cover
Contact Name
Fera Tri Susilawaty
Contact Email
feralawata@gmail.com
Phone
+6287843836544
Journal Mail Official
jurnal.komunikasiuho@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25279173     DOI : 10.52423
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Halu Oleo, Kendari. Articles are written in Indonesian and English. Each text that is published will go through the verification and editing process by the editor and the articles will be reviewed using a double-blind review system by the partners who are competent in their field. This journal is expected to be a medium for researchers / writers who want to publish the results of their research so that it can become a reference for further studies related to the study of Communication and information. Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and popular culture. Also focus on studies of information and libraries including information literacy, information technology, digital library, librarian profession development, information management.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari" : 8 Documents clear
FENOMENA KEBERHASILAN HUBUNGAN ASMARA MELALUI APLIKASI KENCAN ONLINE TINDER: DARI JARI, TURUN KE HATI Andhika, Rifky; Julianti, Julianti
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (252.23 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.15536

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pergeseran kebiasaan dan budaya masyarakat Indonesia yang menjadi serba digital seiring dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin pesat. Perubahan tersebut menghadirkan adanya budaya baru dalam urusan mencari jodoh. Sejalan dengan tingginya ketertarikan dan minat netizen mencari pasangan di situs online, kini telah hadir berbagai macam aplikasi online yang berfokus pada pencarian pasangan hidup, salah satunya adalah Tinder. Saat ini, Tinder menjadi aplikasi kencan yang banyak disukai oleh netizen. Tidak sedikit masyarakat Indonesia berhasil menemukan pasangan hidupnya melalui Tinder. Penelitian ini membahas tentang bagaimana pola komunikasi serta pengalaman-pengalaman pengguna Tinder dalam menemukan pasangannya di aplikasi ini hingga akhirnya memutuskan untuk menjalin hubungan yang lebih serius. Penelitian ini menggunakan teori interpersonal communication dengan konsep: intimacy, passion dan commitment. Ketiga konsep tersebut kemudian dikonstrukan ke dalam bentuk pertanyaan dalam sebuah wawancara yang akan ditanyakan kepada informan. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk menggambarkan fenomena keberhasilan hubungan asmara melalui aplikasi Tinder disertai dengan informasi yang lebih detail. Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengguna Tinder berhasil menjalin hubungan yang lebih serius ke jenjang pernikahan setelah melalui proses yang cukup panjang hanya dengan diawali oleh adanya interaksi komunikasi secara bertahap melalui Tinder.Kata-kata Kunci: Kencan Online, Komunikasi Interpersonal, Keintiman, Komitmen, Tinder ABSTRACT This research was motivated by a shift in the habits and culture of Indonesian society which became completely digital in line with the increasingly rapid development of technology. These changes present a new culture of finding a mate. In line with the high interest of netizens looking for partners through online sites, there are various online applications that focus on finding a partner, such as Tinder. Currently, Tinder is one of favorite dating application by netizens. Many people have managed to find life partner through Tinder. This research discusses how the communication patterns and experiences of Tinder users in finding their partners until they finally decide to have a serious relationship. This study uses interpersonal communication theory with the concepts: intimacy, passion, commitment. The third concept is constructed into the form of interview questions that will be asked to informants. Researchers used a qualitative descriptive method in order to describe the phenomenon that describes the relationship as through the Tinder application with more detailed information. The findings obtained in this study are Tinder users have succeeded in establishing a serious relationship to the level of marriage after going through a long process only initiated by gradual communication interactions through Tinder. Keywords: Online Dating, Interpersonal Communication, Intimacy, Commitment, Tinder.
ANALISIS STRATEGI PEMULIHAN CITRA JOKOWI DALAM MENGATASI WABAH COVID-19 DI INDONESIA Mustafa, Mustafa; Abdullah, Assyari; Jayus, Jayus
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.377 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.15686

