cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018" : 10 Documents clear
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 16 BANDA ACEH MENGIDENTIFIKASI STRUKTUR TEKS DISKUSI Desri Yani Rizki; Yusri Yusuf; Muhammad Idham
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (395.841 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul ”Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh Mengidentifikasi Struktur Teks Diskusi.” Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa mengidentifikasi struktur teks diskusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPNegeri 16 Banda Aceh tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 36 orang.  Sampel diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes. Pengolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) siswa berdasarkan hasil jawaban siswa. Nilai KKM bahasa Indonesia di SMP Negeri 16 Banda Aceh adalah 70.Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-ratakemampuan siswa kelas VIII SMPNegeri 16Banda Aceh  mengeidentifikasi tiap-tiap aspek, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur isu 68,33, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur  argumen mendukung 65,66, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur argumen menentang 63,88 dan, nilai rata-rata mengidentifikasi struktur simpulan 65,33. Jadi, nilai yang diperoleh dari tiap-tiap aspek  termasuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Banda Aceh dari keseluruhan aspek tersebut adalah 67,20 termasuk dalam kategori cukup. Hal ini menunjukkan tingkat kemampuan siswa tersebut masih di bawah rata-rata nilai KKM yang ada di SMP 16 Banda Aceh dan masih memerlukan peningkatan. Dengan kata lain siswa kelas VIII SMPNegeri 16 Banda Aceh belum mampu mengidentifikasi struktur teks diskusi.Kata kunci:  Kemampuan, mengidentifikasi, struktur,  teks diskusi. ABSTRACT This research entitle " Ability of Student Class VIII SMP Country 16 Banda Aceh Identify Structure Text Discussion." raised Problem in this research is how ability of student identify discussion text structure this Research population is VIII SMP Country class student 16 Banda Acheh school year 2016 / 2017 amounting to 36 people. Sampel taken at random.used Technique data collecting in this research is nontes technique. Data-Processing conducted by searching average value ( student mean) pursuant to result of student answer. Assess KKM Indonesian in SMP Country 16 Banda Aceh is 70 Result of research show average value ability of VIII SMP Country class student 16 Banda Aceh identify every aspect, average value identify issue structure 68,33, average value identify argument structure support 65,66, average value identify argument structure oppose 63,88 and, average value identify structure conclude 65,33. Becoming, obtained value from every aspect of is included in category enough. average value Ability of VIII SMP Country class student 16 Banda Aceh from overall of the aspect is 67,20 included in category enough. This matter show storey;level ability of the student still under mean assess KKM exist in SMP 16 Banda Aceh and still need improvement. Equally VIII SMP Country class student 16 Banda Acheh not yet can identify discussion text structure.Keywords: Students’ Ability, indetify, structure, text discussion
ANALISIS PESAN MORAL DALAM CERITA RAKYAT KLUET DI KABUPATEN ACEH SELATAN Memori Gusti Rahayu; Rajab Bahry; Armia Armia
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.765 KB)

Abstract

 ABSTRAK Penelitian ini berjudul, “Analisis Pesan Moral Cerita Rakyat Kluet di Kabupaten Aceh Selatan”. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apa sajakah wujud pesan moral dalam cerita rakyat Kluet kabupaten Aceh Selatan? dan, (2) Bagaimanakah bentuk penyampaian wujud pesan moral tersebut dalam cerita rakyat Kluet  di kabupaten Aceh Selatan? Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan wujud pesan moral dalam cerita rakyat Kluet di kabupaten Aceh Selatan dan, (2) Mendeskripsikan bentuk penyampaian pesan moral dalam cerita rakyat Kluet kabupaten Aceh Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini berasal dari tuturan informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik catat, teknik rekam dan teknik kunci. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang berupa kata-kata dan bukan angka statistik. Hasil penelitian ini berupa pesan moral cerita rakyat yang dilihat dari wujud pesan moral, yaitu; hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan manusia dengan manusia lainnya, dan hubungan manusia dengan Tuhan. Hasil penelitian ini juga berupa pesan moral yang dilihat dari bentuk penyampaian pesan moral, yaitu; bentuk penyampaian langsung dan bentuk penyampaian tidak langsung. Simpulan penelitian ini adalah cerita rakyat kluet yang menjadi data penelitian yang telah dianalisis dan ditemukan wujud pesan moral dan bentuk penyampaian wujud pesan moral yang berbeda-beda.Kata kunci: Cerita rakyat, wujud, bentuk penyampaian pesan moral. ABSTRACT The study is entitled, "Analysis of Moral Message of the Kluet People's Story in the District of South Aceh". The problems in this study are (1) What are the moral messages in