cover
Contact Name
Gst. Ayu Vida Mastrika Giri
Contact Email
vida@unud.ac.id
Phone
+6285737241069
Journal Mail Official
jeliku@cs.unud.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
(JELIKU) Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23015373     EISSN : 26545101     DOI : https://doi.org/10.24843/JLK
Core Subject : Science,
Aim and Scope: JELIKU publishes original papers in the field of computer science, but not limited to, the following scope: Computer Science, Computer Engineering, and Informatics Computer Architecture Parallel and Distributed Computer Computer Network Embedded System Human—Computer Interaction Virtual/Augmented Reality Computer Security Software Engineering (Software: Lifecycle, Management, Engineering Process, Engineering Tools and Methods) Programming (Programming Methodology and Paradigm) Data Engineering (Data and Knowledge level Modeling, Information Management (DB) practices, Knowledge Based Management System, Knowledge Discovery in Data) Network Traffic Modeling Performance Modeling Computer Security IT Governance Networking Technology Robotic Instrumentation Information Search Engine Multimedia Security Information Retrieval Mobile Processing Natural Language Processing Artificial intelligence & soft computing and their applications Neural networks Machine Learning Reasoning and evolution Intelligence applications Computer vision and speech understanding Multimedia and cognitive informatics Data mining and machine learning tools, heuristic and AI planning strategies and tools, computational theories of learning
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018" : 15 Documents clear
Pengembangan Sistem Arsip Dokumen Keuangan (SIMARKU) Sekretariat DPRD Kabupaten Gianyar Budiastawa, I Dewa Gede
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekretariat DPRD Kabupaten Gianyar merupakan sebuah Lembaga yang memiliki tugas dalam mendukung tugas dan fungi DPRD. Sekretariat DPRD memberikan pelayanan administrasi dan fasilitasi untuk mewujudkan pelayanan prima kepada Lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, sehingga segala macam kelengkapan administrasi DPRD akan dilayani oleh Sekretariat DPRD dengan demikian aka nada banyak berkas maupun dokumen yang menjadi arsip sebagai laporan kepada daerah termasuk arsip dokumen keuangan, selain sebagai kelengkapan pemeriksaan, dokumen keuangan juga menjadi acuan bendahara dalam melakukan pertanggungjawaban sehingga dana yang diberikan pemerintah daerah setiap bulannya dapat dikelola dan dipertanggung jawabkan. Dalam menjalankan tugasnya khususnya pada bagian keuangan, tak jarang terjadi kekeliruan dalam melakukan penginputan data dalam perhitungan jumlah uang yang telah terpakai sehingga akan dilakukan pencarian berkas kembali. Dari hasil Analisa, diidentifikasi bahwa Sekretariat DPRD Kabupaten Gianyar memerlukan sebuah system yang mampu memberikan informasi seputar arsip-arsip keuangan baik itu kegiatan-kegiatan maupun kunjungan kerja sehingga dapat memudahkan dalam melakukan pengecekan berkas kembali mupun pemeriksaan, dengan itu dibangun sebuah system informasi arsip dokumen keuangan. System informasi ini dibangun menggunakan beberapa Bahasa pemrograman diantaranya HTML, PHP, Javascript dan juga digunakan MySQL sebagai penyimpanan data.
JELIKU Back Cover Volume 7 No 2, 2018 Mastrika, Vida
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Aplikasi Backend Pembuatan Surat (E-Surat) Dinas Komunikasi, Informatika, Dan Statistik Provinsi Bali Rudyarta, I Gede Indra
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang memiliki tugas untuk menyelesaikan permasalahan Teknologi Informasi (TI) dilingkungan Pemerintah Provinsi Bali maupun semua daerah yang ada di Provinsi Bali. Setiap instansi dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan yang telah direncanakan harus mengeluarkan surat perintah tugas atau SPT dari pihak yang berwenang agar dapat menugaskan pegawai/staff untuk melakukan suatu pekerjaan. Selain SPT terdapat surat tambahan yaitu SPPD, namun dalam pembuatannya dan pengarsipannya masih menggunakan cara manual. Tujuan dari penelitian yaitu pembuatan aplikasi E-Surat Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali yang dibuat dengan metode SDLC dengan menggunakan hosting baliprov.go.id dan database MySQL. Aplikasi diharapkan dapat dapat membantu melakukan pembuatan surat secara mudah, cepat, dan meminimalisir kesalahan yang ada dan pengarsipan surat yang lebih baik. Sehingga dengan adanya aplikasi ini kinerja pegawai Dinas Komunikasi, Informatika, Dan Statistik Provinsi Bali dapat lebih optimal.
