MediaKom : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
MediaKom Jurnal Ilmiah Komunikasi diterbitkan oleh Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu buana, terbit 2 (dua) kali dalam satu tahun yaitu edisi Juni dan Edisi Desember. Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi menerima tulisan dengan tema corporate dan marketing communication, political communication, management industri media.
Articles
10 Documents
Search results for
, issue
"Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi"
:
10 Documents
clear
STRATEGI KAMPANYE CALON LEGISLATIF DPR RI DALAM MENINGKATKAN POPULARITAS AKSEPTABILITAS DAN ELEKTABILITAS PADA PEMILU DPR RI (Mohamad Saleh Caleg DPR RI Partai Golkar 2019- 2024)
Reonaldo Suryanata;
Heri Budianto
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Strategi kampanye yang tepat sasaran dari masing-masing kontestan partai politik dan calon legislator sudah menjadi keharusan dalam setiap kontestasi politik, Melihat kontestasi politik pemilu 2019, sehingga menarik minat peneliti untuk meneliti salah satu komunikator politik yang telah berhasil memenangkan kontestasi tersebut ialah adalah H. Mohammad Saleh, S.E merupakan salah satu politisi partai Golkar daerah pemilihan Provinsi Bengkulu untuk pemilihan umum calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI 2019-2024). Sebelumnya Mohammad Saleh merupakan Ketua Dewan Perwakilan Daerah periode 2016-2017 menggantikan Irman Gusman. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui strategi kampanye Mohammad Saleh dalam kontestasi pemilihan umum calon legislatif DPR RI 2019 serta Untuk mengetahui penggunaan new media dalam strategi kampanye Mohammad Saleh. Teori yang digunakan menurut Dan Nimmo pada tahun (2005:9) yakni komunikasi politik adalah kegiatan komunikasi yang dianggap komunikasi politik berdasarkan konsekuensi-konsekuensinya (aktual maupun potensial) yang mengatur perbuatan manusia di dalam kondisi-kondisi konflik.Hasil penelitian Pada pemilu caleg 2019 yang lalu, popularitas, akseptabilitas dan elektabiltas Hasil penelitian menunjukkan Mohammad Saleh berhasil meningkatkan popularitas (terkenal), akseptabilitas (diterima) dan elektabilitas (dipilih) secara signifikan karena mempunyai keunggulan untuk menggerakkan sumber dayanya melalui program-program nyata, yakni pernah menjabat sebagai Ketua DPD RI. Sebagai caleg DPR RI dari Partai Golkar strategi yang digunakan untuk meningkatkan popularitas yakni melakukan kampanye melalui media koran dan televisi, juga menggunakan alat peraga kampanye lainnya seperti kalender,baliho dan spanduk. Dalam meningkatkan elektabilitas tersebut Mohamad Soleh juga terjun langsung ketengah masyarakat melakukan banyak kegiatan seperti kegiatan kegamaan, kepemudaan dan olahraga, serta kesenian. Berkomunikasi dengan masyarakat / seperti berkampanye memberikan pandangan terkait visi dan misi sebagai Caleg DPR RI. Kampanye dapat dilakukan dengan menunjukkan keberhasilan yang sudah dicapai oleh Mohammad Soleh untuk dapat menjadi materi kampanye yang efektif. untuk menaikkan elektabilitas dengan menggunakan cara-cara yang cerdas, etis dan konstruktif.