Kluet folklore in South Aceh district? and, (2) What is the form of delivery of such moral messages in Kluet folklore in the district of South Aceh? This study aims to (1) Describe the form of moral messages in Kluet folklore in the district of South Aceh and, (2) Describe the form of delivery of moral messages in Kluet folklore district of South Aceh. The research method used in this research is descriptive qualitative method. The source of this research data comes from the informant's speech. Data collection techniques used in this research is the technique of record, recording techniques and key techniques. This study uses qualitative descriptive analysis techniques in the form of words and not statistics. The results of this study in the form of moral messages folklore seen from the form of moral messages, namely; human relationships with oneself, human relationships with other human beings, and human relationships with God. The results of this study also in the form of moral messages seen from the form of delivery of moral messages, namely; the form of direct delivery and the form of indirect delivery. The conclusion of this research is the folklore of kluet which become the research data which has been analyzed and found the form of moral message and the form of delivery of different moral message form.Keywords: Folklore, form, form of delivery of moral messages.
TINDAK TUTUR ASERTIF DALAM NOVEL PEREMPUAN TERPASUNG KARYA HANI NAQSHABANDI Novi Safriani; Saifuddin Mahmud; Muhammad Iqbal
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.09 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian yang berjudul tentang tindak tutur asertif dalam novel Perempuan Terpasung karya Hani Naqshabandi membahas tentang (1) tindak tutur asertif “menyatakan” dalam novel Perempuan Terpasung karya Hani Naqshabandi, (2) tindak tutur asertif “menyarankan” dalam novel Perempuan Terpasung karya Hani Naqshabandi, (3) tindak tutur asertif “mengeluh” dalam novel Perempuan Terpasung karya Hani Naqshabandi, (4) tindak tutur asertif “membual” dalam novel Perempuan Terpasung karya Hani Naqshabandi, dan (5) tindak tutur asertif “mengklaim” dalam novel Perempuan Terpasung karya Hani Naqshabandi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk deskriptif-kualitatif. Data penelitian ini bersumber dari tuturan-tuturan yang terdapat pada percakapan antartokoh, sedangkan sumber data adalah novel Perempuan Terpasung karya Hani Naqshabandi.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik telaah dokumen, teknik observasi, dan teknik pencatatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tindak tutur asertif “menyatakan” ditandai dengan penggunaan kalimat, di antaranya seperti “Saya seorang perempuan Arab Saudi berumur 30-an dan berasal dari keluarga baik-baik”, “Lebih dari sepertiga pembaca laki-laki mencari kecantikan”, dan “Sesungguhnya perkara halal yang paling dibenci Allah adalah perceraian”; (2)tindak tutur asertif “menyarankan” ditandai dengan penggunaan kata, seperti jika, mungkin, alangkah, carilah, mohonlah, ambillah, mengusulkan, buanglah, mulailah, angkatlah, ingatlah, dan cobalah. Selanjutnya,dapat pula ditandai dengan kalimat, seperti “Apa tidak lebih baik jika kita menunggu dua minggu lagi?” dan “Kenapa kamu tidak mencoba teh hijau saja”; (3)tindak tutur asertif “mengeluh” ditandai dengan penggunaan klausa, seperti “aku sudah lelah mencari cinta”. Selanjutnya, dapat pula ditandai dengan kalimat, seperti“Apa tidak ada hal lain selain sabar?”dan “Mengapa mereka memperbolehkanku membuka penutup wajah ketika aku pergi ke luar Saudi di mana mata-mata asing dapat memandangku?”; (4)tindak tutur asertif “membual” ditandai dengan penggunaan kalimat, seperti “Barangkali itu ada di tempat lain, tapi bukan di dalam masyarakat Arab Saudi yang islami” dan“Melihat buku amalku, dengan pengecualian satu atau dua kesalahan, tampaknya aku akan berada di surga.”; (5) tindak tutur asertif “mengklaim” ditandai dengan penggunaan kata, seperti tentu dan berbentuk frasa, seperti “terlihat jauh lebih baik”. Selanjutnya, tindak tutur asertif “mengklaim” dapat pula ditandai dengan penggunaan klausa, seperti “dia pasti bisa” dan penanda lain berbentuk kalimat, seperti“Setiap masyarakat tentu memiliki karakteristik sendiri-sendiri.”, dan“Tapi yang dicari para pemuda adalah perempuan kaya dan gadis yang masih perawan”. Kata kunci: tindak tutur, asertif, novelABSTRACT The research entitled acts of assertive speech in the novel Perempuan Terpasung by Hani Naqshabandi discusses about (1) assertive acts of "declaring" in the novel Perempuan Terpasung by Hani Naqshabandi, (2) assertive acts of "suggesting" in the novel Perempuan Terpasung by Hani Naqshabandi, (3) assertive acts of "complaining" in the novel Perempuan Terpasung by Hani Naqshabandi, (4) assertive acts of "bragging" in the novel Perempuan Terpasung works Hani Naqshabandi, and (5) assertive assertive acts "claim" in the novel Perempuan Terpasung works Hani Naqshabandi. The approach used in this research is qualitative approach in the form of descriptive-qualitative. The data of this research comes from the speeches contained in the conversation between antartokoh, while