Abstract

Penyebaran wabah virus korona masih terus terjadi di berbagai negara. Indonesia adalah salah satu negara yang terpapar wabah, sehingga berdampak ke berbagai sektor kehidupan warganya. Presiden Jokowi menjawab berbagai kritikan terkait penanganan dan penanggulangan COVID-19 di Indonesia melalui wawancara khusus dengan Najwa Shibab dalam acara Mata Najwa di Trans 7 pada 23 April 2020. Dengan melakukan analisis retoris dan pendekatan restorasi citra Benoit, penelitian ini berusaha untuk melihat bagaimana strategi pesan pemerintah dalam menjawab berbagai tuduhan terkait COVID-19. Hasil penelitian menunjukkan Jokowi berusaha memoles citranya dengan melakukan beberapa strategi antara lain penyangkalan, serang penuduh, diferensiasi, kekalahan, kecelakaan, memperkuat, dan tindakan perbaikan. Jokowi dalam perbaikan citra pemerintah cenderung memakai strategi bertahana yakni memperbanyak strategi diferensiasi dan defeasibility, serta niat baik. Meski ada penyangkalan tetapi Jokowi juga menghindari menyerang para penuduhnya. 
KERANGKA CUSTOMER INTERFACE PADA WEBSITE ANCOL DALAM MENINGKATKAN CUSTOMER ENGAGEMENT Radhinda, Pitaloka Ayu; Irwansyah, Irwansyah
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (282.57 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.15510

Abstract

Keberadaan internet yang sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat ini kemudian melatarbelakangi fenomena peralihan komunikasi face to face menjadi komunikasi yang berlangsung secara digital atau disebut screen to face. Dalam dunia komunikasi pemasaran praktik internet marketing communication menjadi lebih relevan karena kegiatan pemasarannya dilakukan secara sistematis melalui komputer interaktif sehingga dapat menghubungkan para pelanggan online dengan suatu perusahaan melalui perangkat online lainnya. Proses komunikasi screen to face kemudian dijelaskan melalui konsep 8c’s framework of customer interface dan peneliti mengaitkannya dengan peningkatan customer engangement. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media komunikasi yang tampilannya dirancang sesuai dengan pelanggannya dapat membangun rasa keterikatan dan perilaku positif yang akan berdampak pada bisnis yang berjalan
GAYA KOMUNIKASI PENYIAR DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI RADIO Febriyanty, Fadilla Rizky; Oktavini, Femi
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.458 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.12734

Abstract

Dahlia merupakan radio nomor satu di Bandung yang mempunyai reputasi tinggi di antara radio lainnya, radio Dahlia lebih berfokus pada musik dangdut dangdut dan pop sunda yang menjadi trendsetter bagi pecinta musik dangdut di Kota Bandung dan sekitarnya, sehingga radio dahlia membuat program unggulannya yaitu Bandar Dangdut, suatu program radio tidak terlepas dari seorang penyiar yang biasa mencairkan suasana agar para pendengarnya menjadi antusias untuk mendengarkan program mereka, oleh karena itu kemapuan komunikasi yang baik harus di miliki seorang penyir, tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penyiar bandar dangdut dalam mempertahankan ekstitensi radio Dahlia, penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data menngunakan wawancara, obrsevasi, dan dokmuntasi, teori yang di gunakan yaitu logika pesan. Hasil dari penelitian ini yaitu terdiri dari faktor-faktor  logika pesan yaitu, Logika ekspresif, Logika konvensional dan Logika retorika. Proses komunikasi massa yang dilakukan penyiar radio Dahlia mampu menarik minat para pendengarnya, dengan ciri khasnya yang selalu menggunakan gaya nge-rap saat membawakan program acaranya, ini yang menjadikan radio Dhalia menjadi nomor satu dan terdepan di Kota Bandung.
MANAJEMEN KRISIS STUDY FROM HOME DAN KEBIJAKAN DI MASA NEW NORMAL Vebrianti, Seni; Hidayat, Dasrun
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (375.72 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.12538

Abstract

Kebijakan belajar dari rumah Study from Home (SfH) yang di keluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan salah satu upaya pencegahan penyebaran COVID-19 di Indonesia. Kebijakan SfH ini bertujuan agar siswa tetap menjalankan kegiatan pembelajaran meskipun dalam keadaan pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan program manajemen krisis yaitu SfH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Lokasi penelitian di Sekolah Dasar Kota Cimahi dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat, meliputi siswa, guru, dan orang tua. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen krisis dari kebijakan SfH yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Cimahi merupakan respon krisis secara situasional dan kondisional. Kekuatan dari kebijakan ini bahwa belajar bisa dimana saja dan kapan saja, melalui pembelajaran daring. Sedangkan kelemahannya terdapat ketidakmerataan penggunaan teknologi seperti kendala sinyal, penyampaian materi satu arah, dan orang tua secara kemampuan dan materi dalam mendidik anak di rumah belum siap. Pemerintah Kota Cimahi juga mempersiapkan strategi pembelajaran di era new normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kata-kata Kunci: COVID19; Manajemen Krisis; New Normal; Study from Home
STRATEGI KOMUNIKASI PARIWISATA WAKATOBI BERBASIS ONLINE PADA DINAS PARIWISATA KABUPATEN WAKATOBI Juwairiyah, Layli; Saidin, Saidin; Halika, La Ode Herman; Abdullah, Muhammad Zein
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.85 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.16121

