cover
Contact Name
Fera Tri Susilawaty
Contact Email
feralawata@gmail.com
Phone
+6287843836544
Journal Mail Official
jurnal.komunikasiuho@gmail.com
Editorial Address
Redaksi Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Gedung Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Universitas Halu Oleo. Kampus Hijau Bumi Tridharma, Anduonohu, Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93232
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 25279173     DOI : 10.52423
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Is a journal of scientific in the form of research results in communication and information science. This journal is published 4 times a year (January, April, July and October) published by the Laboratorium Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Halu Oleo, Kendari. Articles are written in Indonesian and English. Each text that is published will go through the verification and editing process by the editor and the articles will be reviewed using a double-blind review system by the partners who are competent in their field. This journal is expected to be a medium for researchers / writers who want to publish the results of their research so that it can become a reference for further studies related to the study of Communication and information. Scope of the Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi covers communication management, mass media (TV, Radio, Newspapers), public relations, marketing communications, political communication, organizational communication, cultural communication, online media and popular culture. Also focus on studies of information and libraries including information literacy, information technology, digital library, librarian profession development, information management.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari" : 11 Documents clear
PENGARUH IKLAN ASTRA HONDA MOTOR VERSI BERJUANG UNTUK YANG TERSAYANG #JALANINBARENG HONDA TERHADAP RESPON AFEKTIF KHALAYAK Nugraha, Muhammad Zahran; Nurfebiaraning, Sylvie
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.376 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.22197

Abstract

 Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Iklan terhadap Respon Afektif Khalayak pada IklanAstra Honda Motor Versi Berjuang Untuk yang Tersayang, #JalaninBareng Honda. Metode dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Untuk pengambilan sampling dilakukan dengan purposive sampling, dengan total responden sebanyak 400 responden dengan persayaratan responden berumur 17-24 tahun, pengguna media social Youtube, dan pernah menonton Video Advertising AHM, penyebaran kuisioner dilakukan dengan menggunakan Google Form dan disebarkan melalui media sosial penulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisi deksriptif dengan uji regresi linear sederhana, uji hipotesis, dan koefisiensi determinasi. Hasil uji hipotesis menunjukan bahwa teradapat pengaruh video advertising dengan respon afektif khalayak, hasil hitungan bernilai 1,960 dan nilai thitung adalah 30.485 maka dapat disimpulkan Ha diterima sehinga terdapat pengaruh Iklan (x) terhadap Respon Khalayak (y). Hasil analisis Korelasi didapatkan hasil 0,837 yang disimpulkan terdapat korelasi sempurna atau sangat kuat antara Iklan dengan Respon Afektif Khalayak Berdasar pada hasil perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Video Advertising berpengaruh terhadap Respon Afektif Khalayak sebsear 70,0%, dan sisanya yaitu 30,0% dipengaruhi factor lain yang tidak diteliti. Jumlah tersebut termasuk dalam kategori tinggi. Kata-kata Kunci: Video Advertising, Astra Honda Motor, Respon Afektif, Iklan
PERSUASI FITUR INSTAGRAM : STAY ON SCREEN Susilawaty, Fera Tri; Wardanhi, Sartika Sari; Sudirman, Faturachman Alputra; Halika, La Ode Herman
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (650.582 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.22539

Abstract

Abstrak Instagram tak henti berinovasi dengan mengeluarkan fitur-fitur baru yang membuat instagram semakin digemari. Kepopuleran instagram membuat penulis semakin penasaran mengenai media sosial ini. Maka, penulis menjadikan bahan riset untuk mengkaji keberadaan fitur-fitur instagram yang memiliki daya tarik untuk mempersuasi pengguna sehingga pengguna selalu berada pada laman instagram atau penulis ungkapkan dengan kalimat stay on screen. Riset ini juga ingin melihat fitur apa saja yang paling memiliki daya pikat dan alasan mengapa fitur tersebut memberikan pengaruh persuasi. Metode riset menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 288 orang. Beberapa data juga diambil melalui interview untuk memperoleh data kualitatif sebagai perbandingan untuk menyempurnakan hasil dari data analisis. Riset ini menunjukkan bahwa sebanyak 131 orang memilih IG story (instastory) sebagai fitur yang paling memberikan persuasi kepada mereka. 36 orang memilih IG TV, 39 orang memilih Feed, 35 orang memilih reels, 16 orang memilih direct massage (DM) dan 10 orang memilih fitur-fitur lainnya. Kata kunci : Persuasi; Instagram; fitur; screen
PENGGUNAAN BAHASA DAERAH SEBAGAI STRATEGI PENYULUHAN PADA PERWAKILAN BKKBN PROVINSI SULAWESI TENGGARA Sari, Dian Eka; La Tarifu, La Tarifu; Husain, M. Najib
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (647.306 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.21487

