cover
Contact Name
Risfaisal ris
Contact Email
risfaisal@unismuh.ac.id
Phone
+6282337038444
Journal Mail Official
risfaisal@unismuh.ac.id
Editorial Address
Btn Pelita Asri, Blok V.1, Kabupaten Gowa
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equilibrium: Jurnal Pendidikan
ISSN : 23392401     EISSN : 24770221     DOI : 10.26618/equilibrium
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh dunia . Sedangkan ruang publikasi keseimbangan jurnal adalah pada bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu terkini yang bersifat kontekstual sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan tesis/tesis/disertasi/hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Ekuilibrium Pendidikan telah bekerjasama dengan ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) . Jurnal ekuilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun : januari, mei, september.
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN" : 13 Documents clear
Penerapan Information & Communication pada Pembelajaran TIK di Era Society 5.0 Terhadap Motivasi Siswa Kelas X SMA AL Mubarok Kota Serang Ratna Suminar Suminar; Dewi Surani; Ade Fricticarani
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.11927

Abstract

Abstrak.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat pada era Society 5.0, baik dari sisi positif maupun negatif dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah kurangnya semangat dan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Al Mubarok, Kota Serang, terutama dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Para siswa belum sepenuhnya mengenal dan memahami perangkat lunak dan perangkat keras pembelajaran. Selain itu, adanya aturan larangan penggunaan handphone juga membuat siswa minim pengetahuan tentang Information Communication Technology (ICT), sehingga penggunaan media pembelajaran masih bersifat konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang relatif mudah. Subyek penelitian adalah siswa di SMA Al Mubarok, Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan penyebaran angket atau kuesioner. Data hasil penelitian diolah menggunakan program statistik SPSS Versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash (X) berpengaruh secara signifikan sebesar 219% terhadap motivasi belajar siswa (Y), yang menandakan bahwa media pembelajaran tersebut berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.Kata kunci: Information Communication Technology, Berbasis Macromedia Flash, Era Society 5.0, Motivasi Belajar Siswa.
Analisis Manajemen Sumberdaya Manusia Pendidikan Tinggi Berskala Kecil (Studi Kasus pada Sebuah Akademi Optometry di Jakarta) Karla Sasia; Ferry Doringin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.10670

Abstract

Manajemen sumber daya manusia yang efektif sangat penting untuk setiap organisasi, dan ini sangat penting dalam pendidikan tinggi. Hal ini karena manajemen sumber daya manusia tidak hanya menunjukkan kualitas dan prestasi lembaga, tetapi juga memainkan peran yang menentukan dalam menghasilkan lulusan yang berilmu dan berketerampilan tinggi. Namun, institusi pendidikan skala kecil seringkali mengabaikan aspek ini. Untuk mengatasi masalah ini, studi kasus kualitatif dilakukan di Akademi Optometri skala kecil. Kajian ini bertujuan untuk menganalisis kecukupan dan tingkat kompetensi sumber daya manusia utama akademi (yaitu dosen), mengidentifikasi proses pengembangan sumber daya manusia yang ada, dan menganalisis kendala yang dihadapi lembaga. Kajian menemukan bahwa Akademi A cukup memperhatikan bidang SDM, memiliki dosen yang berkompeten (meski dalam jumlah terbatas), melakukan proses pengembangan kompetensi dosen (termasuk memberikan studi lanjutan), dan mampu menganalisis kendala pengembangan. Studi kasus ini memberikan wawasan berharga bagi institusi, peneliti, dan dosen tentang kebutuhan mendesak untuk mengembangkan sumber daya manusia pendidikan tinggi, terlepas dari ukuran institusi.
Analisis Karakter Anak Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Tik-Tok Dan Youtube Sabrina Maudy Eka Pratiwi; Rani Agustina; Bahreysi Fitrah Addarany; Rian Damariswara
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.11378

