Dampak Pemberian Insentif Kepada Kinerja Karyawan Dengan Motivasi Kerja Sebagai Variabel Perantara Pada Kantor PT. Global Makara Teknik (GMT) Site Sungai Lilin Wijaya, Hendry; Muhlisin; Alamsyah, Rully; Harisandy, Rio
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.12718

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini dilakukan guna mengetahui apakah motivasi kerja serta pemberian insentif berpengaruh kepada kinerja karyawan dengan Motivasi Kerja sebagai variabel perantara Pada PT. Global Office Makara Engineering Site Sungai Lilin. Sampel Penelitian menggunakan rumus Slovin. Kuesioner penelitian diberikan kepada karyawan Global Makara Engineering Office Sungai Lilin. Data penelitian diestimasi dan dianalisis menggunakan pendekatan statistika inferensial dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) berdasarkan Varian Base Structural Equation Modeling dan media estimasi data menggunakan Aplikasi SmartPLS Statistics Versi 3.2.9. Hipotesis Alternatif yang pertama, variabel Insentif karyawan secara signifikan mempengaruhi Motivasi karyawan. Hipotesis Alternatif yang kedua, variabel motivasi karyawan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Hipotesis Alternatif yang ketiga, variabel Pemberian Insentif berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan. Pengujian pengaruh tidak langsung Pemberian Insentif berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Karyawan melalui Motivasi sebagai variabel mediasi. Dari hasil estimasi data menunjukkan bahwa Pemberian Insentif secara tidak langsung melalui Motivasi sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keryawan, hal ini menunjukkan bahwa Pemberian Insentif relitif mampu meningkatkan Kinerja Karyawan melalui Motivasi sebagai variabel mediasi.   Kata Kunci: Motivasi Kerja, Pemberian Insentif, Kinerja Karyawan.     ABSTRACT   This research was conducted to determine whether work motivation and incentives affect employee performance with work motivation as an intermediary variable at PT. Global Office Makara Engineering Site Sungai Lilin. The research sample uses the Slovin formula. The research questionnaire was given to employees of the Global Makara Engineering Office Sungai Lilin. The research data were estimated and analyzed using an inferential statistical approach using the Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method based on Variant Base Structural Equation Modeling and data estimation media using the SmartPLS Statistics Application Version 3.2.9. The first alternative hypothesis, employee incentives significantly affect employee motivation. The second alternative hypothesis, employee motivation variables significantly influence employee performance. The third alternative hypothesis is that the Incentives variable has a significant effect on employee performance. Testing the indirect effect of giving incentives has a significant effect on employee performance through motivation as a mediating variable. From the results of data estimation, it shows that giving incentives indirectly through motivation as a mediating variable has a significant effect on employee performance. This shows that giving incentives is relatively able to increase employee performance through motivation as a mediating variable.   Keywords: Work Motivation, Providing Incentives, Employee Performance.
Analisis Komparatif Kinerja Keuangan Dengan Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA) Dan Metode Market Value Added (MVA) Pada Perusahaan Subsektor Batu Bara Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Saladin, Hendry; Lilianti, Emma; Kurbani, Adie; Tritama, Efran Yulandha
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.12719

