cover
Contact Name
Risfaisal ris
Contact Email
risfaisal@unismuh.ac.id
Phone
+6282337038444
Journal Mail Official
risfaisal@unismuh.ac.id
Editorial Address
Btn Pelita Asri, Blok V.1, Kabupaten Gowa
Location
Kota makassar,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Equilibrium: Jurnal Pendidikan
ISSN : 23392401     EISSN : 24770221     DOI : 10.26618/equilibrium
Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan jurnal peer-review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, merupakan jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk menyediakan forum untuk para peneliti, dosen, guru, praktisi, dan mahasiswa dari seluruh dunia . Sedangkan ruang publikasi keseimbangan jurnal adalah pada bidang pendidikan, sosial, budaya; isu-isu terkini yang bersifat kontekstual sebagai ilmu murni dan terapan; hasil penelitian (kualitatif, etnografi, fenomenologi, studi kasus), penilaian dan pengembangan tesis/tesis/disertasi/hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan di media lain. Jurnal Ekuilibrium Pendidikan telah bekerjasama dengan ASOSIASI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN Sosiologi dan Antropologi Indonesia (APPSANTI) . Jurnal ekuilibrium diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar, terbit secara berkala tiga kali dalam setahun : januari, mei, september.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN" : 17 Documents clear
Analisis Kebutuhan Pengembangan Media Pembelajaran Digital Bermuatan Budaya Bangka Belitung Untuk Siswa Sekolah Dasar ., Widiya; Juliyanti, Astrid; Hendrik, Maulina; Martahayu, Vika
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.18094

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan siswa dan pembelajaran sebagai dasar pengembangan media pembelajaran digital bermuatan budaya Bangka Belitung dari aspek kurikulum, peserta didik, proses pembelajaran, dan studi literatur yang relevan pada peserta didik sekolah dasar berdasarkan analisis kurikulum, karakteristik peserta didik, dan analisis kebudayaan Bangka Belitung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan informasi dan data dalam bentuk pedoman observasi, wawancara dan studi literatur. Subjek penelitian ini adalah guru kelas, kepala sekolah dan peserta didik di SD Negeri Kecamatan Pangkalanbaru. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dokumentasi, terdapat kebutuhan yang jelas untuk pengembangan media pembelajaran berbasis digital, khususnya pengembangan media pembelajaran digital yang diperlukan dalam penyampaian materi budaya Bangka Belitung, seperti rumah adat, pakaian adat, dan makanan tradisional, yang diintegrasikan dalam pembelajaran dengan berbagai mata pelajaran di sekolah dasar. Dengan penggunaan desain yang menarik dan interaktif, media ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi peserta didik, serta memperkenalkan kearifan lokal kepada generasi muda.
Strategi Adaptasi Masyarakat Kota Makassar Terhadap Bencana Banjir : Tinjauan Teori Fungsionalisme Struktural Arifin, Ibrahim; Arifin, Zulkifli; Ahmad, M. Ridwan Said
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.17461

Abstract

Banjir merupakan peristiwa yang mengalami peningkatan setiap tahunnya di Kota Makassar. Dalam menangani persoalan banjir tersebut, Kota Makassar menerapkan berbagai strategi adaptasi yang memungkinkan masyarakat untuk mengantisipasi bencana banjir dikemudian hari, atau bertahan sesaat dan sesudah banjir terjadi. Penelitian ini membahas strategi adaptasi masyarakat Kota Makassar terhadap bencana banjir dengan menggunakan tinjauan teori fungsionalisme struktural. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi tanpa partisipan, media sosial, dan data sekunder seperti berita dan laporan resmi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi adaptasi masyarakat terbagi menjadi tiga aspek utama: fisik, sosial, dan ekonomi. Meskipun Pemerintah Kota Makassar telah mengimplementasikan sejumlah strategi adaptasi, terdapat keterbatasan dalam upaya adaptasi kolektif. Masyarakat lebih cenderung menggunakan strategi adaptasi reaktif daripada proaktif, yang menunjukkan kekurangan dalam integrasi sosial dan koordinasi antar pemangku kepentingan. Disfungsi dalam fungsi sosial masyarakat dan kurangnya koordinasi antar pemangku kebijakan diinterpretasikan melalui lensa fungsionalisme struktural.
“Marriage Is Scary” : A Deconstructive Look at Gen-Z’s Perspectives on Marriage (Case Study of #MarriageIsScary Trend on TikTok Platform) Annisa, Tista Rizki; Asyahidda, Fajar Nugraha; ., Wilodati
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.18326