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui dan menganalisis penggunaan bahasa daerah sebagai strategi penyuluhan program keluarga berencana pada Kantor Perwakilan BKKBN (Badan Kependudukan dan keluarga Berencana Nasional) Provinsi Sultra. Penelitian ini dilakukan dengan informan 9 orang. Informan ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode analisis digunakan dengan model analisis interaktif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan bahasa daerah melalui  poster dan media sosial sebagai sebuah strategi komunikasi  yang digunakan oleh Penyuluh Keluarga Berencana dengan menggunakan pisau analitis dari asumsi teori difusi inovasi sebagai indikatornya maka ditemukan beberapa hal; pertama, pada tahap pengetahuan penggunaan bahasa daerah untuk menanamkan pemahaman pada akseptor maupun calon akseptor tentang program utama dari BKKBN. Kedua, untuk tahap persuasi bagaimana para PKB menujukan sikap yang perubahan terhadap sebuah inovasi, pada tahap ini masyarakat butuh aksi yang lebih dari sekedar poster saja. Makanya strategi dari PKB mengharuskan mereka untuk turun langsung ke masyarakat untuk memberikan pemahaman.Kata Kunci : Bahasa Daerah, Strategi Penyuluhan dan Keluarga Berencana.
RESEPSI AUDIENS PADA IKLAN TELEVISI KOMERSIAL Gafallo, M.Fadhil Yarda
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.044 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.23047

Abstract

Iklan Television Commercial Indonesia tidak terlepas dari manifestasi budaya Barat. Adanya manifestasi Barat pada khalayak disinyalir berdampak pada respons dan sikap khalayak terhadap pengetahuan bahkan objek sosial. Situasi tersebut membuat posisi iklan kontemporer menjadi sangat penting, mengingat pendistribusian iklan di tengah masyarakat Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemaknaan audiens terhadap iklan Oppo F 5 Capture the Real You. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai resepsi audiens dengan menggunakan paradigma penelitian kualitatif. Melalui wawancara mendalam penelitian ini menemukan informan penelitian berada pada posisi negoisasi. Keempat informan tidak sependapat secara utuh sama dengan apa yang ditampilkan mengenai figur Indonesia pada sosok Chelsea Islan dalam iklan Oppo F 5 Capture the Real You. Melainkan sependapat mengenai budaya Indonesia yang termanifestasikan pada bahasa dan wajah. Akan tetapi, kondisi lainnya juga tidak sependapat mengenai figur Indonesia pada sosok Chelsea Islan yang syarat akan nilai budaya Barat seperti bebas berekspresi, warna rambut kemerah-merahan, mempunyai kredibilitas, teknologi yang maju dan bagus secara estetika.
RAGAM BAHASA DALAM KOMUNIKASI VIRTUAL KELOMPOK PEMAIN GAME ONLINE POINT BLANK MELALUI MEDIA SOSIAL DISCORD UNTUK MENCAPAI KEMENANGAN Ramadhan, Ihsan; Puspita, Ratna; Nurhaliza, Wa Ode Sitti
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.565 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.22291

Abstract

Game online yang terhubung melalui jaringan internet mempertemukan para pemain yang berada di lokasi berbeda. Namun, para pemain ini bertemu untuk hobi dan tujuan yang sama, yakni menang. Karena itu, para pemain game online yang berada di lokasi berbeda ini pun kemudian membentuk kelompok untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini akan memfokuskan pada komunikasi para pemain game dalam sebuah kelompok yang sama melalui aplikasi tambahan Discord. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian yang digunakan adalah Etnografi virtual.  Penelitian ini dibuat dengan maksud mengetahui bagaimana penggunaan ragam bahasa kelompok pemain game online sebagai komunikasi dalam ruang virtual menggunakan aplikasi ketiga seperti Discord dalam mencapai tujuan untuk menang. Hasil dari penelitian ini menunjukan Komunikasi virtual yang terjadi di dalam Discord pada komunitas pemain game online Point Blank terjadi pada ruang publik, sehingga semua anggota bisa melihat pesan yang dikirim oleh anggota lainnya. Komunikasi virtual antaranggota yang terjadi kerap memuat bahasa-bahasa yang mengandung unsur ejekan ke sesama anggota lainnya, namun bahasa-bahasa ejekan yang digunakan tidak menggunakan bahasa yang vulgar atau frontal yang bisa mengarah pada tindakan cyberbullying ataupun penghinaan, lebih kepada bahasa ejekan yang halus tanpa mengandung unsur SARA dan hanya sekedar lelucon kepada sesama anggota komunitas.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMERINTAH DESA DALAM MENJAGA KELESTARIAN HUTAN MANGROVE DI DESA EELAHAJI, KABUPATEN BUTON UTARA SULAWESI TENGGARA Asmurti, Asmurti; Burhan, Samsi Burhan Samsi
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.909 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.23522

