cover
Contact Name
Nur Kholisoh
Contact Email
nur.kholisoh@mercubuana.ac.id
Phone
+628561157794
Journal Mail Official
rizki.agustin@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Meruya Selatan, Kembangan, Jakarta 11650
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
ISSN : 19790139     EISSN : 25974793     DOI : https://doi.org/10.22441/mediakom
Core Subject : Education, Social,
MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political communication, management industri media.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi" : 11 Documents clear
ANALISIS TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL PADA PENGGUNA APLIKASI SAYURBOX SELAMA PANDEMI COVID-19 Astri Swastiarmi
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehadiran Covid-19 mengakibatkan banyak aktivitas manusia terganggu dengan keberadaannya, sehingga dibantu dengan adanya teknologi dalam memenuhi kebutuhan seharihari dengan lebih efisien dan efektif. Salah satu teknologi yang akan dibahas dalam paparan ini adalah aplikasi Sayurbox yang merupakan aplikasi berbasis teknologi dalam membantu masyarakat berbelanja sayur dan bahan segar lainnya secara online. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis model penerimaan sebuah aplikasi e-commerce yaitu Sayurbox secara utuh berdasarkan lima variabel utama dengan menggunakan pendekatan Technology Acceptance Model. Subjek dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi Sayurbox yang sudah menggunakan layanan aplikasi Sayurbox di DKI Jakarta. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Data primer yang dihasilkan sebanyak 411 kuesioner yang diolah menggunakan teknik analisis Structural Equation Model. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima yaitu persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh signifikan positif terhadap persepsi kegunaan. Persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan berpengaruh signifikan positif terhadap sikap akan penggunaan aplikasi Sayurbox. Sikap akan penggunaan berpengaruh signifikan positif terhadap minat perilaku. Minat perilaku berpengaruh signifikan positif terhadap penggunaan senyatanya dalam menggunakan aplikasi Sayurbox. Mayoritas pengguna aplikasi Sayurbox di DKI Jakarta merupakan perempuan yang berarti mereka lebih memiliki minat perilaku dalam penggunaan aplikasi Sayurbox dalam kehidupan sehari-hari dengan frekuensi dan durasi tertentu.
STRATEGI PEMANFAATAN INSTAGRAM UNTUK SOSIALISASI REGULASI SIARAN SEHAT OLEH KPI PUSAT Umroh Mahbubah
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Di Era Digital membuat proses komunikasi memasuki fase baru. Proses Informasi pun berkembang dengan cepat. Kecepatan dalam mengakses informasi terkadang tidak di imbangi dengan ketepatan informasi yang didapatkan. Pengaruh yang besar dari apa yang ditampilkan oleh media massa serta penggunaan frekuensi milik publik dalam melakukan proses siaran harus diawasi penggunaanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi pemanfaatan Instagram untuk sosialisasi regulasi siaran sehat oleh KPI Pusat. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kasus dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan instagram untuk sosialisasi regulasi siaran sehat terkendala karena tidak sedikit masyarakat yang malas mencari informasi mengenai tugas dan wewenang KPI Pusat. Media baru sangat berperan penting dalam menginformasikan serta mensosialisasikan suatu informasi juga produk yang baru kepada khalayak. Dalam penggunaan media baru, yang dilakukan oleh Komisi Penyiaran Indonesia Pusat adalah dengan memanfaatkan Instagram untuk mensosialisasikan siaran sehat.
PENERAPAN 7C DALAM MENSOSIALISASIKAN PAHAM ANTI RADIKALISME DI UNIVERSITAS MERCU BUANA Amirullah Munawir; Irmulansati Tomohardjo
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai penerapan 7C dalam mensosialisasikan paham anti radikalisme. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses dan strategi komunikasi dengan 7C di lingkup Universitas Mercu Buana dalam mensosialisasikan paham anti radikalisme.. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan Teknik pengumpulan data berupa wawancara secara mendalam dengan para narasumber ahli. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik Miles & Huberman serta teknik pemeriksaan kepercayaan menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, menunjukan bahwa sosialisasi sesuai dengan strategi komunikasi 7c oleh Cutlip & Center yang terdiri dari kredibilitas, dengan menyebarkan informasi dari sumber terpercaya sesuai konteks yaitu apa yang dikatakan saat sosialisasi integrasi dan pluralism bangsa di lingkungan Universitas Mercu Buana. Selain itu menjelaskan konten yang digunakan, media yang digunakan dan isi pesan yang disampaikan. Salah satu program yang dibuat oleh pihak Universitas Mercu Buana adalah Bela Negara dan Seminar Kebangsaan.