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis perbedaan Kinerja Keuangan dengan metode Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) melalui variabel mandiri Kinerja Keuangan. Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dibidang subsektor batu bara dan terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling dengan kriteria perusahaan subsektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan telah menerbitkan Laporan Keuangan Tahun 2020, jumlah sampel sebanyak 18 perusahaan. Teknik analisis data penelitian menggunakan metode komparatif dengan Test of Homogenity of Variances dan Parametric Statistic One Way Anova yang kemudian diteruskan dengan menggunakan Non Parametric Statistic Kruskal Wallis. Hasil uji hipotesis menyimpulkan bahwa nilai signifikan yang diperoleh dari Test of Homogenity of Variance sebesar 0,007 atau kurang dari 0,05 yang berarti hipotesis nol ditolak dan terdapat perbedaan perusahaan sehingga dugaan yang digunakan untuk Parametric Statistic One Way Anova yaitu terdapat persamaan varian berlaku dan pengujian hipotesis tidak dapat dilakukan yang kemudian diteruskan dengan Non Parametric Statistic Kruskal Wallis yang mana sebagai pengganti dari Parametric Statistic One Way Anova dan memperoleh nilai signifikan sebesar 0,776 atau lebih besar dari taraf nyata 0,05 yang berarti hipotesis nol diterima dan tidak terdapat perbedaan secara signifikan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) pada perusahaan subsektor batu bara yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Kata Kunci : Economic Value Added, Market Value Added, Kruskal Wallis ABSTRACT This study aims to test the hypothesis of differences in Financial Performance with the method of Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) through the independent variable Financial Performance. The population of this study are companies engaged in the coal sub-sector and listed on the Indonesia Stock Exchange. The sampling technique is purposive sampling with the criteria of coal sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange and having published the 2020 Financial Statements, the number of samples is 18 companies. The research data analysis technique uses a comparative method with the Test of Homogeneity of Variances and Parametric Statistics One Way Anova which is then continued using Kruskal Wallis Non Parametric Statistics. The results of the hypothesis test conclude that the significant value obtained from the Test of Homogenity of Variance is 0.007 or less than 0.05, which means the null hypothesis is rejected and there are differences in companies so that the assumptions used for Parametric Statistics One Way Anova are that there are valid variance equations and hypothesis testing. cannot be done which is then continued with Kruskal Wallis Non Parametric Statistics which is a substitute for Parametric Statistics One Way Anova and obtains a significant value of 0.776 or greater than the 0.05 significance level which means the null hypothesis is accepted and there is no significant difference in Economic Value Added (EVA) and Market Value Added (MVA) for coal sub-sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange. Keywords : Economic Value Added, Market Value Added, Kruskal Wallis
Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SD Negeri Di Kecamatan Sematang Borang Wanda, Masagus Ahmad Ibrahim; Fitria, Happy; Mulyadi, Mulyadi
Jurnal Media Wahana Ekonomika Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023
Publisher : Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31851/jmwe.v20i2.12729

Abstract

ABSTRAK Pada penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif, untuk melihat/mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel independent/bebas dengan variabel dependen/terikat setelah melakukan uji hipotesis. Penelitian memakai adalah semua kepala sekolah dan guru, berjumlah 95 orang yang dijadikan sebagai populasi sekaligus sampel penelitian. Penelitian ini menghasilkan nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Di mana hasil ini mendukung hipotesis yang diajukan dimana terdapat pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru. Ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh regresi linier sederhana (Uji-t) yaitu (3.811 > 1.9863 atau thitung ttabel ), dan juga disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Hal ini sejalan dengan hipotesis yang telah diajukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara displin kerja terhadap kinerja guru. Hal ini ditunjukkan dari hasil yang diperoleh dari hasil regresi linier sederhana (Uji-t) yaitu diperoleh (2.842 > 1.9863 atau thitung ttabel ). Kemudian hasil regresi linier berganda (Uji-F) yaitu menunjukkan nilai Fhitung sebesar 16.439 lebih besar dari Ftabel 3.10 menyatakan kinerja guru dipengaruhi simultan variabel independen (kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja), dengan tingkat signifikansi senilai 0.000 <0.05. Berpengaruhnya kepemimpinan kepala sekolah dan disiplin kerja berkontribusi kepada kinerja guru bernilai 0,247 atau 24,7%. Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Disiplin Kerja, Kinerja Guru ABSTRACT The research uses descriptive analysis method with a quantitative approach, to see/find out whether there is an influence between the independent/free variables and the dependent/dependent variable after testing the hypothesis. The study used all school principals and teachers, totaling 95 people who were used as the population as well as the research sample. This study produces a regression coefficient value of the principal's leadership variable that has a significant effect on teacher performance. Where these results support the hypothesis put forward where there is a significant influence between the principal's leadership on teacher performance. This can be seen from the results obtained by simple linear regression (t-test), namely (3.811 > 1.9863 or tcount table), and also work discipline which has a significant effect on teacher performance. This is in line with the hypothesis proposed that there is a significant influence between work discipline on teacher performance. This is shown from the results obtained from the results of simple linear regression (t-test), namely (2.842 > 1.9863 or tcount ttable). Then the results of multiple linear regression (F-test), which shows an Fcount value of 16,439 greater than Ftable 3.10 states that teacher performance is influenced by simultaneous independent variables (leadership of the principal and work discipline), with a significance level of 0.000 <0.05. The influence of the principal's leadership and work discipline contributes to teacher performance worth 0.247 or 24.7%. Keywords: Principal Leadership, Work Discipline, Teacher Performance