Abstract

Kelestarian hutan mangrove di Kabupaten Buton Utara semakin terancam seiring dengan perkembangan dan pembangunan kota. Selain itu besar juga dipengaruhi oleh kehidupan masyarakat yang sebagian besar berprofesi sebagai nelayan dan petani, di mana kehidupan mereka tergantung dari hasil tangkapan ikan, udang, kepiting, serta penjualan kayu bakar yang berasal dari mangrove. keberadaan hutan bakau ini terancam oleh perilaku masyarakat yang merusak lahan hutan seperti penebangan pohon yang dijadikan kayu bakar untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara. Sementara untuk menganalisis data dilakukan dengan model analisis interaktif dari Miles dan Hubermann (Sugiyono, 2011). Kesimpulan dalam penelitian ini : 1. Memberitahu. Pemerintah Desa Eelahaji melakukan kerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara yang salah adalah dengan dibuatnya papan informasi mengenai hal tersebut jika tidak diberikan jika melakukan penebangan mangrove secara ilegal. 2. Memotivasi. Adanya penyuluhan yang dilakukan oleh Pemerintah Desa melalui perangkat desa dalam hal ini ketua RT untuk melakukan motivasi kepada masyarakat Desa Eelahaji untuk terus berlanjut dengan cara menekan harga Hutan Mangrove yang akan digunakan untuk keperluan kayu bakar dengan beralih menggunakan minyak tanah dan gas elpiji dengan yang lebih terjangkau. 3. Mendidik. Pemerintah Desa Eelahaji melalui rapat desa melakukan penyuluhan kepada masyarakat dengan cara memberikan informasi kepada masyarakat terkait pentingnya menjaga kelestarian Hutan Manggrove dengan melakukan penanaman hutan sesuai kebutuhan dan bukan untuk menjadi sumber pendapatan.Kata-kata Kunci: Strategi; Komunikasi; Hutan; Mangrove
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH WOT BATU BANDUNG PADA MEDIA SOSIAL TIK TOK TERHADAP BRAND AWERENESS Wijayanti, Dede Tri Rizky; Putri, Berlian Primadani Satria
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (862.469 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.22198

Abstract

Saat ini TikTok merupakan salah satu media sosial yang digandrungi banyak orang, terbukti dengan aplikasi TikTok yang mengalami peningkatan unduhan pada kuartal pertama tahun 2020, dimana saat ini unduhan TikTok di seluruh dunia telah menembus 2 miliar unduhan. Kini TikTok divariasikan dengan berbagai konten lainnya, dengan bantuan hashtag #fyp. Konten dengan hastag #fyp ini bisa membuat Electronic Word Of Mouth di TikTok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh electronic word of mouth Wot Batu Bandung pada TikTok terhadap brand awareness. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dengan teknik analisis yang digunakan meliputi analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa electronic word of mouth berpengaruh terhadap brand awareness pada Wot Batu Bandung. Hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis uji-t. Dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel, karena thitung (30,882) > ttabel (1,966). Sehingga Ha diterima yang artinya ada pengaruh electronic word of mouth terhadap brand awareness Wot Batu Bandung. Dan berdasarkan koefisien determinasi, electronic word of mouth memiliki pengaruh sebesar 70,6% terhadap brand awareness Wot Batu Bandung.
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDUKUNG MAHASISWA PENDIDIKAN TINGGI JARAK JAUH Bintarti, Arifah; Rahardjo, Djoko
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.397 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.22101

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak besar pada berbagai sektor, salah satunya proses pembelajaran di perguruan tinggi jarak jauh. Tutorial online merupakan layanan pembelajaran yang dimanfaatkan oleh Universitas Terbuka. Selama pandemi, hampir semua orang mengakses internet sehingga kinerja teknologi dalam tutorial online menjadi lebih rendah. Kuantitas mahasiswa dalam mengikuti tutorial online cenderung meningkat namun kualitas aktivitas mahasiswa dalam mengakses tutorial belum optimal. Penelitian ini akan mengidentifikasi beberapa faktor penyebab belum optimalnya kualitas dalam mengakses tutorial online. Menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif berupa wawancara, dengan sampel sebanyak 118 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa membutuhkan media sosial untuk meningkatkan proses belajar mereka dalam tutorial online. Media Sosial akan digunakan sebagai media tambahan untuk berkomunikasi dalam pelaksanaan tutorial online. Kata-kata Kunci: pendidikan tinggi jarak jauh; media sosial; tutorial online
MODEL KOMUNIKASI PEMASARAN TERINTEGRASI DALAM PENGEMBANGAN BISNIS MEDIA BERKELANJUTAN Afriza, Eka Dana; Ariyani, Nafiah
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.622 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.22323