Abstract

The #MarriageIsScary phenomenon, widely discussed on social media, reflects Generation Z's fears and doubts about the institution of marriage. This study aims to reinterpret the meaning of marriage through a deconstructive approach based on Jacques Derrida’s social deconstruction theory, focusing on Gen-Z’s perceptions. Data were collected through documentation of netizens' comments in the form of screenshots responding to the trend on various social media platforms. Thematic analysis was conducted by categorizing data into initial codes, main themes, and sub-themes, visualized in a Sankey diagram. The results indicate that marriage is no longer perceived as the pinnacle of happiness but rather as a space filled with pressure, uncertainty, and burdensome social expectations. This study is further supported by literature reviews discussing Derrida’s social deconstruction theory and shifts in marital values in the context of digital society. The research concludes that Gen-Z’s fear of marriage represents resistance to the dominant normative narratives and idealization of marriage.
Pengaruh Pelatihan Finding Career Direction Terhadap Goal Setting Siswa SMA Putri, Jihan Tika; Ahyani, Latifah Nur
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.17886

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan Finding career direction dalam meningkatkan keterampilan penentuan tujuan karier pada siswa SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen kuantitatif dengan desain pre-test dan multiple post-test yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pelatihan dirancang berdasarkan teori penentuan tujuan dengan lima aspek utama, yaitu self-efficacy, importance, task complexity, goal commitment, dan feedback. Sebanyak 54 peserta dibagi rata menjadi dua kelompok dan diukur menggunakan skala penentuan tujuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor yang signifikan pada kelompok eksperimen dari tahap pre-test ke tahap post-test, serta kestabilan skor pada tahap tindak lanjut. Sebaliknya, pada kelompok kontrol tidak menunjukkan perubahan yang signifikan. Perubahan skor tersebut menunjukkan bahwa pelatihan efektif dalam meningkatkan kesadaran diri, komitmen, dan motivasi siswa dalam menentukan tujuan karier. Temuan tersebut menunjukkan bahwa pelatihan yang terstruktur dan berbasis pengalaman dapat memperkuat aspek-aspek penting dalam proses penentuan tujuan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pelatihan Finding career direction efektif dalam meningkatkan penentuan tujuan pada siswa SMA.
Refleksi Sosial Dalam Film Capernaum (كفرناحوم) Karya Nadine Labaki: (Kajian Sosiologi Sastra) Listiawati, Nurleli; Nurhasan, Muhammad; ., Khomisah
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.17983

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap refleksi sosial yang tergambar dalam film Capernaum karya Nadine Labaki melalui pendekatan sosiologi sastra. Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis berbagai persoalan sosial yang dialami tokoh utama, seperti kemiskinan, ketidakadilan terhadap anak, pernikahan dini, dan kelalaian orang tua dalam pemenuhan hak anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan pendekatan sosiologi sastra menurut teori Alan Swingewood yang melihat karya sastra sebagai cerminan kondisi sosial masyarakat. Teknik analisis data dilakukan melalui observasi film, pencatatan dialog penting, serta interpretasi konteks sosial yang terkandung dalam alur cerita. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capernaum merefleksikan realitas sosial masyarakat kelas bawah, khususnya anak-anak yang terpinggirkan dan tidak mendapatkan perlindungan hukum maupun sosial yang layak. Film ini juga menunjukkan pemberdayaan suara anak sebagai bentuk perlawanan terhadap ketidakadilan sosial yang selama ini terabaikan. Dengan demikian, Capernaum tidak hanya berfungsi sebagai karya seni, tetapi juga sebagai kritik sosial yang kuat terhadap kondisi struktural yang menindas.
Teaching Kids Fruit and Veggie Benefits through Media Book Design Cahyadi, Eky; Aryani, Dewi Isma
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.17642

