cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Intelektualita
ISSN : -     EISSN : 23545984     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini memfokuskan diri pada pengkajian ilmu bidang pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi Psikologi dan Konseling. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita" : 11 Documents clear
PENDIDIKAN DAMAI BERBASIS CULTURE DALAM MEWUJUDKAN MASA DEPAN ACEH Ainul Mardhiah
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitan ini adalah untuk menganalisis tantangan dan ancaman serta strategi pendidikan damai demi mewujudkan masa depan Aceh yang kondusif. Metode penelitian yang digunakan adalah DESKRIPTIF kualitatif dengan pendekatan studi kasus terhadap tantangan pendidikan damai di Aceh dalam mewujudkan masa depan generasi Aceh, data diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis dengan model miles dan huberman dengan mereduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan damai di Aceh dilakukan melalui syair dan lagu, pantun dan hikayat Aceh serta tarian-tarian. Seperti, tari Saman, Ranup Lampuan, tari Ranup Lampuan, tari Likok Pulo, dan Tarian Ranup Lampuan. pendidikan damai, terutama pendidikan yang berbasis budaya tradisional ikut tertantang dan terkadang menjadi ancaman serius dari kemajuan teknologi umumnya atau teknologi informatika pada khususnya, tantangan dan ancaman tersebut membutuhkan strategi tertentu, strategi Pendidikan damai dilakukan dalam Syair dan lagu, Hikayat dan Pantun, tari Saman, Ranup Lampuan, tari Ranup Lampuan, tari Likok Pulo dan tari Ranup Lampuan dengan memaksimalkan sosial budaya, Pendidikan damai dimasukkan ke dalam muatan lokal.Tantangan perdamaian di Aceh sangat komprehensif dan banyak dari persoalan Aceh yang belum terselesaikan.
DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Yusri M Daud
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan Islam  sudah mendapat prioritas utama masyarakat  muslim sejak awal perkembangan Islam di Nusantara,  sejalan dengan kegiatan pendidikan Islam yang lahir dan tumbuh sejalan dengan berkembangnya agama Islam di Indonesia.  Di samping karena besarnya arti pendidikan, kepentingan Islamisasi sangat berperan dalam mendorong umat Islam melaksanakan pengajaran, masa silih berganti  pendidikan terus berlanjut dengan usaha untuk meningkatkan  mutu pendidikan ternyata belum seperti diharapkan, sesungguhnya pendidikan Islan yang ideal adalah yang bisa memadukan  pemahaman dan penghayatan, dimana perpaduan ini  akan melahirkan  generasi  dalam kemampuan  intelektual dan spiritual secara seimbang.
KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM PEMBENTUKAN TEAMWORK PEMBELAJARAN DI MAS RUHUL ISLAM ANAK BANGSA, ACEH BESAR Basidin Mizal; Refereni Dewi
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepala madrasah memainkan peran yang sangat penting dalam memastikan keberlangsungan pembelajaran pada sebuah institusi pendidikan. Pada institusi pendidikan Islam, seperti madrasah, nilai kepemimpinan dari kepala madrasah diharapkan mampu meningkatkan proses dan hasil pembelajaran. Dalam merealisasikan visi dan misi madrasah, kepala madrasah harus bekerja sama dengan peran atau sosok lainnya, seperti wakil madrasah bagian kurikulum, guru dan tenaga pengajaran ke dalam sebuah kelompok (team) yang suportif. Bentuk kerjasama ini disebut sebagai teamwork. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu strategi dan langkah-langkah yang diambil oleh kepada madrasah di MAS Ruhul Islam Anak Bangsa (RIAB), Aceh Besar dalam membentuk teamwork pembelajaran untuk menjamin proses pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala MAS RIAB menerapkan beberapa strategi dalam membentuk teamwork pembelajaran, diantaranya: 1) menentukan pemilihan guru yang sesuai dengan latar belakang pendidikan; 2) menjadi penilai dan negosiator yang baik; 3) berperan sebagai penghubung dan pemecah masalah; 4) melakukan komunikasi langsung dengan kolega.