the data source is the novel Perempuan Terpasung Hani Naqshabandi work. Data collection is done by document review techniques, observation techniques, and recording techniques.The results of the study showed that (1) assertive speech acts "declared" marked by the use of sentences, such as "I am a Saudi woman in my 30s and come from a good family", "Over a third of male readers looking for beauty" , and "Actually the most lawless thing God hates is divorce"; (2) assertive acts of "suggesting" are marked by the use of words, as if, perhaps, how, seek, beg, take, propose, throw, start, lift, remember , and try it. Furthermore, it can also be marked with sentences, such as "Is not it better if we wait another two weeks?" And "Why do not you just try green tea"; (3) the assertiveness act of "complaining" is marked by the use of clauses, such as "I'm tired of looking for love". Furthermore, it can also be marked with sentences, such as "Is there nothing other than patient?" And "Why do they allow me to open the face cover when I go outside Saudi where foreign spies can look at me?";(4) assertive acts of "bragging" are marked by the use of sentences, such as "Perhaps it is elsewhere, but not in Islamic Saudi Arabian society" and "Looking at my book of amals, with the exception of one or two errors, in heaven."; (5) assertive act of "claiming" is characterized by the use of words, such as necessarily and phrase-shaped, as "looks much better". Furthermore, assertive asserting claims can be marked by the use of clauses, such as "he can" and other markers in the form of a sentence, such as "Every society must have its own characteristics," and "But what the youths look for are the rich women and girls who still a virgin".Keywords: speech acting, assertive, novel
KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BAITUSSALAM ACEH BESAR MENELAAH UNSUR KEBAHASAAN TEKS DESKRIPSI Khairun Nisah; Subhayni Subhayni; Muhammad Iqbal
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (465.756 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar Menelaah Unsur Kebahasaan Teks Deskripsi”. Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar menelaah unsur kebahasaan teks deskripsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar menelaah unsur kebahasaan yang terdapat dalam teks deskripsi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar tahun ajaran 2016/2017 berjumlah 89 siswa dengan sampel 32 siswa. Sampel diambil secara acak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik nontes dan pengolahan data digunakan teknik kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar menelaah tiap-tiap aspek, nilai rata-rata menelaah penggunaan kata dasar (yang diawali dengan huruf k, p, t, s) 80, dan nilai rata-rata aspek menelaah penggunaan kata depan di dan huruf kapital adalah 70. Jadi, nilai yang diperoleh dari tiap aspek termasuk kedalam kategori baik. Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar dari keseluruhan aspek adalah 77,59.Kata kunci: Kemampuan siswa, menelaah, unsur kebahaasaan, teks deskripsi ABSTRACT "Ability of Grade VII Student of SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar to Study Elements of Linguistic Text Description." This Probelem posed in thes reserch is how theeabbility the seventh gread studentof SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar examines the linguistic element of the description text. Theporposethis studies is to determin the level of ability students of class VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar examines the language elements contained in the text description. The populati of the are studenor clases VII SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar academic years 2016/2017 amounted to 89 students with a sample of 32 students. Samples are taken at random. The reserch methode use is descriptive quantitativ. Collection data is done by technique of nontes and data processing is used quantitative technique in the form of calculation of mean value (mean). The result of the date analizisshow the averag score of the student ability  grade VII of SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar examines each aspect, the average value of aspects of reviewing the use of words with the basic word (beginning with the letters k, p, t, s) 80 and the average value of aspects examines the use of prepositions in- and capital letters 70. Thus, the values obtained from each aspect fall into either category. The average score of the abillity of the seventh student is SMP Negeri 1 Baitussalam Aceh Besar from the whole aspect is 77.75 included in the good category that is in the range of 70-84.Keywords:  Student ability, studying, linguistic element, description text This research is titled
KEMAMPUAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 TAKENGON MENGEMBANGKAN TEKS PROSEDUR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR/FOTO Maswita Hayati; Saifuddin Mahmud; Armia Armia