Abstract

Tren kunjungan wisatawan pada pariwisata Wakatobi menurun baik untuk  wisatawan internasional/mancanegara maupun domestik. Strategi komunikasi onlinedengan fokuspada komunikasi pemasaran pariwisatadiperlukan untuk menyebarluaskan informasi tentang pariwisata Wakatobi.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis strategi komunikasi pariwisata Wakatobi berbasis onlinepada Dinas Pariwisata Kabupaten Wakatobi.Subjek penelitian adalah pegawai yang melaksanakan fungsi komunikasi pemasaran pariwisata pada instansi tersebut.Lima orang informan penelitian ditentukan secara purposive.Jenis data yang digunakan terdiri dari data kuantitatif dan kualitatif yang bersumber daridata primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dariwawancara melalui telepon dan studi dokumen. Teknik analisis data mencakup proses reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi pariwisata Wakatobi berbasis online pada Dinas Pariwisata yang mencakup iklan online, pemasaran email, pemasaran afiliasi, pemasaran media sosial, dan penawaran promosi penjualanbelum terlaksana secara optimal.Di antara kelima strategi komunikasi pariwisata berbasis online tersebut, yang sudah dilaksanakan baru iklan onlinedan pemasaran media sosial, sedangkan tiga metode lainnya yakni pemasaran email, pemasaran afiliasi, dan penawaran promosi penjualan belum diterapkan. Kata-kata Kunci:Strategi komunikasi; Pariwisata Wakatobi; Media online
KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA FISIP MELALUI PENGGUNAAN APLIKASI DATING TANTAN Untung, Jumi Fitri; Dilla, Sumadi; Fachruddin, Sutiyana
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.402 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.15621

Abstract

Proses komunikasi dilakukan lebih bebas, praktis, dan terbuka membuat pemilihan jodoh dapat berkembang dengan adanya media pencarian jodoh, antara lain aplikasi pencarian jodoh yang memberikan peluang yang sama antara perempuan dan laki-laki untuk memilih pasangan yang diidamkan. Proses komunikasi yang terjadi dalam aplikasi ini bersifat interpersonal dengan sistem swip e and match memudahkan mereka memilih ketika sudah memiliki ketertarikan. Bertemu dengan orang – orang baru untuk membina suatu hubungan yang berawal dari komunikasi interpersonal. penelitian ini memfokuskan membahas tentang bentuk hubungan interpersonal yang terbentuk melalui penggunaan aplikasi dating tantan, studi ini menggunakan data-data kualitatif dengan menggunakan teori penggunaan dan kepuasan oleh Katz,Blumer,dan Gurevtich. Penentuan Informan berjumlah sepuluh orang yang dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu, hasil dari penelitian ini hubungan intrpersonal yang terbentuk melalui tiga tahapun yaitu kenalan, pertemanan, dan hubungan pribadi, hadirnya aplikasi jodoh tentunya memberikan dampak bagi para pengguna untuk itu pengguna disarankan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan aplikasi jodoh dalam mencari teman ataupun pasangan. Kata-kata Kunci: Aplikasi Tantan; Pencarian Jodoh; Kencan; Komunikasi; Media Baru
STRATEGI KOMUNIKASI KOMUNITAS TRASH HERO KENDARI DALAM MENGKAMPANYEKAN GERAKAN PEDULI LINGKUNGAN DI KOTA KENDARI Arwan, Arwan; La Tarifu, La Tarifu; Saidin, Saidin
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 6, No 1 (2021): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (166.085 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v6i1.15711

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh komunitas Trash Hero Kendari dalam mengkampanyekan gerakan peduli lingkungan di Kota Kendari. Penelitian ini berlokasi Kota Kendari. Informan penelitian sebanyak 5 orang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling yakni memilih pihak-pihak yang dianggap mengetahui secara akurat topik-topik terkait permasalahan penelitian ini. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terdiri dari data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Starategi komunikasi yang dilakukan oleh komuitas Trash Hero Kendari menerapkan kombinasi dari elemen-elemen komunikasi Harold D Laswell. Penyampaian pesan memalui media sosial merupakan strategi utama yang digunakan oleh Trash Hero Kendari. Kata-kata Kunci: Strategi komunikasi; Komunitas; Trash Hero; Kampanye; Lingkungan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8