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan ingin mengetahui:  1). aplikasi yang sering digunakan anak sekolah dasar antara aplikasi tik-tok dan youtube, 2). alasan kenapa menyukai aplikasi tik-tok dan youtube, 3). konten-konten apa yang digemari anak sekolah dasar di aplikasi tik-tok dan youtube, 4). dan karakter pada anak sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi tik-tok dan youtube. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan dari 10 responden terdapat 4 anak menyukai apliaksi tik-tok, 4 anak menyuakai aplikasi youtube dan 2 anak menyukai aplikasi tik-tok dan youtube. Alasan mereka menyukai aplikasi tik-tok atau youtube banyak mengatakan kedua aplikasi tersebut menyenangkan dan menghibur. Konten-koten yang digemari mereka antara lain, konten game, musik, tutorial memasak, video pembelajaran, drama komedi dan video-video random lainnya. Kemudian hasil analisis terhadap karakter anak di temukan perubahan karakter dan diperlukannya peranan orang tua. Sehingga peneliti berharap orang tua harus lebih mengawasi, membimbing, dan mengontrol anak dalam menggunakan handphone tertutama saat mengakses aplikasi tik-tok dan youtube.
Masyarakat dan Hukum Adat Di Kabupaten Buru Selatan: Studi Pada Suku alifuru Bipolo Syarifudin Hamzah; M. Tahir Kasnawi
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.12014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis  masyarakat  dan hukum adat yang ada pada masyarakat adat suku alifuru biplo di kabupaten Buru Selatan dengan pertanyaan penelitian bagaimana bagaimana pemahaman masyarakat adat suku alifuru bipolo terhadap hukum yang berlaku dan hukum adat yang mereka jadikan sandaran dalam kehiupan, serta untuk mengetahui sinegitas masyarakat adat dengan pemerintah setempat dalam persoalan hukum adat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik purposive sampling dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) kesadaran dan pengetahuan masyarakat adat suku alifru bipolo terhadap hukum yang berlaku di Indonesia sangatlah minim, dan mereka lebih terbiasa dengan hukum adat mereka. 2) pemerintah dalam penegakan hukum selalu memperhatikan aspek-aspek kulural dari masyarakat adat suku alifuru bipolo, serta berupaya untuk memberikan pemahaman terkait hukum dan keterbukaan dalam aspek pendidikan.
Perkawinan anak dan Ketahanaan Keluarga (Studi Pada Aktor Pernikahan Usia Anak di Desa Peradong Bangka Barat) Michael Jeffri Sinabutar; Rafiqa Sari; Tiara Ramadhani; Hidayati Hidayati
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.10763

Abstract

Setiap orang mempunyai hak dan kewajiban masing-masing sebagai warga negara, termasuk hak untuk menikah. Namun ada ketentuan yang harus dipatuhi dalam upaya pemenuhan hak yang adil dan setara. Dalam perkawinan, ketahanan keluarga menjadi unsur penting dalam upaya pemenuhan kesejahteraan keluarga. Secara yuridis Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1992 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga Sejahtera menyatakan bahwa ketahanan keluarga berfungsi sebagai alat untuk mengukur sejauh mana keluarga telah menjalankan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawabnya dalam mewujudkan kesejahteraan anggotanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana ketahanan keluarga pasangan yang menikah muda di Desa Perading Kecamatan Simpang Teritip Bangka Barat. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif sebagai upaya menggali motif menikah muda dan strategi menciptakan ketahanan keluarga. Hasil penelitian menunjukkan terdapat beragam persepsi tentang makna pernikahan, perbedaan pandangan terhadap masalah stunting, dan variasi strategi kelangsungan hidup keluarga dalam memenuhi kebutuhan ekonomi.
Analisis Self-Efficacy Mahasiswa Dalam Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka : Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Ali Imron Pasaribu; Mellyzar Mellyzar; Pipit Rahmah; Sri Rahayu Retnowulan; Islami Fatwa; Alda Sari; Zunawanis Zunawanis
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.11869

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan mengetahui self efficacy atau tingkat kepercayaan diri mahasiswa peserta program PMM 2. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 121 mahasiswa yang mengikuti program PMM 2 di seluruh Indonesia dengan rincian sebanyak 56 universitas asal dan 20 universitas penerima. Teknik yang digunakan dalam pengambilan data adalah survey menggunakan angket self efficafy yang disusun berdasarkan indikator Bandura. Data yang dikumpulkan kemudian dikategorikan dalam tiga klasifikasi, yaitu rendah, sedang dan tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa peserta PMM 2 masuk dalam kategori sedang. Sebanyak 79,34% mahasiswa peserta program PMM 2 memiliki self efficacy kategori sedang. Sedangkan sisanya sebanyak 9,09% memiliki self efficacy ketegori tinggi dan 11,57% masuk kategori rendah.
Gawai Naik Dango As A Material Of Respect To Ene' Daniang Dayak Bukit Tribe West Kalimantan Anjelinus Loi; Dismas Kwirinus; Heribertus Peri
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.12204

Abstract

The focus of this research examines the Gawai Naik Dango as a Respect Ceremony for Ene' Daniang of the Dayak Bukit Tribe of West Kalimantan. The topic of study is related to ritual issues and ceremonies of respect for Ene' Daniang as the Highest Being of the Bukit Dayak tribe. The gawai Naik Dango ritual ceremony is seen as a very important ceremony, it underlies all other ceremonies, both private and collective. All family members gather to hold the rituals of Nyangahatn Mati, Nyangahatn Ka' Sami, Nyangahatn Ka' Padarengan, Nyangahatn Ka' Dango Padi; they also held sacrifices and offerings to the Highest Being, Ene' Daniang through the intercession of the ancestors accompanied by singing and dancing, and culminating in a festive party together at the traditional house. The researcher uses descriptive qualitative methods and critical reading of texts, namely: (1) Cultural philosophy books related to understanding the concept of the Supreme Being; (2) Articles that concentrate on studying the concept of the Naik Dango traditional ceremony. The findings in this study are that the concept of the Highest Being, Ene' Daniang in the Bukit Dayak community, is embodied in customs, customary law, language, and art. In short, it is contained in every aspect of human life. They farm, for example, not only as a fulfillment of economic needs, but also as an implementation of Ene' Daniang's will and to bring back Ene' Daniang's actions to humans. Rice is a gift from Ene' Daniang which must be replanted from generation to generation through farming. The way to plant and harvest it does not just happen, but through various ceremonies (rituals), such as Ngawah, Ngalabuhatn, Ngaladakng Buntikng Padi, Ngabati, Ngaleko, Nabo' Panyugu Nagari, and Panyugu Tahutn or Naik Dango.
Peran Sukarelawan Terhadap Anak Putus Sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa Haeruddin Haeruddin; Muh Ilham; Mujizatullah Mujizatullah; Nur Inayati Saiful; Karina Arfany Arfah
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.10795

