cover
Contact Name
Febrian
Contact Email
febrian@umrah.ac.id
Phone
+6282170504899
Journal Mail Official
gantangjurnal@gmail.com
Editorial Address
Jl. Politeknik Senggarang Telp. (0771) 4500099 ; Fax (0771) 4500099 PO BOX 155 - Tanjungpinang 29115
Location
Kota tanjung pinang,
Kepulauan riau
INDONESIA
Jurnal Gantang
ISSN : 25030671     EISSN : 25485547     DOI : https://doi.org/10.31629/jg
Core Subject : Education,
Jurnal Gantang is a peer-reviewed journal. Jurnal Gantang is published two numbers per year by Raja Ali Haji Maritime University, Tanjungpinang, Riau Islands, Indonesia. The articles written for Jurnal Gantang are state-of-the-art research articles in the field of Mathematics Education. Starting in 2022, Jurnal Gantang will be published in May and November twice a year. Jurnal Gantang publishes scientific writings on the results of thoughts, very carefully selected literature studies, and research in the field of Mathematics Education. Jurnal Gantang is a journal with a blind review system that is an essential aspect of disseminating knowledge. The realization of a scientific approach can be supported by writing the results of a blind review. Jurnal Gantang accommodates the results of studies and research in the fields of Mathematics Education with various research frames such as Research development/R&D Classroom action research Educational Design Research Experiment with different types Qualitative Studies (Investigative, Analytical, Descriptive Studies, and the like) Ethnographic studies Literature/Library Studies Other research with a quantitative approach The topics raised can be: Learning innovation and the use of ICT in supporting the learning process Mathematics Learning Context and Media Innovation Strategies and Approaches to Learning Mathematics Mathematical Literacy and Numeracy Indonesian Realistic Mathematics Education (IRME) Ethnomathematics Misconceptions in Mathematical Topics Mathematics Learning Based on Cultural Potential and Local Wisdom Enrichment of Mathematics Teaching Materials Mathematics Learning Evaluation Mathematics Education Curriculum and Policy Learning Mathematics in College Development of Science and Technology in Mathematics STEM, STEAM, and Lesson Study And others
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021" : 10 Documents clear
Analisis Kesulitan Siswa dalam Kegiatan Transformasional Berpikir Aljabar Dian Permatasari
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (766.211 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.2523

Abstract

Kemampuan berpikir aljabar meliputi kegiatan generasional, transformasional, dan global meta-level. Dari ketiga kegiatan, rata-rata kemampuan siswa SMP kelas VII pada kegiatan transformasional lebih rendah dibandingkan kegiatan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) kemampuan berpikir aljabar khususnya dalam kegiatan transformasional dan 2) kesulitan dialami siswa dalam menyelesaikan soal kegiatan transformasional siswa SMP kelas VII. Subjek penelitian ini adalah 95 siswa dari 3 SMP di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 2 butir soal uraian yang memuat kegiatan transformasional dan pedoman wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada aspek menggunakan representasi untuk memanipulasi pernyataan, sebanyak 21% siswa dapat memanipulasi pernyataan dengan benar. Hal tersebut disebabkan karena siswa kesulitan dalam membalik urutan operasi atau membagi atau mengalikan dengan ekspresi yang mungkin sama dengan nol atau dapat dikatakan siswa sering mengabaikan variabel saat melakukan operasi bentuk aljabar; (2) Pada aspek menentukan nilai variabel yang belum diketahui, hanya 9% siswa yang menjawab benar. Hal tersebut disebabkan siswa SMP kesulitan dalam menerapkan operasi terhadap variabel dan memahami makna dari tanda sama “=”.
Identifikasi Efektifitas Pembelajaran Trigonometri Kelas X Masa Pandemi COVID 19 Melalui Whatsapp Group Armiati Armiati; Agung Setia Budi
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.536 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.2539

