cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
Pendidikan Kewarganegaraan
ISSN : 23032979.     EISSN : 25408712.     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan" : 12 Documents clear
KAJIAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIF UNTUK MEMPERKUAT PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR Yayuk Hidayah; Suyitno Suyitno
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12247

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  media pembelajaran berbasis interaktif untuk memperkuat profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini ialah kualitatif studi literatur. Hasil penelitian menunjukan jika media pembelajaran berbasis interaktif untuk memperkuat profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar dapat 1) Meningkatkan motivasi dalam pembelajaran dengan munculnya karakter mandiri sebagai bagian karakter dalam profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar. 2) Menjadi fasilitas dalam belajar aktif bagi siswa untuk memperkuat profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar ialah mengarah pada  kecendrungan kepemilikan komponen karakter yang baik. 3) Memudahkan siswa dalam memahami pembelajaran  untuk memperkuat profil pelajar pancasila di Sekolah Dasar ialah dengan munculnya karakter nalar kritis dan kreatif. Penggunaan media pembelajaran berbasis interaktif dapat membangun suasana pembelajaran yang kondusif dan menyenangkan.
PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG BUDI PEKERTI Adenita Damayanti; Muhammad Japar; Mohammad Maiwan
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12252

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengumpulkan data mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang budi pekerti dan dihimpun menjadi kesatuan yang utuh. Metode yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu Ki Hadjar Dewantara menegaskan bahwa pendidikan tidak terlepas dari kebudayaan dan kemerdekaan belajar, tujuan pendidikan tidak saja berbicara tentang membentuk peserta didik yang pintar namun juga harus berbudi pekerti, terdapat sistem trisentra pendidikan dan Trikon yang dapat diterapkan untuk membangun peserta didik yang cerdas dan berbudaya, dan adanya sistem among, pamong, ngemong dan trisakti jiwa yang baiknya digunakan oleh pendidik dalam membangun budi pekerti peserta didik. Gagasan Ki Hadjar Dewantara mengenai budi pekerti ini masih dapat diterapkan pada masa kini dengan beberapa penyesuaian. Pemikiran budi pekerti Ki Hadjar Dewantara baik untuk diterapkan karena berlandaskan kebudayaan dan memikirkan segala aspek perkembangan peserta didik. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara juga merupan pemikiran yang visioner dan memproyeksikan sebuah solusi dari tantangan yang akan dihadapi oleh suatu bangsa pada masa yang akan datang sehingga pemikiran ini baik untuk direvitalisasi.
IMPLEMENTASI MODEL BAHIMAT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR PADA MUATAN PKN Ari Hidayat; Fathul Jannah; Ni'matul Udzmah
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12248

Abstract

Permasalahan pendidikan di SD Islam Rahmatillah Banjarmasin pada muatan PKn disebabkan oleh strategi pembelajaran bersifat abstrak, teacher center, tidak bervariasi serta belum melibatkan kemampuan berfikir kritis. Akibatnya aktivitas, hasil belajar, keterampilan dan kemampuan siswa tidak berkembang secara optimal. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perbaikan mutu aktivitas guru, menganalisis peningkatan aktivitas serta hasil belajar siswa kelas IV setelah menerapkan model BAHIMAT (Problem Based Learning, Snowball Throwing, dan Make A Match) di SD Islam Rahmatillah Banjarmasin. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dilakukan selama 4 kali pertemuan. Data penelitian ini merupakan data kualitatif yang didapatkan dari observasi aktivitas guru dan siswa. Sementara, data kuantitatif didapatkan dari tes evaluasi. Analisis data penelitian menggunakan deskriptive analysis dan cross tabulation analysis yang dijabarkan dalam grafik, tabel dan interpretasi dengan persentase. Hasil Penelitian memperlihatkan bahwa kualitas aktivitas guru pertemuan I hingga IV meningkat dari 77,5% mencapai 97,5%. Aktivitas siswa pertemuan I sampai IV dari 31% menjadi 92%. Hasil belajar aspek kognitif dari 31% mencapai 92%. Hasil belajar aspek afektif dari 31% mencapai 100%, dan hasil belajar aspek psikomotorik dari 23% mencapai 92%. Disimpulkan bahwa model BAHIMAT mampu meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belaja secara signifikan.
ANALISIS DAMPAK AKTIVITAS PROYEK TAMBANG TIMAH Di PERAIRAN LAUT PULAU BANGKA TERHADAP HAK ATAS PEKERJAAN NELAYAN TRADITIONAL : Perspektif Inclusive Citizenship Krisna Adrian; Winarno Winarno; Rima Vien Permata Hartanto
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12253

