cover
Contact Name
INTEKNA
Contact Email
intekna@poliban.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
intekna@poliban.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68" : 18 Documents clear
ANALISIS HUBUNGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI MAHASISWA FASILKOM UNSRI MELALUI METODE UJI CHI-SQUARE Yunus, Hedi; Barata, Gusti; Ibrahim, Ali
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemjauan Teknologi Informasi saat ini berjalan sangat cepat, hampira setiap elemen masyarakat memiliki kebutuhan akan Teknologi Informasi tak terkecuali mahasiswa. Semakin seringnya mahasiswa menggunakan Teknologi Informasi banyak yang menganggap dapat mengurangi fokus mereka terhadap perkuliahan karena banyaknya dampak negative. Penelitian ini digunakan untuk menguji hubungan antara penggunaan teknologi informasi terhadap peningkatan prestasi mahasiswa menggunakan metode Uji chi-square karena metode ini dapat menguji hipotesis tentang perbandingan antar frekuensi observasi dengan frekuensi ekspektasi yang di dasarkan oleh hipotesis tertentu pada setiap kasus atau data yang diambil untuk diamati. Dari uji Di dapat total responden 50 orang dari ruang lingkupnya yaitu Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, dan setelah di lakukan uji spss dan uji signifikansi dapat di hasilkan bahwa t hitung = 0.867 < t tabel = 9.488 itu artinya Ho nya di terima dengan begitu dapat kesimpulan bahwa tidak terdapat keterkaitan antara pemanfaatan TI terhadap tingkat prestasi akademik mahasiswa.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GO FOOD MELALUI VARIABEL KEPUASAAN Ahmaddien, Iskandar; Widati, Endah
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian bertujuan menjelaskan pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian di go-food. Metode penelitian yang digunakan adalah Analisa Jalur dengan menggunakan program SPSS Versi 24 dan AMOS Versi 23. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang di sebar kepada responden sebanyak 125 orang dengan menggunakan google form. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kualitas produk dan keputusan pembelian berpengaruh signifikan tehadap loyalitas pelanggan melalui variabel kepuasaan sedangkan kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan tehadap loyalitas pelanggan melalui keputusan pembelian. Implikasi penelitian Walaupun kualitas layanan tidak berpengaruh akan tetapi disaranakan tetap di pertahankan karena kualitas layanan meruapakan penunjang loyalitas pelanggan.
PENGEMBANGAN APLIKASI PERHITUNGAN KAVITASI TURBIN REAKSI Sudiar, Asrul; Heka, Akbar Ela; Cahyani, Rinova Firman
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kerusakan pada suatu turbin dapat disebabkan oleh beberapa penyebab, diantaranya kerusakan pada turbin karena kavitasi pada permukaan sudu-sudunya akibat adanya perbedaan tekanan antara tekanan hisap dan tekanan air dari tinggi jatuh air. Kesalahan perhitungan terhadap posisi letak atau lokasi penempatan turbin dapat saja terjadi dan akan mengakibatkan terjadinya kavitasi ini. Letak dari turbin harus berada pada lokasi yang tepat agar terhindar dari kavitasi. Jika turbin diposisikan diatas ketinggian dari permukaan tekanan isap maka kavitasi akan terjadi, oleh karena itu letak dari turbin harus pada posisi berada di bawah dari permukaan tekanan isap. Perhitungan pada hukum Bernoulli berlaku pada kondisi ini dan dapat dilakukan proses perhitungan untuk mendapatkan hasil yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat dan merancang suatu aplikasi (Engineering Software) yang akan mempermudah teknisi maupun praktisi dalam menghitung ketinggian permukaan turbin terhadap tekanan hisap yang dihasilkan pada saluran sehingga akan menghindari terjadinya kesalahan letak dari turbin yang dapat berakibat terjadinya kavitasipada turbin.