PENINGKATKAN REPUTASI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT (DPR) REPUBLIK INDONESIA MELALUI KEGIATAN HUMAS OLEH TV PARLEMEN Uyun Andriani; Heri Budianto
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hadirnya TVR Parlemen berawal peristiwa reformasi tahun 1998, terjadi perubahan yang sangat drastis terhadap tatanan negara. Dari yang sebelumnya otoriter, dimana orde baru menjadi yang lebih demokratis dan itu ditandai dengan pemilu pertama setelah reformasi pada tahun 1999, dan pemilu pertama tersebut menghasilkan Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI) yang pertama, setelah reformasi periode 1999-2004 itulah tonggak sejarah DPR yang lebih demokratis, dan saat itu dipimpin oleh Agung Akbar Tanjung sebagai ketua dari Golkar. DPR-RI sebagai salah satu lembaga negara yang mewakili masyarakat harus mampu mengelola reputasinya dengan baik dimata publik. Pesan yang disampaikan oleh DPR-RI dapat mengelola informasi atau isu-isu yang sedang menjadi sorotan masyarakat. Karena, reputasi merupakan konsep yang penting bagi organisasi/perusahaan. Dalam era sekarang komunikasi menjadi serba cepat, reputasi menjadi salah satu faktor penentu dalam meningkatkan dan mempertahankan eksistensi perusahaan atau lembaga pemerintah termaksud DPR-RI. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan TVR Parlemen memberikan kebijakan dalam mengelola informasi sesuai dengan Visi dan Misinya. Kebijakan yang dilakukan TVR Parlemen dalam meningatkan reputasi DPR adalah mensosialisasikan segala Tugas dan Fungsi DPR-RI, mendokumentasikan kegiatan yang terkait Fungsi Legislasi, Fungsi Anggaran, dan Pengawasan. Strategi yang digunakan TVR Parlemen dalam mensosialisasikan informasi – informasi tersebut yaitu dengan cara melakukan kerjasama dengan media massa , untuk dapat memperluas hasil dokumentasi yang telah direkam dan diolah oleh TVR Parlemen sebagai suatu informasi yang akan disampaikan kepada publik.
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE UMKM DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN DI MASA PANDEMI Nadira Sekar Lintang
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Banyaknya regulasi yang ditetapkan Pemerintah akibat pandemi covid-19 membuat hampir seluruh UMKM mengubah media penjualannya dari offline ke online melalui marketplace. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai pendekatannya dan deskriptif sebagai metodenya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran Toko Laundry Indonesia (TLI) sebagai UMKM dalam meningkatkan penjualan melalui kegiatan promosi online di masa pandemi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa TLI menerapkan Integrated Marketing Communication Strategy (IMC) sebagai strategi komunikasi pemasaran online dengan empat saluran komunikasi, diantaranya adalah Periklanan, Promosi Penjualan, Hubungan Masyarakat, dan Acara melalui Shopee dan Tokopedia. Strategi ini pastinya dibantu oleh faktor pendukung, meskipun juga terdapat faktor yang menghambat TLI dalam melakukan aktivitas promosionlinenya. Kesimpulannya adalah IMC dapat membantu TLI dalam meningkatkan penjualan mereka melalui marketplace selama pandemi covid-19.
TEACHER COMMUNICATION COMPETENCE IN TEACHING THROUGH ONLINE PROCESSES AT SMK SATRIA JAKARTA ACADEMIC YEAR 2021/2022 Indra Mulya Pratama
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to describe and analyze teacher communication competencies in teaching through the online process during the 2021/2022 academic year at SMK Satria Jakarta. Teaching and learning activities (KBM) through the online process are one of the new challenges for teachers, where teachers do not teach face-to-face and take advantage of the existing internet network. The research method used by the author is a case study. The type of case study method is an intrinsic case study, where the author wants a better understanding of the case to be studied. The results of this study describe communication competence in the online learning process. Communication between teachers and students in teaching through the online process has a positive impact on communication competencies that continue to develop, Therefore in this sub-chapter the communication competence of teachers at SMK Satria Jakarta is analyzed through five dimensions of communication competence, namely the dimensions of motivation, the dimensions of knowledge, the dimensions of skills. , the dimension of attitude, the emotional dimension in order to produce an in-depth analysis. It is known that the pedagogic competence of teachers at SMK Satria Jakarta is able to manage online learning for students. In addition, in personality competence, teachers at SMK Satria Jakarta have personality competencies that can be role models in communicating. In social competence, teachers at SMK Satria Jakarta have social skills which are one of the competencies in the teacher's personality that can distinguish the approach between teachers and students. In professional competence, the teachers at SMK Satria Jakarta have competence according to their respective fields, this is one of the keys to being able to maintain good communication between teachers and students. And finally, the communication competence of teachers at SMK Satria Jakarta in carrying out online learning continues to grow, and can be in line with the theory of gestalt learning and the theory Social Construction of Technology
REPRESENTATION OF INFLUENCER IDENTITY ON SOCIAL MEDIA (SOCIAL SEMIOTICS ANALYSIS ON INSTAGRAM ACCOUNTS @CRISTIANO, @JUSTINBIEBER, @LEOMESSI, AND @THEROCK) Wendra Ajistyatama; Ahmad Mulyana
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Social media Instagram is a popular photo and video sharing application. Through sharing images on the app, influencers can promote or endorse products, brands and services to their followers. Influencers are also required to be creative in posting photos on Instagram for the sake of the beauty of the feed on their Instagram. Their success in promoting or assessing their reputation as influencers is usually manifested through the number of “Likes” received on photos posted on Instagram accounts. The question is what kind of fashion images are likely to be well received by their followers. This study uses the work of social semiotics Kress and van Leeuwen (1999&2006) to evaluate what types of photos tend to be liked by audiences and why they are liked. The analysis involved examining five different semiotic sources (i.e. distance from which the photo was taken, participant gaze (gaze), relationship between participants in the photo, participant's clothing and clothing color), followed by a qualitative analysis of preferred photographs, taking into account the particular context of the photo. The photo is like the identity described by the influencer, and the moment is described through the photo.