Abstract

Pada masa pandemi COVID 19, sekolah diwajibkan untuk mematuhi aturan belajar dalam jaringan (daring). Tujuannya adalah untuk memutus mata rantai covid-19 dengan menjaga jarak (physical distancing). Situasi pandemi membuat guru dan pemerintah terus berupaya memberikan yang terbaik dalam menyampaikan materi pelajaraan kepada siswa secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi efektifitas pembelajaran trigonometri di kelas X melalui whatsapp group pada masa pandemi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X IPA 1 di SMAN 3 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan anlisis dokumen. Teknik analisis data mengunakan statistic deskriptif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kendala dalam proses pembelajaran matematika menggunakan whatsapp group yaitu keterbatasan jaringan internet bagi siswa yang bertempat tinggal jauh dari perkotaan dan beberapa siswa yang merasa terbebani dalam memenuhi kebutuhan kuota internet. Selain itu, diperlukan bimbingan dan respons langsung (realtime response) dari guru agar dapat membantu siswa memahami materi pada saat pembelajaran melalui Whatsapp group.
Integrasi Nilai Keislaman dan Kemampuan Komunikasi Matematis Pada Buku Ajar Program Linier: Sebuah Studi Pengembangan Hayatun Nufus; Erdawati Nurdin; Rezi Ariawan
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (916.971 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.2556

Abstract

Keberadaan nilai-nilai Islam dan kemampuan matematis dalam pembelajaran sangat penting untuk diajarkan dan dimiliki oleh peserta didik. Oleh sebab itu, salah satu cara untuk dapat menanamkan nilai Islam dan kemampuan matematis tersebut adalah dengan mengintegrasikannya dalam buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar program linier yang valid dan praktis dengan mengintegrasikan nilai keislaman dan kemampuan komunikasi matematis merupakan tujuan dilakukannya penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan desain ADDIE. Data dikumpulkan dengan teknik angket menggunakan instrumen lembar angket validasi buku ajar dan angket praktikalitas. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif kuantitatif berupa rata-rata persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku ajar yang dikembangkan berada pada tingkat validitas sangat valid dengan numerik nilai validitas sebesar 92,5%, (2) buku ajar yang dikembangkan berada pada tingkat praktikalitas sangat praktis, dengan numerik nilai praktikalitas sebesar 85,5%.
Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Dalam Mengembangkan Instrumen Tes Hasil Belajar Kategori Higher Order Thinking Skill Nur Izzati; Febrian Febrian
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.321 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.2672

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan mahasiswa calon guru matematika dalam melakukan tahap-tahap pengembangan tes hasil belajar kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian merupakan mahasiswa calon guru matematika yang mengikuti perkuliahan Evaluasi Pembelajaran Matematika. Data penelitian dikumpulkan melalui penugasan proyek. Data dinalisis disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa calon guru dalam mengembangkan instrumen tes kategori HOTS secara klasikal tergolong baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 76,2. Kemampuan mahasiswa ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu 32,1% termasuk kategori sangat baik, 39,3% tergolong baik, 25% tergolong cukup baik dan 3,6% termasuk kategori sangat kurang. Berdasarkan aspek kompetensi yang dinilai, rata-rata kemampuan mahasiswa tergolong baik. Pada aspek menganalisis butir soal, kemampuan mahasiswa tergolong cukup baik.
Pengaruh Strategi Flow Proof pada Perkuliahan Struktur Aljabar terhadap Kemampuan Mahasiswa dalam Menganalisis Pembuktian Scristia Scristia; M Yusup; Cecil Hiltrimartin
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (654.545 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.2782

Abstract

Struktur Aljabar mempelajari gabungan satu atau lebih himpunan dengan satu atau lebih operasi biner yang memenuhi kumpulan aksioma. Calon guru semester lima yang menjadi subjek dalam penelitian ini harus memiliki definisi dan aksioma untuk melakukan proses analisis pendahuluan terhadap teorema-teorema untuk dibuktikan. Kesulitan mahasiswa dalam menyusun bukti pada materi Struktur Aljabar adalah menelaah pembuktian, dan melihat hubungan antara definisi dan teorema yang ada. Solusi yang diberikan berdasarkan karakteristik masalah dalam struktur aljabar adalah dengan menggunakan strategi flow proof dalam penyusunan analisis pendahuluan. Dengan menggunakan desain Quasy Experiment type One group pretest-postest design, hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi flow proof terhadap kemampuan analisis pendahuluan mahasiswa calon guru.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Berpikir Tingkat Tinggi Model Problem Based Learning Materi Peluang Kelas VIII SMP Prilia Devina; Elfis Suanto; Kartini Kartini
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.863 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.2867