Abstract

A healthy lifestyle is a habit that can be instilled from an early age. Consuming vegetables and fruits as a healthy lifestyle has many benefits for health and fitness. Vegetables and fruits play an important role in helping the growth and development of early childhood. This study is part of the design process carried out through a descriptive quantitative method approach. From the data collection carried out, it was found that early childhood has an interest in interactive and attractive media. One of the media in question is a book design with educational and interactive content. Book design media can be one solution that can anticipate the low interest of early childhood in Indonesia in consuming vegetables and fruits. Interactive educational books are the right media in providing knowledge and insight to early childhood because in addition to being informative, they are also equipped with useful interactive aspects. Introduction to shapes, colors, and information about vegetables and fruits can be packaged comprehensively in interactive book media. The ultimate goal of this interactive educational book is to increase the knowledge, insight, and interest of early childhood, especially 6-10 years old, in vegetables and fruits as part of their healthy lifestyle.
Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan Tata Rias dalam Mengurangi Pengangguran Usia Produktif di Kabupaten Enrekang Alvitriyanti, Devi; ., Suparman; ., Haerusman; ., Saidang; Hatta, M.
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.17905

Abstract

Productive age unemployment is a social problem that has a direct impact on community welfare and regional economic growth. In Enrekang Regency, the increase in unemployment rates from year to year shows that the efforts to overcome it have not been optimal, especially for people who are not absorbed in the formal workforce. This study aims to examine the effectiveness of make-up training as a community empowerment strategy in reducing productive age unemployment. This study is also expected to provide alternative solutions based on non-formal education that are in accordance with local potential. The method used is descriptive qualitative with data collection techniques through in-depth interviews, participatory observation, and documentation. The results of the study showed that make-up training had a positive impact on improving participants' skills, building motivation for entrepreneurship, and giving rise to the initiative to open make-up services independently. Participants showed high enthusiasm in the learning process and some began to practice their skills in the community. This training has been proven to not only improve technical skills, but also shape entrepreneurial mindsets and economic independence. Therefore, skills training based on local potential such as make-up can be an effective and sustainable alternative solution in overcoming productive age unemployment in the region.
Relasi Modal Sosial dan Efektivitas Administrasi Publik dalam Era Digitalisasi Hatta, M.; ., Suparman
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.18038

Abstract

Perkembangan era digital telah mendorong perubahan besar dalam administrasi publik di berbagai daerah, termasuk Kabupaten Enrekang. Namun, efektivitas pelayanan publik digital tidak hanya ditentukan oleh teknologi yang diterapkan, melainkan juga dipengaruhi oleh kekuatan modal sosial yang ada di tengah masyarakat. Urgensi penelitian ini terletak pada pentingnya memahami bagaimana kepercayaan, jaringan sosial, dan norma kolektif berkontribusi dalam mendukung keberhasilan digitalisasi pelayanan publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis relasi antara modal sosial dan efektivitas administrasi publik di era digital, serta memberikan manfaat berupa rekomendasi strategi berbasis sosial dalam memperkuat implementasi pelayanan publik digital. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di Kabupaten Enrekang pada Januari hingga Maret 2025. Jenis data yang dikumpulkan meliputi data primer, berupa hasil wawancara mendalam dan observasi partisipatif, serta data sekunder dari dokumentasi laporan resmi instansi pelayanan publik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk menjaga keabsahan data, digunakan teknik triangulasi sumber, teknik, dan waktu, serta dilakukan member checking kepada informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberadaan modal sosial yang kuat, berupa tingginya tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah, keterhubungan dalam jaringan komunitas, dan budaya gotong royong, secara signifikan mempercepat adopsi layanan digital. Sebaliknya, lemahnya modal sosial menyebabkan resistensi terhadap perubahan dan rendahnya efektivitas pelayanan. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan digitalisasi administrasi publik sangat bergantung pada kekuatan sosial masyarakat, sehingga strategi pembangunan modal sosial perlu menjadi bagian integral dalam transformasi pelayanan publik di era digital.
Pernikahan Anak Kabupaten Sinjai Ditinjau Dalam Perspektif Teori Pertukaran George Homans Awaru, A. Octamaya Tenri; Najamuddin, Najamuddin; Arifin, Jamaluddin
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.17780