KOMPETENSI KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENGELOLA LSP TERHADAP KEPALA SMK JEJARING DALAM MENINGKATKAN UJI SERTIFIKASI KOMPETENSI SISWA (Studi Kasus Di Smk Media Informatika Jakarta Selatan)
Rinawati Rinawati;
Yuliawati Yuliawati
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini menggambarkan secara jelas tentang kompetensi komunikasi interpersonal pengelola LSP terhadap kepala sekolah jejaring. Data penelitian ini bersumber dari observasi, buku, arsip, jurnal dokumen dan sumber tertulis yang sesuai, serta informasi informan yang diperoleh melalui wawancara. Daftar wawancara bertujuan pada masalah spesifik yang meliputi judul subjek penelitian. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif, dengan langkah reduksi data serta penyajian data diakhiri penyimpulan. Kesimpulan data yang telah dianalisis adalah motivasi komunikasi interpersonal pengelola LSP yaitu memberikan reward kepada kepala sekolah sejaring dan sertifikat bagi siswa kompeten dan tidak kompeten dari beberapa faktor penghambat partisipasi uji sertifikat kompetensi seperti faktor berasal dari sekolah antara lain; keterbatasan mempelajari materi yang akan diujikan karena tidak diprediksikan, kepala sekolah sudah puas dengan sertifikat yang dimiliki anak dari dunia usaha atau industri. Faktor penguji tidak memiliki background dunia usaha atau industri. Dan faktor dari siswa seperti lingkungan tidak mendukung, factor didikan orang tua, pembiayaan, masyarakat belum sepenuhnya mendukung mengenai pentingnya sertifikat kompetensi, tidak tersaringnya informasi teknologi yang lebih baik, orang sekitar kurang mendukung mengenai kemajuan pribadi siswa sehingga banyak pelajar yang mudah terpengaruh kearah negatif di dalam masyarakat. Pengelola LSP Media Informatika Jakarta membangun pemahaman dan partisipasi siswa SMK Jejaring untuk mengikuti uji sertifikat kompetensi menggunakan kompetensi komunikasi interpersonal terhadap kepala sekolah jejaring agar kepala sekolah dan stakeholder paham output sertifikat uji kompetensi siswa sehingga lulusan SMK mampu mempersiapkan diri menghadapi persaingan tenaga kerja baik lokal maupun internasional sehingga SDM Indonesia dapat maju dan meningkat sesuai keinginan pemerintah dengan memiliki sertifikat kompetensi sebagai perwakilan kompetensi siswa yang dikeluarkan oleh BNSP
PERANAN PEREMPUAN DALAM KEPEMIMPINAN POLITIK DI DPR-RI PERIODE 2014-2019
Tirta Purnama Aji
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Jumlah perempuan di dunia menduduki peringkat tertinggi dibandingkan dengan jumlah laki-laki. Sejak pasca reformasi, perempuan terus aktif dan gigih melalui berbagai gerakan untuk memperluas kesetaraan perannya. Perempuan kini telah mendapatkan haknya mengenai keterlibatan atau kewajibannya dalam kegiatan/daftar calon legislatif sebanyak 30 persen jumlah kouta. Khususnya ini terjadi di DPR, lembaga tinggi ketatanegaraan yang memiliki rangkaian tugas untuk merangkai rancangan undang-undang dan otoritas menerima, membahas bahkan membatalkan serangkaian RUU yang diusulkan Pemerintah. Pada periode 2014-2019 ini, jumlah keseluruhan Anggota DPR berjumlah 553 orang, yang terdiri dari 450 orang berjenis kelamin laki-laki, dan 103 orang perempuan. Mereka terdiri dari berbagai fraksi yang mempunai kusri di kepemimpinan DPR. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktivisme, metode studi kasus, teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara mendalam. Teori menggunakan teori organisasi dan strukturasi empat model aliran yang dikemukakan oleh McPhee dan Pamela Zaug. Hasil dari penelitian ini adalah perempuan sangat berperan dalam pengambilan keputusan khususnya dibidang yang memperjuangkan hak-hak dan aspirasi perempuan.
MODEL KOMUNIKASI KOMUNITAS MOBIL JAKARTA BERBASIS MODAL SOSIAL DALAM PERCEPATAN PENANGANAN COVID 19
Endah Pratiwi;
Henni Gusfa
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini untuk menganalisis model komunikasi komunitas mobil berbasis modal sosial (trust/kepercayaan,norma dan jaringan ) dalam percepatan penanganan Covid-19. Segala kegiatan komunitas dalam situasi pandemi Covid 19 ini diarahkan pada kegiatan komunitas dalam ikut serta menanggulangi pandemi Covid-19. Komunitas ini melakukan berbagai kegiatan seperti baksos dan yang mendukung anjuran pemerintah tentang social distancing dan aturan-aturan yang dicanangkan pemerintah guna menekan penularan Covid-19 saat ini. Penelitian ini berusaha mengetahui dan mendeskripsikan komunikasi komunitas mobil dalam pengambilan keputusan kelompok melalui pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengaplikasikan empat fungsi dalam teori perspektif fungsional dalam pengambilan keputusan Hirowaka & Gouran. Paradigma menggunakan Post-positivisme Objek penelitian ini komunitas mobil. Hasil penelitian ini di dapatkan dua tipe komunikasi kelompok dalam penelitian ini : Promotive-interactive dan Conteractive-interactive berbasis modal sosial kepercayaan dan jaringan yang di inisasi olek ketua umum dan pengurus serta anggota, Kedua tipe diatas yang di temukan dalam komunikasi komunitas mobil dalam proses pengambilan keputusan . Dalam pengambilan keputusan problem analysis, identification of alternatives, goel setting, evaluation positives and negatives keperdulian bersama-sama, gotong royong untuk percepatan penanganan Covid-19 sebagai high quality decision.