Abstract

Fokus utama tujuan pembelajaran matematika dan tuntutan kurikulum saat ini adalah mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Sedangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMP terkategori cukup dan masih harus ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berorientasi berpikir tingkat tinggi berdasarkan model problem based learning yang valid pada materi Peluang kelas VIII SMP. Perangkat pembelajaran terdiri dari Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Proses pengembangan yang dilakukan pada penelitian ini hanya sampai tahap implementasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh data tingkat validitas aspek Silabus, RPP, dan LKS lebih dari 60%. Hasil penelitian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berorientasi berpikir tingkat tinggi berdasarkan model Problem Based Learning pada materi peluang kelas VIII SMP/MTs yang dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Memahami, Merencana, dan Menyelesaikan Masalah Sujinal Arifin; Zulkardi Zulkardi; Putri Ratu Ilma Indra; Yusuf Hartono
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (761.263 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.3050

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tentang kemampuan pemecahan masalah tipe word problems beserta factor penyebabnya. Penelitian ini menggunakan subjek siswa SMP Negeri 3 Palembang dengan jumlah siswa 19 orang. Penelitan ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan angket. Semua data yang diperoleh secara umum dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif disajikan dalam bentuk diagram batang, sedangkan data dalam bentuk kualitatif disajikan dengan cara dinarasikan. Dari hasil analisis data diperoleh informasi bahwa mayoritas siswa memahami masalah. Akan tetapi hanya beberapa siswa yang dapat menyelesaikan masalah dengan benar. Banyak siswa yang tidak membuat perencanaan dalam menyelesaikan masalah padahal perencanaan dapat digunakan sebagai jembatan dalam penggunaan informasi dan pengetahuan yang telah mereka miliki sebelumnya untuk menyelesaikan masalah. Dari hasil angket diperoleh kesimpulan bahwa ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan siswa dalam menyelesaikan masalah, diantaranya adalah kemampuan dalam mengingat konsep dan teorema dalam penyelesaian masalah, suka atau tidak pada matematika, frekuensi seberapa sering latihan matematika, atau pengalaman seperti pernah menyelesaikan masalah yang sama.
Relevansi Pemikiran Paulo Freire dengan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Syarifuddin Syarifuddin; Lala Anggraini; Faiz Azmi Fauzia
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (553.292 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.3117

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat dan mendeskripsikan pemikiran Paulo Freire dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa sekolah menengah pertama (SMP) serta untuk melihat ada tidaknya relevansi atau hubungan antara keduanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitin kualitatif dengan desain kepustakaan. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer (utama) yang diperoleh dari buku, pemikiran dan karya yang ditulis Paulo Freire dan data sekunder sebagai data pendukung dari data primer yang diperoleh dari jurnal, buku dan laporan hasil penelitian yang relevan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, dimana data diolah dan dianalisis sesuai dengan studi literatur yang sudah dikumpulkan dan kemudian dideskripsikan untuk memperoleh hasil dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah adanya relevansi antara pemikiran Paulo Freire dan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP diantaranya yaitu, (1) dalam pembelajaran matematika, siswa diberikan kebebasan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis melalui metode inquiry dan dialog terbuka yang sesuai dengan konsep pendidikan humanis Paulo Freire, (2) standart isi pelajaran matematika sekolah dasar dan menengah yang menuntut adanya perkembangan berpikir kritis dalam diri siswa yang sejalan dengan buah pemikiran dari Paulo Freire, (3) memposisikan siswa sebagai partner belajar atau subjek di dalam proses pembelajaran.
Analisis Model Rasch Disposisi Matematis Mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Matematika UMRAH Nur Asma Riani Siregar; Susanti Susanti; Mariyanti Elvi
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (759.997 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.3118