REPRESENTASI MAKNA NEW NORMAL DI ERA PANDEMI COVID 19 PADA HARIAN KOMPAS DAN REPUBLIKA Afdal Makkuraga Putra; St. Khadijah; Dicky Andika; Eka Perwitasari
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Wabah virus Corona atau Covid 19 membawa pengaruh yang sangat besar dalam kehidupan sehari-hari. Patogen yang tak kasat mata ini merupakan pembawa penyakit sindrome pernafasan yang bisa berakibat pada kematian. Untuk memutus mata rantai penyebarannya pemerintah memberlakukan new normal (Kenormalan baru). Suatu bentuk adaptasi kehidupan yang berbeda dengan kehidupan sebelum datangnya pandemi. New Normal ditandai dengan bekerja dari rumah (WFH), menghidari kerumunan, memakai masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun di air mengalir atau menggunakan hand sanitiser. Media-media besar menjadikan peristiwa pandemi sebagai berita utama setiap hari. Penelitian ini akan mengkaji pemberitaan tentang pandemi corona mulai Maret 2020-Oktober 2020 di Harian Kompas dan Republika. Metode penelitian Analisis Wacana Kritis model Van Dijk. Hasil penelitian menujukkan terdapat perbedaan warna dan cara pemberitaan terkait dengan wacana normal baru. Harian Kompas berfokus pada pemulihan ekonomi dalam era new normal sedang Republika menekankan pada kedisiplinan warga mematuhi protokol kesehatan. Pada analisa kognisi sosial Republika senantiasa memegang teguh prinsip 3M2K (muslim, moderat, modern, kebangsaan, dan kerakyatan). Sedangkan Kompas memegang teguh jurnalisme fakta dan jurnalisme makna. Pada level konteks sosial terlihat bahwa New Normal sudah menjadi grand narrative atau meta narasi narasi.
NEWS FRAMING ANALYSIS OF BAGYO WAHYONO-FX SUPARJO IN THE 2020 MAYORAL ELECTION AT SOLOPOS.COM AND TRIBUN SOLO.COM St Arief Setiaji; Heri Budianto
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Rural election in Solo presented an interesting political competition between the Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa and Bagyo Wahyono-FX Suparjo. The two couples come from different political 'castes'. Through research with an approach approach using the Robert N. Entman framing analysis model, it can be seen the mass media framing model in revealing that Bagyo Wahyono-FX Suparjo couple who came from independent candidate. Meanwhile, in democratic parties, such as local elections, the mass media are in a neutral position.
KOMUNIKASI POLITIK GIBRAN RAKABUMING RAKA DALAM MEMPERJUANGKAN KEPUTUSAN DPP PDI PERJUANGAN SEBAGAI CALON WALIKOTA SOLO (ANALISA PERSPEKTIF TEORI JÜRGEN HABERMAS) Yohanes Frenky; A.Rahman A.Rahman
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 1 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis komunikasi politik Gibran Rakabuming Raka dalam memperjuangkan keputusan DPP PDI Perjuangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Paradigma dalam penelitian ini adalah paradigma kritis dengan analisis perspektif teori tindakan komunikatif dari Jürgen Habermas. Dalam penelitian ini,penulis mengumpulkan data dari berbagai sumber. Data penelitian terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer berupa wawancara dan data sekunder berupa dokumen, laporan serta studi literatur dari buku, jurnal, media massa dan hasil penelitian terdahulu. Adapun informan dalam penelitian ini yakni Gibran Rakabuming Raka dan PDI Perjuangan dari tingkat DPC Solo, DPD Jawa Tengah serta DPP. Hasil dari penelitian ini yaitu Gibran Rakabuming Raka membangun pola komunikasi politik dari atas ke bawah melalui konsultasi dengan DPP PDI Perjuangan. Pola komunikasi tersebut menguntungkan Gibran Rakabuming Raka dikarenakan DPP PDI Perjuangan menerapkan komunikasi monologis terhadap DPC PDI Perjuangan Solo dan Achmad Purnomo. Pendekatan elitis yang dijalankan oleh Gibran Rakabuming Raka tidak menunjukkan communication rational action sesuai dengan pandangan Jurgen Habermas tetapi lebih kepada purposive rational action. Sementara itu, citra milenial dan persepsi anak presiden memberikan kemudahan bagi Gibran Rakabuming Raka, apalagi Presiden Joko Widodo adalah kader PDI Perjuangan sehingga konsensus dalam rekomendasi pencalonan tidak merepresentasikan komunikasi dialogis.

Page 1 of 2 | Total Record : 11