ANALISA REGRESI SPASIAL UNTUK DETEKSI FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEBERHASILAN KINERJA KOPERASI SYARIAH DI KOTA BANJARMASIN Handayani, Lusiana; Sari, Dewi Nur Indah
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan kondisi dan pengaruh wilayah Kota Banjarmasin terhadap tingkat keberhasilan kinerja koperasi syariah dan menjelaskan faktor-faktor seperti sumber daya manusia, modal, sistem dan peralatan yang mempengaruhi tingkat keberhasilan kinerja koperasi syariah di Banjarmasin. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis permodelan regresi yaitu Regresi Terboboti Geografis atau Geographically Weighted Regression (GWR). Pertumbuhan koperasi syariah di Banjarmasin tampaknya meningkat dari segi kuantitas tetapi tidak diikuti oleh kualitas karena koperasi syariah dengan status tidak aktif juga meningkat. Padahal koperasi syariah memiliki potensi yang sangat besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, hanya ada 13 koperasi syariah yang melayani 3.922.790 muslim di Banjarmasin dan sayangnya lokasi koperasi tidak tersebar merata di seluruh kabupaten. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ditemukan bahwa dari sudut pandang daerah ada dua variabel yang mempengaruhi keberhasilan koperasi syariah, yaitu wilayah masing-masing kabupaten dan penduduk muslim di setiap kabupaten
KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP PELAYANAN ADMINISTRASI AKADEMIK PADA JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN Padli, Padli; Pebrianto, Agus; Rustaniah, Rustaniah
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The goal of this research is to describe students need academic services during their study provided by administrative staff. Considering the huge numbers of universities, each universities should have their characteristics and competitiveness so that they could maintain their existence. Besides that they need to maintain their quality so that the students will be satisfied with the services provided, thus the vision and mission of the institution could be achieved. The purpose of this research is to know if quality service of academic administration staff at Business Administration Department POLIBAN has an impact to student satisfaction. The sample of this research comprised 200 POLIBAN students at Business Administration Department. The data of this research were collected during the 2018-2019 year. The analysis show that assurance is the only variable who has significant impact to student satisfaction.
ANALISIS PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA BERDASARKAN SELEKSI MASUK JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN Priyougie, Priyougie; Haq, Ahsanul; Iriawan, Sandra
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Seleksi penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Negeri Banjarmasin dalam beberapa tahun ini dapat dibagi dalam 2 (dua) jalur yaitu : (1) Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dan (2) Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK). Mahasiswa yang lulus dari kedua jenis jalur seleksi masuk mahasiswa tersebut akan mengalami perlakuan yang sama dalam proses pembelajaran, tidak ada kelas khusus, dan menempuh penilaian yang sama yang meliputi penilaian kehadiran, penilaian perilaku, penilaian tugas, penilaian ujian tengah semester dan penilaian ujian akhir semester untuk setiap mata kuliah yang diajarkan. Tingkat keberhasilan kedua kelompok mahasiswa tersebut dapat dilihat dari indeks prestasi (IP) yang diperoleh mahasiswa pada setiap akhir semester. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis perbedaan prestasi belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Banjarmasin yang masuk pada tahun akademik 2015/2016, 2016/2017 dan 2017/2018 antara jalur UMPN dengan jalur PMDK. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji statistik yaitu uji anova, dimana sebagai syarat menggunakan uji anova harus terlebih dahulu uji normalitas menggunakan One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji homogenitas menggunakan Test of Homogeneity of Variance dimana perhitungannya menggunakan software SPSS. Secara keseluruhan dari hasil uji beda antara IPK mahasiswa Akuntansi Poliban yang masuk dari jalur seleksi UMPN dan yang masuk dari jalur seleksi PMDK menyatakan bahwa tidak ada perbedaan prestasi di antara keduanya atau dengan kata lain bahwa prestasi belajar mahasiswa jurusan akuntansi yang berasal dari kedua jenis jalur seleksi masuk itu prestasinya sama saja atau tidak berbeda secara nyata