Pengembangan Aplikasi Laporan Elektronik Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Mustika, Nyoman Ima Sati
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III adalah salah satu kedinasan yang bertugas untuk menyediakan data dan informasi di bidang meteorologi, klimatologi dan geofisika. Balai ini terletak di Jalan Raya Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Balai ini memiliki 3 bidang salah satunya adalan Bidang data dan informasi. Pada bidang data dan informasi terdapat sub bidang pelayanan jasa. Pada bidang pelayanan jasa terdapat pembuatan laporan harian berupa pengecekan alat, penyajian informasi melalui website dan lain – lain. Pada pembuatan laporan ini masih menggunakan Microsoft word sehingga sangat sering arsip yang disimpan terhapus dengan tidak sengaja. Untuk itu maka dibuatlah aplikasi Laporan Elektronik Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu meminimalisir hilangnya laporan yang sudah diarsipkan.
PENGEMBANGAN APLIKASI BACK END SISTEM LAPORAN KERUSAKAN INTERN PDAM KOTA DENPASAR Dika, I Gede Suhanggara
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PDAM Kota Denpasar merupakan Badan Usaha milik Pemerintah, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air minum yang sehat. Sistem yang tersedia di PDAM Kota Denpasar kebanyakan masih dilakukan secara manual, hanya pembayaran saja yang sudah dilakukan melalui online. Berdasarkan alasan ini penulis melakukan Praktek Kerja Lapangan (PKL) periode XV tahun 2018 di PDAM Kota Denpasar karena instansi ini lebih memerlukan sesuatu agar bisa mengikuti perkembangan yang serba online dan maju ini. Dari programmer PDAM dan pembimbing lapangan menyarankan penulis untuk membuat suatu aplikasi atau website sistem laporan kerusakan intern, Karena pada bagian PDE masih sering menanggapi keluhan secara manual dan juga agar pegawai bidang lainnya yang mengalami kerusakan tidak perlu datang ke bidang PDE untuk menyampaikan keluhannya, jadi diperlukan suatu aplikasi/website. Berdasarkan alasan ini penulis memutuskan untuk membuat aplikasi Sistem laporan kerusakan intern. Fokus dari penulis pada kali ini adalah pada bagian Back end sistem laporan kerusakan intern. Berdasarkan observasi penulis di PDAM Kota Denpasar, terdapat tiga macam keluhan, yang selanjutnya dikategorikan penulis yaitu Software, Hardware, dan Jaringan. Nantinya pegawai bidang lain bisa menentukan kategori/tipe dan menulis rincian keluhan. Kata Kunci: Laporan Kerusakan, Website, Infomasi
Editorial Boards & Contents Mastrika, Vida
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan Aplikasi Front-End dan Back-End CHEPI (Checklist Peralatan I Gusti Ngurah Rai) Berbasis Mobile Ramadhana Nasution, Aulia
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. (Persero) Angkasa Pura I conducts management (exploitation, development, and utilization) of airports and surrounding areas in a good and innovative manner, so that optimal utilization is achieved and results can be used to grow the company which ultimately contributes to the benefits of the State and Development National. Making a CHEPI application based on Mobile because it does not have its own application to Scan QR Code and still use the Scan QR Code feature from the Line application when checking items that make technicians trouble in checking because it uses a web-based CHEPI that does not have a QR Scan feature Code. The CHEPI application uses the Android Studio JAVA and PHP programming languages ??to build mobile-based applications and utilize MySQL databases. The development of Back-End from the CHEPI application will include analysis of system requirements, system design with Use Case Diagrams, Class Diagrams, Entity-Relationship Diagrams (ERD), and also the implementation of features. With this CHEPU application, it is expected to be able to assist in the process of checking goods at each department.
ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI SURVEI IDUSTRI BESAR DAN SEDANG (IBS) BULANAN BADAN PUSAT STATISTIK (BPS) PROVINSI BALI Dewantara, Aditya Riady
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Badan Pusat Statistik (BPS) adalah Lembaga Pemerintah Non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. BPS dalam melaksanakan tugasnya yaitu menyediakan data telah menggunakan teknologi komputer dan berbagai sistem untuk memudahkan proses pengolahan data. Sistem yang diterapkan di BPS selalu disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi dan juga mengacu kepada kebutuhan. Dalam melaksanakan tugasnya, pengolahan Data yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik Provinsi Bali masih belum efisien karena data hasil survei masih dicatat dan diperiksa secara manual lalu kemudian dilakukan entri data ke dalam database. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah Analisis dan Perancangan sistem survei rutin yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistk yaitu Survei Industri Besar dan Sedang (IBS) Bulanan. Sistem ini dapat mencatat dan mengolah data jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur pada bulan tertentu secara langsung sehingga proses pengolahan data menjadi lebih efisien. Metode pengujian yang akan dilakukan adalah dengan menggunakan metode pengujian Blackbox.
Pengembangan Front End Aplikasi Keluhan Pelanggan PDAM Tirta Amertha Jati Kabupaten Jembrana Mahayasa, I Gusti Ngurah
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PDAM Tirta Amertha Jati atau PDAM Jembrana merupakan Badan Usaha milik Pemerintah Kabupaten Jembrana, yang memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan air. Sistem yang tersedia di PDAM Jembrana kebanyakan masih dilakukan secara manual, hanya pembayaran saja yang sudah dilakukan melalui online. PDAM Jembrana sering mendapat keluhan bermacam-macam, jadi diperlukan suatu aplikasi untuk mengatasi keluhan pelanggan secara online. Aplikasi keluhan pelanggan PDAM Jembrana ini dibuat dengan menerapkan metode Extreme Programming (XP) dan hanya berfokus pada front end atau tampilan depan aplikasi saja. Dan pengujian dilakukan dengan menggunakan black box. Hasil dari penerapan metode tersebut adalah terciptanya aplikasi keluhan pelanggan yang dapat membantu PDAM dalam mengatasi keluhan pelanggan. Kata Kunci : Front End, Extreme Programming (XP), Black Box
APLIKASI SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT UMUM PADA MANUSIA BERBASIS WEB Ariyawan, Made Dwi
JELIKU (Jurnal Elektronik Ilmu Komputer Udayana) Vol 7 No 2 (2018): JELIKU Volume 7 No 2, 2018
Publisher : Informatics Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Udayana University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap orang pasti akan mengalami sakit, penyakit yang diderita setiap orang berbeda-beda. Sakit merupakan suatu kondisi dimana tubuh tidak berada pada kondisi normal yang disebabkan oleh beberapa factor baik dari dalam maupun luar tubuh. Maka dari itu kesehatan sangatlah penting bagi setiap orang dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Sistem Pakar adalah sistem informasi yang berisi dengan pengetahuan dari pakar sehingga dapat digunakan untuk konsultasi. Pengetahuan dari pakar di dalam sistem ini digunakan sebagi dasar oleh sistem pakar untuk menjawab pertanyaan (konsultasi). Sistem ini bertujuan untuk mengidentifikasi penyakit umum melalui gejala yang dialami user. Adapun beberapa penyakit yang akan dianalisa oleh system diantaranya: demam berdarah, malaria, chikungunya, kaki gajah, dan demam penyakit kuning. Manfaat dari system ini yaitu user dengan lebih mudah dan cepat mengidentifikasi penyakit melalui gejala-gela yang dialami oleh user tersebut. Maka dari itu jika user mengalami gejala-gejala aneh bisa langsung menggunakan aplikasi ini agar mengetahui penyakit apa yang dialaminya tanpa mengunjungi beberapa klinik sehingga lebih hemat biaya.

Page 1 of 2 | Total Record : 15