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (397.609 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian berjudul “Kemampuan Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Takengon Mengembangkan Teks Prosedur dengan Menggunakan Media Gambar/Foto”,membahas masalah yaitu, bagaimanakah tingkat kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Takengon mengembangkan teks prosedur dengan menggunakan media gambar/foto, adapun beberapa masalah secara khusus, yaitu (1) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Takengon menggunakan diksi dalam mengembangkan teks prosedur dengan menggunakan media gambar/foto, (2) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Takengon menggunakan keterangan waktu dalam mengembangkan teks prosedur dengan menggunakan media gambar/foto, dan (3) bagaimanakah kemampuan siswa kelas XI SMA Negeri 5 Takengon menggunakan kalimat imperatif dalam mengembangkan teks prosedur dengan menggunakan media gambar/foto. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes. Pengolahan data dilakukan dengan cara mencari nilai rata-rata (mean) siswa berdasarkan hasil kerja siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Takengon yang berjumlah 111 orang dan sampel yang diambil sebanyak 32 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor yang diperoleh oleh siswa dari keseluruhan aspek adalah 74, nilai tersebut termasuk kategori baik. Dilihat dari setiap aspek yang dinilai menunjukkan bahwa aspek penggunaan diksi memperoleh nilai rata-rata 84, kategori baik, penggunaan keterangan waktu memperoleh nilai rata-rata 61, kategori cukup, penggunaan kalimat imperatif memperoleh nilai rata-rata 75, kategori baik.Kata kunci: Teks, prosedur, media, gambar/foto ABSTRACT The research entitled "Student Ability of Class XI SMA Negeri 5 Takengon for Develop Text Procedure by Using Picture/PhotoMedia ", discussed that problem, how the level of ability of students of class XI SMA Negeri 5 Takengon develop text procedures using the media images/photos, as for some problems (1) how is the ability of Class XI students of SMA Negeri 5 Takengon to use diction in developing prosedure text by using images/photos, (2) how is the ability of class XI students of SMA Negeri 5 Takengon to use the time statement in developing the text of procedure by using media pictures/photos, and (3) how the ability of class XI students of SMA Negeri 5 Takengon use imperative sentence in developing procedure text by using pictures/photos media. The approach used is a quantitative approach with descriptive method. Data collection techniques used in this study is a technique non-test. Data processing is done by finding the mean value (mean) students based on the work of students. The population of this study is the students of class XI SMA Negeri 5 Takengon which amounted to 111 people and the samples taken as many as 32 students. The results showed that the score obtained by students from all aspects is 74, the value is good category. Judging from every aspect that was assessed indicated that the aspect of diction usage earned an average score of 84, good category, the use of time information obtained an average value of 61, enough category, the use of imperative sentences obtained an average value of 75, good category.Keywords: text, procedures, media, images/photos
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH MENULIS TEKS PROSEDUR Yulia Suryanti; Denni Iskandar; Subhayni Subhayni
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (450.368 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul,“Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 BandaAceh Menulis Teks Prosedur”.Masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan siswa SMP Negeri 6 Banda Aceh menulis teks prosedur?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh menulis teks prosedur, serta  dapat dijadikan sebagai tolok ukur terhadap pengetahuan siswa  dalam menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 250 orang.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 29 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes (penugasan). Data penelitian ini diolah secara diskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik penganalisisan statistik dengan cara mencari nilai rata-rata (mean). Secara umum kemampuan siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh menulis teks prosedur sudah memenuhi nilai rata-rata 80. Secara khusus, kemampuan siswa menulis teks prosedur dilihat dari lima aspek. Adapun  kelima aspek yang ditentukan yaitu aspek pertama nilai rata-rata  siswa menulis bagian judul 41,37, aspek kedua nilai rata-rata  siswa menulis bagian awal 37,93, aspek ketiga nilai rata-rata siswa menulis bagian inti 17,24, dan aspek keempatnilai rata-rata siswa  menulis bagian  penutup 3,44.Kata kunci: Kemampuan siswa, menulis, teks prosedur ABSTRACT This Research entitle, " Ability of Student Class VIII SMP Country 6 Banda Aceh Write Text Procedure". this Internal issue Research is " How ability ofSMP Country student 6 Banda Aceh write procedure text? This research aim to to know ability of VIII SMP Country class student 6 Banda Acheh write procedure text, and also can be made as measuring rod to knowledge of student in writing procedure text. used Research method in this research is quantitative descriptive method. this Research population isVIII SMP Country class student 6 Banda Acheh