PERANCANGAN APLIKASI PERHITUNGAN PELEBURAN LOGAM DENGAN TANUR KUPOLA Kasim, Muhammad; Hermansyah, Hermansyah; Norhafani, Norhafani
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tanur kupola yang merupakan salah satu jenis dapur peleburan logam yang cukup populer. Pada penggunaan kupola sebagai tanur peleburan logam diperlukan pengetahuan tentang perhitungan-perhitungan dasar yang berkaitan dengan kapasitas peleburan, debit angin yang dibutuhkan, jumlah kokas yang diperlukan dalam persentase yang tepat dan pertimbangan lainnya yang dapat mempengaruhi optimasi penggunaan tanur kupola. Data yang diperoleh dari komunitas praktisi pengecoran logam Indonesia (HAPLI) menyebutkan setidaknya diperlukan enam langkah perhitungan yang berkaitan dengan perhitungan dasar tanur kupola diantaranya: perhitungan volume angin yang diperlukan berdasar hasil reaksi antara karbon dan oksigen, perhitungan volume angin berdasar kokas yang digunakan dengan memperhatikan diameter dalam kupola, jumlah kokas yang akan digunakan dan kandungan karbon dari kokas. Perhitungan kapasitas peleburan juga penting untuk dilakukan untuk mengetahui berapa ton logam yang dapat dileburkan perjamnya. Penelitian ini merancang suatu aplikasi perhitungan tanur kupola berupa program yang berjalan di lingkungan (Graphical User Interface). Program tersebut dirancang dengan compiler Delphi dan dapat berjalan di OS Windows. Program perhitungan ini diharapkan akan sangat membantu para teknisi maupun praktisi pengecoran logam sehingga dapat bekerja lebih baik dengan perhitungan yang akurat.
GREEN PRODUCT : PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK, PENGETAHUAN PEMBELIAN DAN PENGETAHUAN PEMAKAIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Rusniati, Rusniati; Rahmawati, Rini
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian secara simultan terhadap keputusan pembelian green product. Kemudian juga menganalisis pengaruh pengetahuan produk terhadap keputusan pembelian green product, pengetahuan pembelian terhadap keputusan pembelian green product dan pengetahuan pemakaian terhadap keputusan pembelian green product. Populasi penelitian ini adalah konsumen yang telah melakukan pembelian green product. Jumlah sampel sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan produk, pengetahuan pembelian dan pengetahuan pemakaian berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian green product. Pengetahuan produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian green product. Pengetahuan pembelian berpengaruh terhadap keputusan pembelian green product. Pengetahuan pemakaian berpengaruh terhadap keputusan pembelian green product.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI FARMASI BANDUNG Lukitasari, Lenni
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran asa dan kualitas layanan terhadap kepuasan mahasiswa S1 Farmasi di STFB. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah Simple Random Sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 277 responden. Penelitian dilaksanakan pada Perguruan Tinggi Swasta bidang Farmasi di Kota Bandung. Alat analisis yang digunakan adalah Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Bauran Pemasaran Jasa dan Nilai Pelayanan berada pada kategori cukup baik, Kepuasan mahasiswa berada pada kategori cukup baik. (2). Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan besaran pengaruh 81,6%. (3) Secara parsial Bauran Pemasaran Jasa dan Kualitas Layanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Mahasiswa dengan besaran pengaruh masing-masing sebesar 35,8% dan 57,7%. Sedangkan korelasi bauran pemasaran jasa dengan kualitas layanan sebesar 85,9 %, Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan dibandingkan dengan bauran pemasaran jasa. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi awal untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kepuasan mahasiswa STF Bandung.