Abstract

Diskursus mengenai persoalan aktivitas proyek tambang timah di Laut Pulau Bangka sangat penting untuk dikaji karena telah berdampak pada kehidupan nelayan tradisional. Tulisan ini menganalisa dampak-dampak yang ditimbulkan dari aktivitas proyek tambang timah di laut terhadap hak atas pekerjaan nelayan tradisional di Kelurahan Matras, Kabupaten Bangka ditinjau dari perspektif inclusive citizenship. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling dan snow ball. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Uji validitas terhadap data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode yang kemudian dianalisis menggunakan model interaktif. Penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas proyek tambang timah di Laut Pulau Bangka telah berdampak negatif terhadap hak atas pekerjaan nelayan tradisional. Dampak-dampak negatif tersebut yaitu: 1) kerusakan ekosistem laut, 2) terganggunya jalur mobilitas nelayan tradisional, 3) menjauhnya wilayah tangkap, 4) bertambahnya waktu dan kebutuhan modal melaut, 5) spesifikasi kapal menjadi tidak kompatibel untuk berlayar lebih jauh. 6) nelayan terpaksa terjebak dalam kondisi terikat pada hutang dengan tengkulak, 7) meningkatnya risiko keselamatan saat melaut. Aktivitas proyek tambang timah di laut menyebabkan kehidupan sosial masyarakat sekitar menjadi terpolarisasi.  Hal ini menjelaskan bahwa hak atas pekerjaan bagi nelayan tradisional di Kawasan Matras sangat terancam akibat aktivitas proyek tambang timah di laut. Berdasarkan perspektif inclusive citizenship, dampak aktivitas proyek tambang timah di laut terhadap hak atas pekerjaan nelayan tradisional menunjukkan bahwa praktik kewarganegaraan di Indonesia belum sepenuhnya inklusif. 
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SISWA TERHADAP LINGKUNGAN SEBAGAI WUJUD CINTA TANAH AIR Rabiatul Adawiah; Dian Agus Ruchliyadi; Susilowati Susilowati
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12249