MANAJEMEN LEMBAGA PENDIDIKAN DAYAH Abdul Samad Usman; Abdul Hadi
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan sangat tergantung pada manajemen kelembagaannya, dalam istilah lain manajemen lembaga pendidikan mutlak diperlukan, adapun ruang lingkup manajemen meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Tahap pertama adalah perencanaan yang meliputi perencanaan tenaga kependidikan, tenaga pendidikan, peserta didik, kurikulum dan sarana prasarana. Tahap kedua adalah pengorganisasian semua elemen lembaga serta pembagian tugasnya masing-masing. Tahap ketiga adalah tahap pengarahan semua elemen untuk melaksanakan tugas sesuai fungsinya masing-masing-masing. Tahap keempat setelah pengarahan adalah pengawasan. Pengawasan dilakukan untuk memastikan semua perencanaan terlaksana dengan baik. Melihat pentingnya manajemen dalam sebuah lembaga, maka institusi pendidikan khususnya pendidikan dayah telah melakukan berbagai usaha manajerial kelembagaan. Setelah MoU Helsinky tahun 2005 kedudukan lembaga pendidikan dayah hampir sama dengan lembaga pendidikan resmi lainnya di Aceh. Dengan meningkatnya status dan kedudukan dayah, maka lembaga pendidikan dayah pun telah berupaya melakukan manajemen ke arah yang lebih baik sebagaimana halnya lembaga pendidikan resmi lainnya dan sekarang lembaga pendidikan dayah telah berada di bawah naungan Dinas Pendidikan Dayah Aceh dan sekarang pengelolaan dayah di Aceh menjadi tanggung jawab Pemerintah Aceh.
PERAN ARSIPARIS DALAM PENGELOLAAN KEARSIPAN DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KOTA BANDA ACEH sri rahmi; nurussalami nurussalami; Suhaira Suhaira
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Arsiparis adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggungjawab, wewenang, dan hak secara penuh oeh pejabat yang berwenang untuk melaksanakan kegiatan kearsipan. Efisiensi pengelolaan arsip secara baik yang menunjang kegiatan administrasi sering kali diabaikan. Hal ini disebabkan oleh paradigma yang selalu menempatkan bidang kearsipan sebagai bidang pinggiran diantara aktivitas-aktivitas kerja lainnya. Sehingga profesi arsiparis sampai saat ini belum banyak diminati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan arsip, mengetahui pembinaan arsip dan mengetahui faktor penghambat dan pendukung arsiparis dalam pengelolaan kearsipan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian tersebut yaitu terdapat kelemahan terkait pengelolaan kearsiapan yang mana tidak adanya sarana prasarana yang mendukung untuk arsip di kantor. Pengelolaan kearsipan dilakukan oleh masing-masing bidang dan tidak ada yang bertugas sebagai arsiparis. Faktor penghambat dan faktor pendukung arsiparis dalam pengelolaan arsip di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Banda Aceh. Pertama, faktor penghambat arsiparis yaitu kurangnya pemahaman pegawai tentang manajemen kearsipan/pengelolaan kearsipan dan terbatasnya sarana prasarana di kantor dinas tersebut. Kedua, faktor pendukung arsiparis yaitu adanya kesadaran akan arti penting arsip dan tersedianya sarana dan prasarana arsiparis.
PENCAPAIAN HASIL BELAJAR MANAJEMEN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF MOTIVASI MAHASISWA Ramli Abdullah
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahwa hasil belajar merupakan gambaran yang  berkaitan dengan  kemajuan atau perkembangan mahasiswa sejak dari awal mula mengikuti program perkuliahan  sampai saat  mereka mengakhiri program perkuliahan yang ditempuhnya. Jadi  hasil belajar dapat diketahui sesudah mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar dan mengalami perubahan tingkah laku. Dengan adanya suatu perubahan yang terjadi pada mahasiswa setelah mengalami pengalaman belajar dan itulah  disebut sebagai hasil belajar. Seseorang   mahasiswa yang memiliki motivasi belajar yang tinggi, mempunyai keinginan dan dorongan untuk belajar mata kuliah Manajemen Pendidikan,  Mahasiswa yang mempunyai keinginan dan dorongan untuk belajar suatu mata kuliah  dilandasi oleh adanya kebutuhan. Salah satu kebutuhan yang dekat dengan keberhasilan dalam belajar mata kuliah Manajemen Pendidikan adalah kebutuhan berprestasi.  Bahwa mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi, akan ditandai dengan keinginan berani untuk bersaing dan menerima umpan balik serta dorongan untuk selalu bertanggungjawab dan pencapaian tujuan.  Bahwa mahasiswa yang memiliki dorongan untuk bertanggungjawab dan pencapaian tujuan belajar, menjadikan peserta didik untuk selalu disiplin dan terarah dalam kegiatan belajar suatu mata pelajaran. Oleh karena itu mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar yang tinggi, akan memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan mahasiswa yang mempunyai motivasi belajar rendah. Dengan demikian, jika dalam meningkatkan hasil belajar suatu mata pelajaran, perlu adanya upaya peningkatan motivasi belajar mahasiswa. Motivasi yang direalisasikan dalam wujud tindakan, dan merupakan salah satu faktor yang dapat digunakan untuk memprediksi kemajuan belajar.