Abstract

Disposisi matematis merupakan objek kajian psikologi yang ditunjukkan dalam bentuk kecenderungn sikap, keyakinan, penilaian dan tindakan peserta didik terhadap matematika maupun hal yang berkaitan dengan matematika. Pengukuran disposisi matematis menggunakan instrumen angket skala likert dengan luaran berupa data ordinal. Data ordinal tidak memiliki linearitas pada skalanya sehingga jika digunakan dalam analisis statistik akan menghasilkan generalisasi yang tidak akurat. Salah satu model analisis data yang dapat menginterpretasikan data ordinal ke data interval dikenal dengan nama Model Rasch. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil disposisi matematis yang dimiliki mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Matematika UMRAH. Subjek yang diteliti adalah 65 orang mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika UMRAH pada kelas Kalkulus Integral Tahun Ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian menggunakan angket disposisi matematis MDFI yang berisi 60 butir pernyataan. Namun, data item yang dianalisis hanya berjumlah 58 item. Hal ini dikarenakan item i15 merupakan pernyataan negatif dari item i52 dan item i55 merupakan pernyataan ulang dari item i20. Analisis data menggunakan model analisis Rasch. Hasil penelitian menunjukkan 51,6% responden memiliki disposisi matematis sedang, 40,3% responden memiliki disposisi matematis tinggi dan 8,1% responden memiliki disposisi sangat tinggi. Nilai rata-rata disposisi matematis antara pria dan wanita tidak memiliki perbedaan yang signifikan.
Profil Kemampuan Literasi Matematis Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis PISA Evik Kumala Sari; Sugiyanti Sugiyanti; Agnita Siska Pramasdyahsari
Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021
Publisher : Universitas Maritim Raja Ali Haji

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.448 KB) | DOI: 10.31629/jg.v6i1.3286

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan kemampuan literasi matematis siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah satu siswa kelas VII SMP yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Data penelitian diambil melalui dokumentasi, tes tertulis kemampuan literasi matematis dan wawancara. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil tes kemampuan literasi matematis dengan hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis, siswa dengan kemampuan matematika tinggi memenuhi indikator kemampuan literasi matematis PISA yaitu, 1) mampu melaksanakan prosedur dalam memecahkan masalah dengan jelas, termasuk prosedur yang memerlukan keputusan secara berurutan, 2) mampu menyelesaikan masalah dan menggunakan strategi yang sederhana, 3) mampu menggunakan dan menafsirkan representasi dari sumber informasi yang berbeda serta menjelaskan alasannya secara langsung, 4) mampu mengkomunikasikan hasil interpretasi dan alasan mereka.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 1 (2025): Jurnal Gantang Vol 9 No 2 (2024): Jurnal Gantang Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Gantang Vol 8 No 2 (2023): Jurnal Gantang Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Gantang Vol 7 No 2 (2022): Jurnal Gantang Vol 7 No 1 (2022): Jurnal Gantang Vol 6 No 1 (2021): Jurnal Gantang Maret Tahun 2021 Vol 6 No 2 (2021): Jurnal Gantang Vol 5 No 2 (2020): Jurnal Gantang Volume 5 Nomor 2 September 2020 Vol 5 No 1 (2020): Jurnal Gantang Vol 4 No 2 (2019): Jurnal Gantang Vol 4 No 1 (2019): April Vol 3 No 2 (2018): September Vol 3 No 2 (2018): September Vol 3 No 1 (2018): Pembelajaran dan Media Pembelajaran Matematika yang Inovatif Vol 3 No 1 (2018): Pembelajaran dan Media Pembelajaran Matematika yang Inovatif Vol 2 No 2 (2017): Matematika dalam Perspektif Kehidupan dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran yang Vol 2 No 2 (2017): Matematika dalam Perspektif Kehidupan dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran yang Vol 2 No 1 (2017): Matematika dalam Perspektif Kehidupan dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran yang Vol 2 No 1 (2017): Matematika dalam Perspektif Kehidupan dan Pemanfaatannya dalam Pembelajaran yang Vol 1 No 2 (2016): "Mengkaji Fenomena dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika dengan Berbagai Pendek Vol 1 No 2 (2016): "Mengkaji Fenomena dalam Bidang Ilmu Pendidikan Matematika dengan Berbagai Pende Vol 1 No 1 (2016): "Matematika, Permasalahan, dan Solusinya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajara Vol 1 No 1 (2016): "Matematika, Permasalahan, dan Solusinya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran More Issue