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk  menyusun dan mengembangkan instrumen penilaian  sikap sosial siswa yang praktis, valid dan reliabel. Penelitian ini menggunakan  metode penelitian dan pengembangan (R&D), yang terdiri atas sembilan langkah, yaitu: 1) Potensi masalah, (2) Pengumpulan informasi dan studi literatur, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba terbatas, (7) Revisi produk, (8) Uji coba lapangan), (9) Revisi produk akhir, Penelitian dilakukan di SMPN 1 Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala. Pengumpulan data dilakukan dengan Teknik kuesioner. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menggunakan program SPSS versi 25. Setelah dilakukan uji validitas pada skala besar dengan sampel 200 orang siswa, validitas 24 butir  instrumen penilaian sikap siswa terhadap lingkungan memiliki tingkat kevalidan instrumen yang sangat baik dengan nilai di atas 0,138. Di samping valid, instrumen penilaian sikap siswa terhadap lingkungan juga memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi, dengan  nilai 0,876. Berdasarkan hal tersebut, 24 butir instrument tersebut dapat dinyatakan layak untuk menilai sikap siswa terhadap lingkungan.
UPAYA GURU PPKN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG EMPAT PILAR KEBANGSAAN DI SMAN 1 SITUJUAH LIMO NAGARI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA Yuhasnil Yuhasnil; Muhammad Romi
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PPKn dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap empat pilar kebangsaan di SMA N 1 Situjuah Limo Nagari Lima Puluh Kota. Penelitian ini meliputi bagaimana upaya guru PPKn dalam memberikan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan di SMA Negeri 1 Situjuah Limo Nagari dan apakah supervisi yang dihadapi guru dalam memberikan pemahaman kepada siswa tentang Empat Pilar Kebangsaan di SMA Negeri 1 Situjuah Limo Nagari . Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik investigasi data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, studi pustaka dan dokumentasi. Informasi penelitian ditentukan dengan purposive sampling. Untuk memastikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan data langka dengan reduksi langka, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya guru PPKn dalam memberikan pemahaman tentang empat pilar kebangsaan yaitu melalui pembelajaran di kelas serta mengadakan kegiatan ekstrakurikuler di SMA N 1 Situjuah Limo Nagari dan guru PPKn dilarang memberikan materi tentang empat pilar kebangsaan. yaitu kurangnya bahan ajar seperti buku bacaan dan kurangnya minat siswa untuk belajar pada mata pelajaran PPKn ini
EFEKTIVITAS METODE DEBAT DALAM PEMBELAJARAN KEWARGANEGARAAN DI PERGURUAN TINGGI Ferry Doringin; Theodorus Pangalila
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12250

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana persepsi mahasiswa terhadap upaya untuk membangun karakter lewat Pendidikan Kewarganegaraan, khususnya ketika menggunakan metode debat. Persepsi ini sangat penting karena sejumlah literatur mempertanyakan apakah nilai penting dari mata kuliah ini sudah diangkap dengan baik oleh mahasiswa. Juga, seberapa tinggi metode, terutama metode debat menunjang pencapaian tujuan pembelajaran. Menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif, peneliti mengukur persepsi mahasiswa terhadap urgensi mata kuliah, penggunaan metode, dan efektivitas metode debat. Kemudian, mahasiswa diminta menjelaskan alasan dari pilihan jawaban itu. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa mayoritas mahasiswa memberi nilai penting terhadap mata kuliah kewarganegaraan karena membentuk  nasionalisme dan identitas keindonesiaan, menilai tinggi metode interaktif yang mendorong sikap menggali dan menganalisis, khususnya metode debat dianggap mendorong mahasiswa beropini dengan argumnen yang kuat dan mendalam, dan dilatih untuk mempertahankan argumen tersebut.
ANALISIS PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PROGRAM PEMBUATAN AKTA KEMATIAN DI DESA BINCAU KECAMATAN MARTAPURA KOTA KABUPATEN BANJAR Erna Suriyani
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12246

Abstract

Pada penelitian ini, penulis ingin mengetahui sejauh mana pengaruh status sosial ekonomi terhadap tingkat partisipasi masyarakat dalam program pembuatan akta kematian di Desa Bincau, Kecamatan Martapura Kota, Kabupaten Banjar. Pendekatan yang digunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksplanatori dan data diproleh melalui wawancara terstruktur kepada  responden. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh tingkat pendidikan terhadap partisipasi masyarakat dilihat dari pengetahuan masyarakat  tentang akta kematian dan pelaksanaan pembuatannya, namun tidak ada pengaruh  terhadap partisipasi dilihat dari pemahaman masyarakat  pada proses pembuatannya, cara memproleh Informasi, dan kesadaran masyarakat akan manfaatnya. Penelitian juga membuktikan adanya pengaruh pekerjaan terhadap partisipasi masyarakat dilihat dari pengetahuan masyarakat  tentang akta kematian, pemahaman  proses pembuatannya, kesadaran masyarakat mengenai manfaatnya baik signifikan 1% maupun 5%, dan dari pelaksanaan pembuatannya hanya pada signifikansi 5%, namun tidak ada pada 1%. Disamping itu juga tidak ada pengaruh dilihat dari cara memproleh informasi  pada signifikansi 1% maupun 5%. Untuk pendapatan terbukti ada pengaruh terhadap partisipasi dilihat dari pengetahuan masyarakat tentang akta kematian, namun tidak ada pengaruh pada empat sub indikator lainnya. Dari hasil penelitian tersebut, dianjurkan agar instansi yang berwenang memberikan pengetahuan tentang program pembuatan akta kematian berupa sosialisasi kepada masyarakat, terutama kepada yang berpendidikan rendah dan pekerjaan seperti petani, buruh, dan  tidak bekerja
Efektivitas Penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Hukum Adat Berbasis Kearifan Lokal masyarakat Sumatera Selatan Sri Artati Waluyati; Sulkipani Sulkipani; Dianty Puspa; Gentasury Melati Putri Leonardi Indriani
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.12251