PENGELOLAAN PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PENUNJANG TERBENTUKNYA PERILAKU YANG BAIK Nurussalami Nurussalami
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan karakter selama ini lebih menekankan pada aspek pengetahuan dari pada aspek sikap dan aplikasinya. Fenomena pelajar tawuran dan pergaulan bebas menjadi bukti. Sekolah Islam berasrama dengan kurikulum khasnya dianggap berhasil mengelola pendidikan karakter akhlak mulia. Dalam pelaksanaan program dinyatakan efektif apabila hasil-hasil yang di capai sesuai dengan tujuan maka ada tiga prinsip yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan program pendidikan karakter ini. Ketiga prinsip tersebut yaitu prinsip efektivitas, efisiensi dan produktivitas. Efektif bila hasil pelaksanaan sesuai dengan tujuan. Sedangkan efisiensi lebih mengacu pada pelaksanaan yang sesuai dengan tujuan dan diiringi dengan biaya yang minimal atau biaya tetap namun hasil yang maksimal. Pada prinsip produktivitas menghendaki pelaksanaan program serta hasilnya dapat di ukur secara kuantitatif dan kualitatif minimal sesuai dengan tujuan. Setiap pelaksanaan program dan kegiatan penanaman nilai-nilai karakter ini hendaknya dapat ditunjukkan tentang hasil-hasil yang di capai. Monitoring dan evaluasi dilakukan terus menerus terhadap seluruh aspek kegiatan siswa. Keberhasilan ditandai adanya perubahan perilaku siswa seperti disiplin, rajin ibadah, taat, jujur, berprestasi dan tidak tawuran. Masyarakat makin percaya dan lembaga makin berkembang. Salah satu rekomendasi penelitian agar semua pemangku kepentingan komitmen terhadap rencana, menjadi contoh dan melakukan pembinaan terus menerus serta menjalin kemitraan.
PENGELOLAAN LAYANAN SIRKULASI PERPUSTAKAAN DALAM PENINGKATAN MINAT KUNJUNG PESERTA DIDIK DI SMAN 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR Ismail Anshari; Silviana Silviana
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan layanan sirkulasi perpustakaan merupakan proses pemberian bantuan atau penyediaan kebutuhan informasi kepada pengguna perpustakaan. Layanan sirkulasi perpustakaan sebagai layanan yang berhubungan langsung dengan pengguna perpustakaan harus dikelola dengan baik. Sehingga dapat meningkatkan minat kunjung peserta didik untuk mencari informasi di perpustakaan. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini adalah administrasi dalam layanan sirkulasi perpustakaan masih belum maksimal. Hal ini akan menyebabkan terhambatnya proses layanan sirkulasi perpustakaan yang akan memberikan dampak terhadap minat kunjung perpustakaan di sekolah tersebut. Penelitian ini diharapakan dapat memberikan kontribusi dalam penyelesaian permasalahan layanan sirkulasi perpustakaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala perpustakaan, staf perpustakaan, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa belum maksimalnya administrasi dalam layanan sirkulasi perpustakaan dalam peningkatan minat kunjung peserta didik ke perpustakaan. Hal ini disebakan anatara lain: pertama sumber daya manusia yang ditempatkan di perpustakaan masih terbatas. Kedua Sarana dan prasarana yang terkait dengan peningkatan minat kunjung belum memadai. Akibatnya dapat memperhambat layanan sirkulasi yang diberikan kepada peserta didik. Diharapkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dapat melanjutkan penelitian ini kearah yang lebih baik lagi.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 55 BANDA ACEH Anisatul Ulfa; Lailatussaadah Lailatussaadah; Raziah Raziah
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 55 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar pedoman observasi aktivitas guru dan siswa, lembar pedoman wawancara, dan tes. Hasilnya penelitian meliputi: penggunaan langkah-langkah metode SAS dapat berjalan dengan baik dan meningkatkan membaca permulaan siswa kelas I SD Negeri 55 Banda Aceh. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan membaca siswa yang tidak mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setelah melakukan Pembelajaran Jarak Jauh yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 70 dengan jumlah siswa 15 yang tidak mencapai KKM 10 siswa (66%) dan yang tuntas 5 siswa ( 33%). Hasil penelitian diketahui: (1) penerapan metode SAS pada penelitian ini berhasil dilaksanakan dan dapat meningkat menjadi lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dapat diketahui dari siswa yang semakin aktif dan meningkatnya kemampuan membaca siswa. Siklus I, sepuluh siswa sudah mulai menunjukkan rasa percaya dirinya dengan nilai rata-rata 67,2 serta persentase ketuntasan 40%. Pada siklus ke II siswa sudah mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata siswa 79,06 % dan persentase ketuntasan sebanyak 87%.
PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DALAM PENINGKATAN PELANGGAN DI SMKN 1 PASIE RAYA ACEH JAYA Tihalimah Tihalimah; Chairi Agusna
Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemasaran jasa pendidikan merupakan suatu pogram yang dilakukan oleh berbagai institusi pendidikan (sekolah) dalam upaya untuk meningkatkan pelanggan (peserta didik), di tengah banyaknya persaingan. Pemasaran atau promosi adalah suatu ranah yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Jadi, pihak sekolah harus menentukan strategi pemasaran yang luar biasa untuk mencapai keberhasilan lembaga pendidikan. Topik ini dipandang signifikan karena proses pemasaran jasa pendidikan juga mendukung sekolah dalam berkomunikasi dengan pelanggan dan meyakinkan pelanggan dengan cara menawarkan produk atau jasa yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan mendeskripsikan strategi, penerapan, masalah kendala dan pemecahan implementasi pemasaran jasa pendidikan dalam peningkatan pelanggan di SMKN 1 Pasie Raya. Penelitian ilmiah ini menggunakan metode kualitatif dengan megumpulkan data dari kegiatan observasi lapangan, wawancara terhadap sumber yang relavan, dan pengambilan dokumentasi dari tempat penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan salah satu personel sekolah yaitu waka kesiswaan, serta salah satu peserta didik SMKN 1 Pasie Raya.  Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pemasaran jasa pendidikan di SMKN 1 Pasie Raya bahwa: (1) menerapkan langkah-langkah strategi pemasaran dengan cara: identifikasi pasar, segmentasi pasar dan positioning, serta diferensiasi produk. (2) dalam penerapan pemasaran jasa pendidikan terlebih dahulu menentukan target dengan cara pemasaran internal (internal marketing) dan pemesaran eksternal (eksternal marketing). (3) Kendala yang dihadapi dalam proses pemasaran adalah tidak ada personel khusus yang mengelola di bidang pemasaran, serta minat masyarakat terhadap sekolah dengan pogram ATPH dengan alasan pertanian sudah tradisi. Peneliti berpandangan kajian ini adalah suatu hal yang harus diterapkan oleh setiap sekolah dalam mendukung keberhasilan pendidikan. Hasil penelitian ini bahwa pemasaran jasa pendidikan di sekolah sangat mempengaruhi dalam upaya meningkatkan pelanggan. Dengan adanya kegiatan pemasaran jasa pendidikan disekolah maka pelanggan akan mengetahui informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, dan pelanggan akan mengambil keputusan untuk menyekolahkan anaknya.

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 14 No. 1 (2025): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 13 No. 2 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol 13, No 2 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol 13, No 1 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol. 13 No. 1 (2024): Intelektualita: Journal of Education Sciences and Teacher Training Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Intelektualita: Journal Education Sciences and Teacher Training Vol 11, No 02 (2022): Jurnal Intelektualita Vol 11, No 01 (2022): Jurnal Intelektualita Vol 10, No 02 (2021): Jurnal Intelektualita Vol 10, No 01 (2021): Jurnal Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita Vol 9, No 01 (2019): Jurnal Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita Vol. 7 No. 01 (2018): Jurnal Intelektualita Vol 7, No 01 (2018): Jurnal Intelektualita Vol 6, No 02 (2018): Jurnal Intelektualita Vol 6, No 01 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 5, No 02 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 5, No 1 (2017): Jurnal Intelektualita Vol 4, No 2 (2016): Jurnal Intelektualita Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Intelektualita Vol 3, No 2 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol 3, No 1 (2015) Vol. 3 No. 1 (2015) Vol 2, No 1 (2014) Vol. 2 No. 1 (2014) More Issue