cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPGSDI
ISSN : 2443656     EISSN : 2549477     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal PGSD Indonesia mempublikasikan tulisan ilmiah dari karya penelitian dalam lingkup pendidikan dan pembelajaran Ke-SD-an.Dengan subjek penelitian siswa jenjang Sekolah Dasar. Setiap naskah ditelaah oleh mitra bestari yang dimintai secara khusus sesuai bidangnya.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia" : 10 Documents clear
MOTIVASI BERPRESTASI SEORANG SLOW LEARNER (STUDI KASUS PADA ANAK DI KELAS VI SDN BANGUNREJO 2 YOGYAKARTA) Purwaningsih, Nining
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan motivasi berprestasi seorang slow learner di kelas VI SDN Bangunrejo 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan pada April - Mei 2016. Subjek dalam penelitian ini seorang slow learner. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik yaitu dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi pada 12 sumber informan. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verivikasi. Bentuk uji keabsahan data pada penelitian ini yaitu keabsahan data, (1) credibility (validitas internal); (2) transferability (validitas eksternal); (3) dependability (reliabilitas); dan (4) confirmability (objektivitas). Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berprestasi seorang slow learner adalah; (1) Slow learner mengerjakan semua tugas menantang dan menjanjikan kesuksesan dengan cara memulai mengerjakan tugas dari yang mudah terlebih dahulu. Meskipun slow learner memiliki keterbatasan daya ingat dan pemahaman bahasa, slow learner tetap aktif bertanya namun hanya kepada GPK dan teman-temannya; (2) Slow learner lebih bersemangat ketika tugasnya mendapat kritik dan saran, sehingga slow learner lebih termotivasi dalam memperbaiki tugas. Bimbingan dari guru memotivasi slow learner menyelesaikan tugas yang belum selesai meskipun di waktu istirahat; (3) Kemampuan slow learner dalam mempertahankan karier yaitu dengan memperbaiki setiap kesalahan pada tugasnya yang dipengaruhi adanya pemberian motivasi secara langsung berupa dampingan dan arahan dalam mengerjakan tugas; (4) Usaha yang dilakukan slow learner dalam melakukan tugas lebih menantang dan sulit ketika tugas yaitu: (i)  aktif pada pembelajaran yang berkaitan dengan keterampilan tangan; (ii) menghabiskan waktu untuk istirahat ketika tugas belum selesai; dan (iii) bersosialisasi dengan baik terhadap teman-teman; dan (5) Slow learner dapat bekerja di mana ia dapat mengontrol hasilnya jika dampingan dan arahan dalam mengerjakan tugas. Ketika bosan dengan tugasnya, slow learner memilih tidur atau pun menggambar.   Kata kunci: Slow Learner, Motivasi Berprestasi
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA SISWA KELAS V DI SD 2 KADIPIRO KASIHAN BANTUL TAHUN 2015/2016 Nurhayati, Nurhayati
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPS dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas V di SD 2 Kadipiro Kasihan Bantul Tahun 2015/2016. Penelitian ini dilakukan di SD 2 Kadipiro Kasihan Bantul Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD 2 Kadipiro, yang terdiri dari 16 siswa putra dan 9 siswa putri. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan tes prestasi berupa evaluasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah nilai rata-rata dan persentase ketuntasan. Prosedur dalam penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus dimana tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus nilai rata-rata 34,08,pada siklus I meningkat menjadi 41,44, dan pada siklus II meningkat menjadi 68,96.  Sementara presentase ketuntasan belajar pada pra siklus yaitu 0%, meningkat di siklus I menjadi 28%, dan pada siklus IImeningkat menjadi 64% dengan KKM mata pelajaran IPS 71.   Kata kunci: Model pembelajaran tipe Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep, IPS.