amounting to 250 people. Amount of sampel in this research is 29 student. used Technique data collecting in this research isnontes technique assignation. this Research data is processed by diskriptif quantitative by using statistical analysis technique by searching average value (mean). In general ability of VIII SMP Country class student 6 Banda Acheh write procedure text have fulfilled average value 80. Peculiarly, ability of student write procedure text seen from five aspect. As for is fifth of determined byaspect that is first aspect of student average value write part of title 41,37, aspect both of student average value write shares early 37,93, third aspect ofstudent average value write part of nucleus;core 17,24, and fourth aspect of student average value write part of cover/conclusion3,44.Keyword: Ability of student, writing, procedure text
KEMAMPUAN SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KOTA JANTHO MENGANALISIS UNSUR KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI Munawara Munawara; Mohd. Harun; Saifuddin Mahmud
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (389.341 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho Menganalisis Unsur Kebahasaan Teks Eksposisi.” Ruumusan masaalahnnya adaalah (1) Bagaimanakah kemampuuan sisswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho menganalisis pronomina dalam teks eksposisi (2) Bagaimannakah kemampuan siswaa keelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho menganalisis nomina dalam teks eksposisi (3) Bagaiimanakah kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho menganalisis verba dalam teks eksposisi (4) Bagaimanakanb kemaampuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho menganalisis adjektiva dalam teks eksposisi (5) Bagaimaanakah kemampuuan siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho menganalisis adverbia dalam teks eksposisi (6) Bagaimmanakah kemampuanin ssiswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho menganalisssis konjungsi dalam teks eksposisi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 50 orang. Sampel diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik nontes. Pengolahan data dilakukan dengan cara menghitung nilai rata-rata (mean) siswa berdasarkan hasil kerja siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata kemampuana siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho menganalisis tiap-tiap aspek, nilai rata-rata menganalisis pronomina 88, nilai rata-rata meenganalisis nomina 60, nilai rata-rata menganaliisis verba 66, nilai rata-rata mengannalisis adjektiva 76, nilai rata-rata menganalisis adverbia 80 dan, nilai rata-rata menganalisis konjungsi 68. Jadi, nilai yang diperoleh dari tiap-tiap aspek termasuk dalam kategori cukup. Nilai rata-rata kemampuannya siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho dari keseluruhan aspek tersebut adalah 74,85. Nilai tersebut tergolong dalam kategori baiik. Dengan demikian, kemampuaaan rata-rata siswa kelas X SMA Negeri 1 Kota Jantho mengannnalisis unsur kebahasaan teks eksposisi dikategorikan baik atau berada di atas KKM, yakni di atas 70.Kata kunci: Kemampuan, menganalisis, unsur kebahasaan, teks eksposisi. [1]ABSTRACT This research is titled "Ability of Class X Student of SMA Negeri 1 Kota Jantho Analyzing Elements of Language of Exposition Text." The formula of the problem is (1) How ability of student of class X SMA Negeri 1 Kota Jantho analyze pronomina in exposition text (2) How ability of student of class X SMA State 1 Jantho City analyzes nouns in exposition texts (3) How does the ability of class X students of SMA Negeri 1 Kota Jantho analyze verbs in exposition texts (4) How does the ability of class X students of SMA Negeri 1 Kota Jantho analyze adjectives in exposition texts (5) students of class X SMA Negeri 1 Kota Jantho analyze adverb in exposition text. (6) How does student of class X SMA Negeri 1 Kota Jantho analyze conjunction in text of exposition. The population of this study is the students of class X SMA Negeri 1 Kota Jantho academic year 2017/2018 which amounted to 50 people. Samples are taken at random. Data collection techniques used in this study is a technique nontes. Data processing is done by calculating the mean value (mean) of students based on the work of the students. The results of this study show the average value of the ability of students of class X SMA Negeri 1 Kota Jantho analyze each aspect, the average value of analyzing pronouns 88, the average value of analyzing the nouns 60, the mean value of analyzing verbs 66, the mean value of analyzing the adjectives 76, the average value analyzing the adverbs 80 and, the mean value of analyzing the conjunctions 68. Thus, the value obtained from each aspects included in the category enough. The average score of the students' ability in grade X of SMA Negeri 1 Kota Jantho from the whole aspect is 74,85. These values fall into either category. Thus, the average ability of the students of grade X SMA Negeri 1 Jantho analyze the linguistic elements of exposition texts categorized either or are above the KKM, ie above 70.Keywords:Ability, analyze, linguistic elements, exposition texts. 