Abstract

Studi ini mendiskripsikan peran sukarelawan terhadap anak putus sekolah di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dalam menjelaskan secara komprehensif peran sukarelawan dengan mengambil lokasi penelitian di Kecamatan Patallassang. Data yang digunaka oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder dan tekni yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran sukarelawan sangat membantu bagi anak yang putus sekolah dengan memberi pengetahuan, pemahaman untuk tidak melakukan tindak kejahatan karena ketika malakukannya anak putus sekolah akan bermasalah dengan hukum. 2) Sukarelawan berkoordinasi dengan pemerintah setempat agar nantinya jika menemukan masalah dalam hal pembinaan, pihak pemerintah juga dapat membantu baik itu bantuan materi ataupun bantuan tenaga dalam hal pembinaan anak putus sekolah. 3) Sukarelawan memberikan pembinaan psikologi untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi anak-anak yang putus sekolah. Karena anak-anak yang tidak terdaftar secara resmi di sekolah formal, setiap harinya mereka hanya bekerja. 4) Sukarelawan melakukan pembinaan kepada anak putus sekolah dengan mengadakan berbagai kegiatan positif. 
Efek Pasca-Pencabutan Ppkm Di Pedesaan : Studi Kasus Tentang Perspektif Sosial Dan Kesehatan di Desa Sangiang, Kecamatan Wera, Kabupaten Bima Irdanyah Irdansyah Irdansyah; Muammar Iksan Iksan
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.11587

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui alasan serta dampak sosial-kesehatan pencabutan pembatasan sosail dan peran pemerintah. Metode Penelitian kualitatif berjenis fenomenologi untuk memahami situasi sosial disekitar dari pengalaman masyarakat. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik purposive sampling untuk penentuan responden penelitian dari perspektif pemerintah dan masyarakat. Keabsahan dan kredibilitas data divalidasi menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data mulai tahap pengumpulan, penyeleksian data atau coding, analisa data, tahap kesimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukan pembatasan sosial dicabut karena membatasi ekonomi, angka covid menurun, masyarakat bebas beraktivitas, pelayanan kesehatan mulai maksimal dan berobat dengan bebas meski sarana-prasarana kurang, bantuan dari pemerintah seperti Bantuan langsung tunai, Sembako dan Bantuan sosial
Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Membentuk Profil Peserta Didik sebagai Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kota Serang Setia Susanti Indriani; Ria Yuni Lestari; Ronni Juwandi
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v11i3.11360

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana implementasI projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam membentuk profil peserta didik sebagai pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kota Serang.  Metode yang digunakan adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dilakukanya pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Saat observasi berlangsung peran peneliti sebagai pengamat sehingga menjadi instrument kunci pada penelitian ini. Perihal wawancara, peneliti menentukan informan sebagai narasumber yang dianggap mengetahui hal yang dimaksud peneliti selama penelitian, informan yang telah ditentukan ialah Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum dan Kesiswaan, Guru sebagai Koordinator Projek dan Peserta didik kelas VII. .Analisis data yang dipergunakan yaitu reduksi data, selanjutnya penyajian data, terakhir menarik kesimpulan, keabsahan data yang diperoleh atas metode triangulasi data. Hasil yang  ditemui dari penelitian ini adalah 1) Kegiatan projek yang berjalan sesuai dengan gambaran pelaksanaan P5 yang ditetapkan Kemendikbudristek, 2)  Peserta didik yang terbentuk karakter pada dimensi Profil pelajar Pancasila tercermin pada perilaku peserta didik SMP Negeri 1 Kota Serang. 3) Dapat menghadapi tantangan yang ada dengan melakukan beberapa upaya yang tepat. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini bahwa SMP Negeri 1 Kota Serang sudah dengan baik dan sesuai harapan berdasarkan pada tujuan pendidikan dan pedoman untuk pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Page 1 of 2 | Total Record : 13


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 3 (2025): EQUILIBRIUM: JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 1 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 3 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2022): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 2 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): KEARIFAN LOKAL Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN Vol 4, No 2 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 4, No 1 (2016): PENYIMPANGAN SOSIAL Vol 4, No 1 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 2, No 1 (2016): EQUILIBRIUM Vol 3, No 2 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN More Issue