Abstract

This study aims to analyze the phenomenon of child marriage in Sinjai Regency through the perspective of George Homans' exchange theory. This theory is used to understand how individuals and families make marriage decisions based on considerations of value and cost. The method employed in this research is a qualitative approach with in-depth interviews and participatory observation techniques, involving informants who are couples married under the age of 19, as well as their parents from various social and economic backgrounds. The results indicate that child marriage in Sinjai Regency is caused by three main factors: economic reasons, arranged marriages, and premarital pregnancies. The economic factor serves as the primary driver, where families view marriage as a solution to financial difficulties and a means to enhance social status. Arranged marriages, often influenced by cultural norms, also contribute to the decision to marry. Additionally, premarital pregnancies create social pressure that encourages individuals to marry as a form of responsibility. These findings reflect the fundamental principles of Homans' exchange theory, where individuals strive to maximize benefits and minimize losses in social interactions. Therefore, it is essential for the government and society to raise awareness of the negative impacts of child marriage and provide better alternatives, such as education and economic empowerment programs, to reduce the incidence of child marriage in Sinjai Regency.  
Implementasi Experiental Learning Pendidikan Progressive Oleh Kelompok Bermain Lentera Hati Untuk Mewujudkan Pendidikan Layak Anak Alathiyah, Siti Arin Nia; Parahita, Bagas Narendra
Equilibrium: Jurnal Pendidikan Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN
Publisher : Universitas Muhammadiyah Makassar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26618/equilibrium.v13i2.17958

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan praktik Kelompok Bermain Lentera Hati dalam mewujudkan pendidikan layak anak pada usia dini dengan menggunakan analisis teori experiental learning pendidikan progressive John Dewey. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kekerasan yang masih ditemukan dalam pola asuh terhadap anak sehingga pemenuhan terhadap hak-hak anak tidak sempurna khususnya di Desa Kesuben, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara kepada pihak yang terkait, observasi partisipatoris, dan dokumentasi. Untuk mengambil sample dalam penelitian ini digunakan teknik purposive sampling. Hasil dari analisis penelitian ini menunjukan kesesuaian data antara praktik pembelajaran yang dilakukan oleh Kelompok Bermain Lentera Hati dalam memenuhi pendidikan layak anak dengan teori experiental learning pendidikan progressive John Dewey. Pendidikan yang diberikan secara penuh memperhatikan perkembangan anak dari berbagai aspek. Kelompok Bermain Lentera Hati memberikan metode belajar diluar kelas dengan memberikan pengalaman bermakna yang sesuai dengan konsep dasar dari experiental learning itu sendiri. Kata Kunci : experiental learning, hak-hak anak, pendidikan layak anak   

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2025 2025


Filter By Issues
All Issue Vol. 13 No. 3 (2025): EQUILIBRIUM: JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 2 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 13 No. 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 13, No 1 (2025): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 3 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 2 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol. 12 No. 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 12, No 1 (2024): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 2 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 11, No 1 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 3 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 2 (2022): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN Vol 10, No 1 (2022): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 3 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 2 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 9, No 1 (2021): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 2 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 8, No 1 (2020): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 2 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 7, No 1 (2019): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 2 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 6, No 1 (2018): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 2 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 5, No 1 (2017): KEARIFAN LOKAL Vol 5, No 1 (2017): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 4, No 2 (2016): PENDIDIKAN Vol 4, No 2 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 4, No 1 (2016): PENYIMPANGAN SOSIAL Vol 4, No 1 (2016): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 2, No 1 (2016): EQUILIBRIUM Vol 3, No 2 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN Vol 3, No 1 (2015): EQUILIBRIUM JURNAL PENDIDIKAN More Issue