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR EFEKTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD SE-GUGUS I SENDANGREJO MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016 Wulandari, Oliv Tika
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebiasaan belajar efektif siswa kelas V SD Se-Gugus I Sendangrejo Kecamatan Minggir Sleman tahun ajaran 2015/2016, untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Sendangrejo Kecamatan Minggir Sleman tahun ajaran 2015/2016, dan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar efektif terhadap  prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Minggir Sleman tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD Se-Gugus 1 Sendangrejo Minggir Sleman dengan menggunakan metode penelitian survey dan menggunakan teknik pengambilan sampel  secara proposional random sampling. Adapun jumlah populasi 89 siswa dan sampel yang diambil sejumlah 72 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuisioner, serta dokumentasi. Kesahihan dan kepercayaan dalam penelitian ini diperoleh melalui uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar siswa SD Se-Gugus I Sendangrejo Minggir Sleman Yogyakarta dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa variabel kebiasaan belajar efektif dilihat dari.mean empirik sebesar 57,09, sehingga kebiasaan belajar efektif siswa kelas V di SD Se-Gugus I Sendangrejo Kecamatan Minggir termasuk dalam kategori baik yaitu dengan persentase sebesar 62,50%. Variabel prestasi belajar matematika dilihat dari mean empirik sebesar 69,25, sehingga prestasi belajar matematika siswa kelas V di SD Se-Gugus I Sendangrejo Kecamatan minggir termasuk dalam kategori baik yaitu dengan presentase sebesar 43,06%. Serta Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan belajar efektif terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas V SD Se-Gugus I Kecamatan Minggir Kabupaten Sleman Yogyakarta Tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan nilai koefisien regresinya sebesar 1,144 dan nilai p sebesar 0,000, dan p < 0,05. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Matematika, Kebiasan Belajar Efektif
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS KELAS IV SD DONOTIRTO TAHUN AJARAN 2015/2016 Purwaningsih, Purwaningsih
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran, mengetahui tingkat kelayakan produk, mengetahui respon siswa, dan mengetahui peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran ular tangga berbasis pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan metode Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah yaitu, potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk (terbatas), angket respon siswa, ujicoba produk (kelompok besar), revisi produk, dan produk akhir. Penelitian ini dilaksanakan di SD Donotirto,Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta kelas 4, dengan melibatkan 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, kuesioner, observasi, dan wawancara tidak terstruktur. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran ular tangga berbasis pendidikan karakter berhasil dikembangkan melalui beberapa langkah, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk (terbatas), angket respon siswa, ujicoba produk (kelompok besar), revisi produk, dan produk akhir. Hasil kelayakan diperoleh dari penilaian 2 ahli materi dengan persentase 88% dan 85% dengan kategori sangat layak, ahli media persentase 87% dengan kategori sangat layak. Hasil dari respon siswa terhadap media pembelajaran pada uji terbatas diperoleh persentase 87% dengan kategori sangat menarik, sedangkan pada uji kelompok besar yaitu 93% dengan kategori sangat menarik. Selain itu siswa juga mampu menanamkan nilai-nilai karakter disetiap permainannya yaitu dari keempat aspek nilai jujur, disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab dengan perolehan nilai 81 masuk ke dalam kategori baik. Nilai rata-rata pretes 6,4, sedangkan rata-rata postes adalah 8,5. Dengan demikian, media pembelajaran ular tangga bebasis pendidikan karakter yang dikembangkan dianggap layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Ular Tangga, Pendidikan Karakter
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL Lestari, Sri
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SD 1 Pedes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 1 Pedes Sedayu Bantul yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 17 siswa dan perempuan sebanyak 11 siswa. Obyek penelitian ini adalah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% siswa sudah mencapai nilai KKM sebesar ≥ 75.Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Diketahui bahwa nilai pra siklus diperoleh persentase ketuntasan 32,14% dengan nilai rata-rata siswa 68,53. Siklus I persentase ketuntasan 42,46% dengan nilai rata-rata siswa 70 dan siklus II persentase ketuntasan mencapai 82,14 % dengan nilai rata-rata siswa 80,26. Kata kunci : Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Kels V SD.
PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD SE-GUGUS II KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 Pratamawati, Tiyas
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perhatian orang tua siswa kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2015/2016, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2015/2016 dan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penilitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul yang berjumlah 296 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 171 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angketdan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua beradapada kategori baik yaitu 66,08%. Hasil belajar matematika berada pada kategori baik yaitu 78,95%. Nilai koefisien regresi sebesar 0,479 dan Fhitung sebesar 44,747 dengan p sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Se-Gugus II Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul tahun pelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika, Siswa Kelas IV
PEMETAAN PERSEPSI GURU PADA PENERAPAN KEMBALI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI SEKOLAH DASAR SE-KECAMATAN SEDAYU Wahyuningsih, Tri
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaaan persepsi guru kelas, guru agama, guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes), serta guru secara keseluruhan pada penerapan kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar se-Kecamatan Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 266 guru Sekolah Dasar se-Kecamatan Sedayu dan sample penelitian ini adalah 162 guru Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sedayu yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Pearson Product moment, sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Spearman-Brown. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemetaan persepsi guru pada penerapan kembali Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Dasar Se-Kecamatan Sedayu untuk guru kelas sebesar 62%, guru agama sebesar 67%, guru Pendidikan, Jasmani,Olahraga, dan Kesehatan (Penjasorkes) sebesar 68%, serta secara guru keseluruhan sebesar 63%.   Kata kunci: Persepsi Guru, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Sekolah Dasar
PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TANJUNGHARJO NANGGULAN KULON PROGO Ardiana, Vivin
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2015 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tanjungharjo sebanyak 12 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan Rata-rata dan  Persentase ketuntasan. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80% apabila siswa sudah mencapai nilai KKM yaitu 64. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 59,17 dengan persentase ketuntasan 41,67% sebanyak 5 siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,7 dan persentase ketuntasan pada siklus I 66,67% sebanyak 7 siswa, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85,2 dengan persentase ketuntasan 100% sebanyak 12 siswa. Jadi model pembelajaraan kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan  prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo.   Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PENJUMLAHAN BERUSUN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENJUMLAHAN SISWA SEKOLAH DASAR Aji, Vivin Gustami
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan alat peraga penjumlahan bersusun matematika dan mengetahui kelayakan alat peraga matematika yang meliputi kevalidan, kepraktisan dan keefektifan alat peraga penjumlahan bersusun matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan siswa sekolah dasar. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development).Penelitian ini melalui tujuh prosedur dalam pengembangan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) mengumpulkan informasi, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk akhir. Teknik dan pengumpulan data: angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk alat peraga penjumlahan bersusun matematika layak untuk digunakan. Hasil kevalidan alat peraga matematika ditinjau dari aspek syarat pembuatan alat peraga berdasarkan ahli media menunjukkan skor 49 dengan kategori sangat valid. Hasil kepraktisan alat peraga matematika berdasarkan hasil angket guru menunjukkan skor 68 dengan kategori sangat praktis.  Hasil kepraktisan alat peraga matematika berdasarkan hasil angket siswa uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar menunjukkan skor 41 dengan kategori praktis dan 43 dengan kategori sangat baik. Alat peraga matematika dikatakan praktis karena alat peraga mudah untuk digunakan oleh guru dan siswa. Hasil keefektifan alat peraga matematika, dilihat dari nilai siswa pada uji coba kelompok kecil menunjukkan persentase pemahaman siswa mencapai 90% dengan kategori sangat efektif. Pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase pemahaman siswa mencapai 88% dengan kategori sangat baik. Hasil  peningkatan  nilai  pretest dan posttest secara signifikan  ditunjukkan  dengan  t hitung sebesar 17.648 lebih besar dibandingkan  dengan  t  tabel  dengan  derajat  kebebasan  21  dan  taraf  signifikansi 5%  yaitu  2.080,  terdapat  peningkatan  yang  signifikan  sebelum  dan  sesudah penggunaan alat peraga penjumlahan bersusun matematika.   Kata kunci: Pengembangan, Alat Peraga Matematika, Matematika
UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TEGALSARI PURWOSARI GIRIMULYO KULON PROGO Wibowo, Wahyu Ari
Jurnal PGSD Indonesia Vol 2, No 2 (2016): Jurnal PGSD Indonesia
Publisher : Prodi PGSD FKIP UPY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Purwosari Girimulyo Kulon Progo. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Purwosari Girimulyo Kulon Progo tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 11 siswa yang terdiri atas 5 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara, tes serta dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis deskriptif dengan menggunakan rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil Penelitian Tindakan Kelas pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH), diperoleh hasil bahwa nilai rata-rata evaluasi belajar siswa mengalami peningkatan dari yang semula sebesar 61,90 meningkat pada siklus I menjadi 75,09 dan meningkat menjadi 78,54 pada siklus II. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa meningkat dari 36,3% pada pra siklus menjadi 63,3% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 81,81%. Selain itu, aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 67,48% pada siklus I dan meningkat menjadi 76,65% pada siklus II. Dengan demikian membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan prestasi belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Tegalsari Purwosari Girimulyo Kulon Progo.   Kata Kunci: Prestasi Belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay (CRH)

Page 1 of 1 | Total Record : 10