ANALISIS HUBUNGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI PENUNJANG PRESTASI MAHASISWA FASILKOM UNSRI MELALUI METODE UJI CHI-SQUARE Hedi Yunus; Gusti Barata; Ali Ibrahim
INTEKNA informasi teknik dan niaga Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68
Publisher : P3M Politeknik Negeri Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemjauan Teknologi Informasi saat ini berjalan sangat cepat, hampira setiap elemen masyarakat memiliki kebutuhan akan Teknologi Informasi tak terkecuali mahasiswa. Semakin seringnya mahasiswa menggunakan Teknologi Informasi banyak yang menganggap dapat mengurangi fokus mereka terhadap perkuliahan karena banyaknya dampak negative. Penelitian ini digunakan untuk menguji hubungan antara penggunaan teknologi informasi terhadap peningkatan prestasi mahasiswa menggunakan metode Uji chi-square karena metode ini dapat menguji hipotesis tentang perbandingan antar frekuensi observasi dengan frekuensi ekspektasi yang di dasarkan oleh hipotesis tertentu pada setiap kasus atau data yang diambil untuk diamati. Dari uji Di dapat total responden 50 orang dari ruang lingkupnya yaitu Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya, dan setelah di lakukan uji spss dan uji signifikansi dapat di hasilkan bahwa t hitung = 0.867 < t tabel = 9.488 itu artinya Ho nya di terima dengan begitu dapat kesimpulan bahwa tidak terdapat keterkaitan antara pemanfaatan TI terhadap tingkat prestasi akademik mahasiswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 25 No 1 (2025): Jurnal INTEKNA, Volume 25, No. 1, Mei 2025 Vol 24 No 2 (2024): Jurnal INTEKNA, Volume 24, No. 2, Nov 2024 Vol 24 No 1 (2024): Jurnal INTEKNA, Volume 24, No. 1, Mei 2024 Vol 23 No 2 (2023): Jurnal INTEKNA, Volume 23, No. 2, Nov 2023 Vol 23 No 1 (2023): Jurnal INTEKNA, Volume 23, No. 1, Mei 2023 Vol 22 No 02 (2022): Jurnal INTEKNA, Volume 22, No. 2, Nov 2022: 76 - 162 Vol 22 No 01 (2022): Jurnal INTEKNA, Volume 22, No. 1, Mei 2022: 01 - 75 Vol 21 No 2 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 2, Nov 2021: 54 - 111 Vol 21 No 1 (2021): Jurnal INTEKNA, Volume 21, No. 1, Mei 2021: 1 - 53 Vol 20 No 2 (2020): Jurnal INTEKNA, Volume 20, No. 2, Nov 2020: 53 - 110 Vol 20 No 01 (2020): Jurnal INTEKNA, Volume 20, No. 1, Mei 2020: 01-52 Vol 19 No 1 (2019): Vol 19 No 1 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 1, Mei 2019: 1-68 Vol 19 No 2 (2019): Jurnal INTEKNA, Volume 19, No. 2, Nov 2019: 69-133 Vol 18 No 2 (2018): Vol 18 No 2 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 2, Nov 2018: 67-131 Vol 18 No 1 (2018): Vol 18 No 1 (2018): Jurnal INTEKNA, Volume 18, No. 1, Mei 2018: 1-66 Vol 17 No 2 (2017): Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 2, November 2017: 79-147 Vol 17 No 1 (2017): Jurnal INTEKNA, Volume 17, No. 1, Mei 2017: 1 - 78 Vol 16 No 2 (2016) Vol 16 No 1 (2016) Vol 15 No 2 (2015) Vol 15 No 1 (2015) Vol 14, No 2 (2014) Vol 14 No 2 (2014) Vol 14 No 1 (2014) Vol 14, No 1 (2014) Vol 13, No 3 (2013) Vol 13 No 3 (2013) Vol 13, No 2 (2013) Vol 13 No 2 (2013) Vol 13 No 1 (2013) Vol 13, No 1 (2013) Vol 12, No 2 (2012) Vol 12 No 2 (2012) Vol 12 No 1 (2012) Vol 12, No 1 (2012) Vol 11 No 2 (2011) Vol 11, No 2 (2011) Vol 11 No 1 (2011) Vol 11, No 1 (2011) Vol 10, No 2 (2010) Vol 10 No 2 (2010) Vol 9 No 2 (2009): Jurnal Intekna, Volume IX, Nomer 2, Nopember 2009 Vol 8, No 1 (2008) Vol 8 No 1 (2008) More Issue