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Buku Ajar Hukum Adat Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Selatan yang telah dikembangkan sebelumnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang mencoba untuk menguraikan dan mendeskripsikan nilai angka yang didapatkan dalam sebuah deskripsi.  Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes, yang terdiri atas pre dan post test. Tes diberikan untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap materi yang diberikan sehingga dapat dilihat tingkat efektivitasnya. Selanjutnya, data akan dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan analisis nilai gain. Setelah dilakukan penelitian dengan mengacu pada perbandingan nilai pre dan posttest maka didapatkan nilai gain sebesar 0,64 dan masuk dalam kategori sedang dan jika di persentasekan sebesar 64% dan masuk dalam kategori cukup efektif. Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa penggunaan Buku Ajar Mata Kuliah Hukum Adat Berbasis kearifan Lokal Masyarakat Sumatera Selatan dalam proses pembelajaran cukum efektif.
DEGRADASI NORMA HUKUM DALAM KEBIJAKAN PENGUPAHAN TERHADAP PEKERJA/BURUH DI INDONESIA Zainul Akhyar; Suroto Suroto; Muhammad Elmy
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
Publisher : Prodi PPKn ULM dan AP3KnI Kal-Sel

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20527/kewarganegaraan.v11i2.14259

Abstract

Degradasi norma hukum dalam kebijakan pengupahan bagi pekerja/buruh di Indonesia bermula dari penerjemahan UUD 1945 Pasal 33 ayat (3) tentanbg upah dengan hidup layak secara kemanusiaan, yang diturunkan ke dalam UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003. Dalam undang-undang tersebut upah layak diterjemahkan sebagai upah minimum, dan upah minimum dimaknai “diarahkan” untuk mencapai hidup layak, bukan berdasar hidup layak. Kebijakan pengupahan di Indonesia memperlihatkan adanya degradasi norma dalam perundangundangan tentang sistem pengupahan pekerja/buruh. Norma dalam konstitusi (UUD 1945) diturunkan ke dalam peraturan yang lebih rendah derajatnya menunjukkan tidak konsisten. Terjadinya keadaan yang tidak konsisten tersebut sebagai akibat politik hukum kebijakan pengupahan yang belum benbarbenar berpihak pada kelompok pekerja/buruh dan cenderung berpihak pada pengusaha, akibatnbya aspek rasa keadilan pekerja belum terwujud dengan baik sebagaimna amanat konstitusi.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 14, No 2 (2024): JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 14, No 1 (2024): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2023): JURNAL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 13, No 1 (2023): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 12, No 01 (2022): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 12, No 2 (2022): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 01 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 11, No 2 (2021): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 2 (2020): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 10, No 1 (2020): PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 9, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 9, No 1 (2019): PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 8, No 2 (2018): PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Vol 7, No 1 (2017): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 7, No 1 (2017): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 6, No 11 (2016): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 6, No 11 (2016): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 6, No 2 (2016): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 6, No 2 (2016): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 10 (2015): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 10 (2015): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 9 (2015): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 5, No 9 (2015): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 4, No 8 (2014): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 4, No 8 (2014): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 4, No 7 (2014): Pendidikan Kewarganegaraan Vol 4, No 7 (2014): Pendidikan Kewarganegaraan More Issue