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 22 No. 2 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2025 Vol. 22 No. 1 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2025 Vol. 21 No. 4 (2025): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2025 Vol. 21 No. 3 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2024 Vol. 21 No. 2 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2024 Vol. 21 No. 1 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2024 Vol. 20 No. 4 (2024): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2024 Vol. 20 No. 3 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2023 Vol. 20 No. 2 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2023 Vol. 20 No. 1 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2023 Vol. 19 No. 4 (2023): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2023 Vol. 19 No. 3 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2022 Vol. 19 No. 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 2 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2022 Vol 19, No 1 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2022 Vol 18, No 4 (2022): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2022 Vol 18, No 3 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2021 Vol 18, No 2 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2021 Vol 18, No 1 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2021 Vol 17, No 4 (2021): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2021 Vol 17, No 3 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2020 Vol 17, No 2 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2020 Vol 17, No 1 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2020 Vol 16, No 4 (2020): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2020 Vol 16, No 3 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2019 Vol 16, No 2 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2019 Vol 16, No 1 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2019 Vol 15, No 4 (2019): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2019 Vol 15, No 3 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2018 Vol 15, No 2 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2018 Vol 15, No 1 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2018 Vol 14, No 4 (2018): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2018 Vol 13, No 4 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, 4, Januari 2017 Vol 14, No 3 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2017 Vol 14, No 2 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2017 Vol 14, No 1 (2017): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2017 Vol 13, No 3 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2016 Vol 13, No 2 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2016 Vol 13, No 1 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2016 Vol 12, No 4 (2016): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2016 Vol 12, No 3 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2015 Vol 12, No 2 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2015 Vol 12, No 1 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2015 Vol 11, No 4 (2015): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2015 Vol 11, No 3 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Oktober 2014 Vol 11, No 2 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Juli 2014 Vol 11, No 1 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2014 Vol 10, No 4 (2014): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Januari 2014 Vol 10, No 3 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 3, Oktober 2013 Vol 10, No 2 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 10 No. 2, Juli 2013 Vol 9, No 4 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 4, Januari 2013 Vol 10, No 1 (2013): Jurnal Media Wahana Ekonomika, April 2013 Vol 9, No 3 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 3, Oktober 2012 Vol 9, No 2 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 2, Juli 2012 Vol 9, No 1 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 9 No. 1, April 2012 Vol 8, No 4 (2012): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 4, Januari 2012 Vol 8, No 3 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 3, Oktober 2011 Vol 8, No 2 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 2, Juli 2011 Vol 8, No 1 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 8 No. 1, April 2011 Vol 7, No 4 (2011): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 4, Januari 2011 Vol 7, No 3 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 3, Oktober 2010 Vol 7, No 2 (2010): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 7 No. 2, Juli 2010 Vol 5, No 1 (2008): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 5 No. 1, April 2008 Vol 3, No 4 (2007): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 4, Januari 2007 Vol 3, No 3 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 3, Oktober 2006 Vol 3, No 2 (2006): Jurnal Media Wahana Ekonomika, Vol. 3 No. 2, Juli 2006 More Issue