Abstract

Today, media business are faced with rapidly changing technology as well as in consumer preferences. However, until now there is no integrated marketing communication (IMC) framework that can guarantee the continuity of the media business. The purpose of this study is to review IMC models that are relevant to the media  business continuity in the future. To achieve this goal, a literature review for the period 2017-2021 was conducted to identify existing IMC models. Each model is evaluated for its feasibility in the context of the continuity of the media business. Eleven models were found and analyzed qualitatively. In the final result, three models were found and combined into one sustainable media integrated marketing communication framework. These three models are the Communication-in-use IMC (CIMC), the Sense, Inform, Respond (SIR), and the integrated view of IMC (IVIMC). Although the three models are comprehensive enough to represent the focus aspects (inside-out vs outside-in) and the temporal dimensions (business-as-usual and crisis), they are still incomplete because they still only sbusiness-to-consumer (B2C) models. The researcher asks for further research to formulate an IMC model that serves advertisers (business-to-business, B2B). This will make the resulting IMC framework more complete for media continuity.Keywords: integrated marketing communication, media business, business-to-business, business-to-consumer, business continuityPada masa kini, bisnis media dihadapkan pada perubahan teknologi media yang cepat serta perubahan dalam preferensi konsumen. Walau begitu, hingga sekarang belum ada kerangka komunikasi pemasaran terintegrasi yang dapat menjamin keberlanjutan bisnis media. Tujuan penelitian ini adalah meninjau model-model komunikasi pemasaran terintegrasi yang relevan dengan bisnis media dan keberlangsungan bisnisnya di masa datang. Untuk mencapai tujuan ini, sebuah tinjauan literatur periode 2017-2021 dilakukan untuk mengidentifikasi model-model komunikasi pemasaran terintegrasi yang telah ada. Setiap model dievaluasi kelayakannya pada konteks media dan keberlanjutan bisnis media. Sebelas model ditemukan dan dianalisis secara kualitatif. Dalam hasil akhir, tiga model berhasil ditemukan dan digabungkan ke dalam satu kerangka komunikasi pemasaran terintegrasi media berkelanjutan. Ketiga model ini adalah model Communication-in-use Integrated Marketing Communication (CIMC), model Sense, Inform, Respond (SIR), dan model integrated view of IMC(IVIMC). Walaupun ketiga model telah cukup komprehensif mewakili aspek fokus (inside-out vs outside-in) dan dimensi temporal (business-as-usual dan crisis), ketiga model masih belum lengkap karena masih melayani konsumen (business-to-consumer, B2C). Peneliti meminta adanya penelitian lebih lanjut untuk merumuskan model IMC yang melayani organisasi pemasang iklan (business-to-business, B2B) sehingga menjadikan kerangka IMC yang dihasilkan lebih lengkap bagi keberlanjutan bisnis media.Kata kunci: komunikasi pemasaran terintegrasi, bisnis media, bisnis ke bisnis, bisnis ke konsumen, keberlanjutan bisnis.
TEKNIK PARAFRASE UNTUK MENINGKATKAN JUMLAH TES ITEM PADA PROGRAM STUDI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TERBUKA Rahardjo, Djoko; Afriani, Afriani; Kosasih, Fauzy Rahman
Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi dan Informasi Vol 7, No 1 (2022): Edisi Januari
Publisher : Laboratorium Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Ha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.987 KB) | DOI: 10.52423/jikuho.v7i1.22104

Abstract

Di lembaga pendidikan, asesmen merupakan isu penting dalam upaya mengukur keberhasilan proses belajar siswa. Bank-soal sering mengalami kekurangan soal, terutama ketika buku-buku materi pokok baru diterbitkan sebagai bahan ajar. Jumlah item yang diperlukan dalam set pertanyaan tidak terpenuhi. Hal ini akan menurunkan kualitas asesmen. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan alternatif bank soal dalam memperbanyak butir soal dengan teknik parafrase. Tahapan penelitian meliputi membuat prosedur parafrase, mengujicobakan kepada beberapa penulis tes, menentukan kategori parafrase, dan memutuskan teknik mana yang sesuai untuk tes stem atau item pertanyaan tertentuKata-kata Kunci: Parafrase; butir soal; asesmen; tes berbasis teks 

Page 1 of 2 | Total Record : 11