PENGGUNAAN METODE QUICK ON THE DRAW DALAM MENYIMPULKAN ISI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH Arief Dermawan; Saifuddin Mahmud; Muhammad Iqbal
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (204.957 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul Penggunaan Metode Quick On the Draw dalam Menyimpulkan Isi Teks Laporan Hasil Observasi oleh Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah rencana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Quick On the Draw dalam menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMPN 2 Banda Aceh, (2) Bagaimanakah proses pembelajaran dengan menggunakan metode Quick On the Draw dalam menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMPN 2 Banda Aceh, dan (3) Bagaimanakah hasil pembelajaran dengan menggunakan metode Quick On the Draw dalam menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi oleh siswa kelas VII SMPN 2 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru menyusun RPP sesuai langkah-langkah metode Quick On the Draw. Pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan metode Quick On the Draw berjalan dengan baik dan telah sesuai dengan RPP yang dirancang guru. Metode Quick On the Draw berhasil mencapai sasaran dan tujuan pembelajaran dalam materi menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi. Hasil pembelajaran yang dilakukan guru dalam proses pembelajaran materi menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi dengan menggunakan metode Quick On the Draw memenuhi nilai KKM, yaitu 70.Kata kunci: Metode quick on the draw, menyimpulkan, teks, laporan hasil observasi AbstractJurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan PBSI Vol. 3 No. 1 ; Februari 2018:36-48This research entitled The Use of Methods of Quick On the Draw in Concluded the Contents of the Text Report Results of Observation by the Students of Class VII SMPN 2 Banda Aceh. The formulation of the problem is (1) How implementation plan learning using methods Quick On the Draw in concluded the contents of the text of the report the results of observation by the students of class VII SMPN 2 Banda Aceh, (2) How the learning process by using methods Quick On the Draw in concluded the contents of the text of the report the results of observation by the students of class VII SMPN 2 Banda Aceh, and (3) How learning outcomes using methods Quick On the Draw in concluded the contents of the text of the report the results of observation by the students of class VII SMPN 2 Banda Aceh. This research uses qualitative approach with descriptive method. The technique of data analysis of this research is Qualitative analysis with descriptive method. The results of this research showed that the teachers arrange appropriate RPP method steps Quick On the Draw. The implementation of the learning process by using methods Quick On the Draw went well and has been in accordance with the RPP designed teachers. Quick On the Draw method successfully reach the learning goals and objectives in the matter concluded the contents of the text of the report the results of observation. The results of the teaching of the teachers in the process of learning materials concluded the contents of the text of the report the results of observation using methods Quick on the draw to meet the value of the KKM, namely 70.Keywords: Methods quick on the draw, concluded, text, observation results report
PENERAPAN METODEMAKE A MATCH DALAM MEMAHAMI TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMK NEGERI 5 TELKOM BANDA ACEH Safriaton Sakdiah; Subhayni Subhayni; Muhammad Idham
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (180.449 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Penerapan MetodeMake a Match dalam Memahami Teks Anekdot Siswa Kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh”. Rumusan masalahnya adalah (1) Bagaimanakah perencanaan pembelajaran penggunaan metode Make a Match dalam memahami teks anekdot pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh? (2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran penggunaan metode Make a Matchdalam memahami teks anekdot pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh? (3) Bagaimanakah hasil belajar penggunaan metode Make a Matchdalam memahami teks anekdot pada siswa kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh? Sumber data penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menyusun RPP sesuai dengan langkah-langkah metodeMake a Match. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Make a Matchberjalan dengan terorganisasi dan sesuai dengan RPP yang telah dibuat oleh guru. Serta   membuat siswa menjadi aktif dan antusias dalam proses pembelajaran memahami teks anekdot. Hasil pembelajaran dalam pembelajaran memahami teks anekdot dengan menggunakan metode Make a Match  memenuhi nilai KKM, yaitu 75.Kata kunci : Metode make a match, teks anekdot. ABSTRACT This research entitled "Application of Make a Match Method in Understanding Anecdot Text of Class X Student of SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh". The formulation ofthe problem is (1) How is the learning plan the use of Make a Match method in understanding anecdotal text on the students of class X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh? (2) How is the implementation of learning the use of Make a Match method in understanding anecdotal text on the students of class X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh? (3) How is the learning result of using Make a Match method in understanding anecdotal text in grade X students of SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh? The source of this research data is Indonesian language teachers who teach in class X SMK Negeri 5 Telkom Banda Aceh and data collection techniques used is descriptive analysis. The result showed that teachers compiled the RPP in accordance with the steps of the Make a Match method. The implementation of learning with the Make a Match method runs organized and in accordance with the RPP that has been made by the teacher. And make students become active and enthusiastic in the learning process to understand anecdotal text. Learning outcomes in learning to understand anecdotal text using the Make a Match method complied with the KKM score of 75.Keywords: make a match method, anecdotal text.
KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH MENGINDENTIFIKASI HAL-HAL MENGESANKAN DARI TOKOH DALAM TEKS BIOGRAFI Syamsidar Syamsidar; Muhammad Idham; Subhayni Subhayni
JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia Vol 3, No 1 (2018): Jurnal PBSI 5 Januari 2018
Publisher : JIM Pendididikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (14.443 KB)

Abstract

ABSTRAK     Penelitian ini berjudul “Kemampuan Siswa VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh Mengindentifikasi Hal-Hal Mengesankan dari Tokoh dalam Teks Biografi”. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakan kemampuan siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh mengindentifikasi hal-hal mengesankan dari tokoh dalam teks biografi?.Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Kemampuan Siswa Kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh Mengindentifikasi Hal-Hal Mengesankan dari Tokoh dalam Teks Biografi.Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A, VIII-B dan VIII-C yang diambil secara acak berjumlah 30 orang.Metode yang digunakan adalah deskriptif-kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik nontes (penugasan).Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh dikategorikan sangat kurang.Skor yang diperoleh oleh siswa adalah 39.Skor ini berada pada rentang nilai 39 yang merupakan rentang nilai untuk kategori sangat kurang.Dengan demikian, kemampuan siswa kelas VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh mengindentifikasi hal-hal mengesankan dari tokoh dalam teks biografi dikategorikan sangat kurang.Kata kunci     : mengindentifikasi, hal-hal mengesankan, tokoh, teks biografi ABSTRACT This study entitled "Student Ability VIII SMP Inshafuddin Banda Aceh Identify Impressive Things from People in the Text of Biography". The problem in this research is how the ability of grade VIII students of SMP Inshafuddin Banda Aceh to identify the impressive things of the characters in biographical texts ?. This study aims to describe the Ability of VIII Grade Students of SMP Inshafuddin Banda Aceh to Identify the Impressive Things of People in the Text of Biography. The sample of this study were students of class VIII-A, VIII-B and VIII-C which were randomly drawn totaling 30 people. The method used is descriptive-quantitative techniques with data collection using techniques nontes (assignment). The results showed that the ability of VIII class of SMP Inshafuddin Banda Aceh is categorized very less. Scores obtained by students are 39. This score is in the 39 value range which is a range of values for very less categories. Thus, the ability of grade VIII students of SMP Inshafuddin Banda Aceh to identify the impressive things of the characters in biographical texts is categorized very less.Keywords: identifying, impressive things, characters, biographical texts

Page 1 of 1 | Total Record : 10