Peran Komunikasi Antarpribadi Orangtua dan Anak Usia 3-6 Tahun dalam Menumbuhkan Minat Baca di Era Digital
Suraya suraya;
Radik Sahaja
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan dan menganalisis tahapan proses komunikasi antarpribadi orangtua dan anak usia 3-6 tahun dalam upaya menumbuhkan minat baca di era digital. Di masyarakat modern tak jarang karena kesibukan sehari-hari yang berkutat dengan teknologi membuat orangtua jarang melakukan komunikasi dengan buah hati. Anak usia dini 3-6 tahun pun terpapar radiasi gawai. Proses komunikasi antarpribadi berdasarkan Mark Knapp dapat dilihat ke dalam tiga bagian besar. Pada dasarnya di era digital seperti sekarang kemampuan literasi baru harus dimiliki oleh setiap individu dengan fondasi literasi lama yang salah satunya adalah membaca. Hasil data beberapa institusi menggambarkan masih rendahnya tingkat literasi masyarakat Indonesia. Periode emas yang dimiliki oleh anak usia dini sudah seharusnya diisi dengan aktivitas positif agar membentuk karakter dan pribadi unggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara mendalam, observasi, dan studi literatur. Terdapat enam pasang orangtua-anak sebagai informan dalam penelitian ini. Mereka belum sepenuhnya melakukan komunikasi antarpribadi dalam rangka menumbuhkan minat baca menggunakan buku cerita. Secara keseluruhan, terdapat komunikasi yang efektif pada tahapan proses komunikasi antarpribadi yang dilakukan oleh orangtua guna mengupayakan menumbuhkan minat baca anak di era digital.
PENGELOLAAN ETIKA PESAN AKUN @LAMBE_TURAH DALAM KEHIDUPAN ARTIS
Chitra Ayu Nadya
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Instagram merupakan media sosial yang sedang menjadi industri baru. Hal ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, tidak lagi untuk mengetahui berita-berita yang ada di luar sana, tetapi seringkali Instagram digunakan untuk urusan bisnis, sehingga pesan yang disampaikan juga harus menggunakan etika yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan etika pesan yang dilakukan @Lambe_Turah di Instagram nya dalam kehidupan artis. Menggunakan teori tindakan sosial Max Weber, penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan metode studi kasus. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dengan salah satu informan ahli media sosial di Indonesia dan mengamati konten Instagram @Lambe_Turah itu sendiri, seperti konten home feed, Instagram Story dan juga komentar dari masyarakat dalam bentuk dokumentasi. Analisis teknis dengan reduksi data, tampilan data, dan verifikasi. Triangulasi sumber adalah teknik pemeriksaan keabsahan data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan etika dalam media sosial yang dilanggar oleh @Lambe Turah serta konflik utama yang membuat akun ini viral. Sarannya adalah untuk dapat menjadi pembelajaran bagi para pengelola akun @Lambe_Turah agar tetap konsisten pada kontennya dan dapat mengembangkan lebih besar lagi di industri entertainment, tetap pada jalur etika yang ada di Indonesia dan memiliki perwakilan badan hukum yang legal, agar menghindari kasus hukum di kemudian hari. Peneliti selanjutnya dapat membandingkan pengelolaan akun anonim seperti @Lambe_Turah atau bisa meneliti teori- teori komunikasi lainnya di akun @Lambe_Turah.
ANALISA FRAMING MEDIA ONLINE KOMPAS.COM DALAM PEMBERITAAN TENTANG PEMINDAHAN IBUKOTA NEGARA OLEH PRESIDEN RI
Glory Silvana
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Dalam sistem perpolitikan di negara demokrasi, media massa/ pers memiliki peranan yang sangat penting. Pada awalnya, didalam setiap pemberitaan atau penyampaian informasi, sebuah media pasti memiliki frame tertentu. Framing berkaitan dengan berbagai proses produksi berita lalu kerangka kerja dan rutinitas organisasi media. Kompas.com sebagai salah satu salah satu media internet terpercaya di Indonesia memiliki gaya tersendiri dalam melakukan pemberitaan mengenai suatu berita. Seperti pemberitaan yang menjadi soroton masyarakat Indonesia belakangan ini yaitu kebijakan politik Presiden Republik Indonesia Jokowi yang telah mengumumkan pindahnya Ibukota dari Jakarta ke Prov. Kalimantan Timur, pada Senin 26 Agustus 2019 di Istana Negara Jakarta. Rencana pemerintah ini tentu saja mengundang pro dan kontra. Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif melalui tipe penelitian deskriptif. Di dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data-data mengenai analisa framing media online kompas.com terhadap pemberitaan tentang pemindahan Ibukota RI. Hasil penelitian ini membahas mengenai analisa framing mediaonline/ daring Kompas.com dalam pemberitaan tentang pemindahan Ibukota Negara oleh Presiden RI. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kompas.com melakukan framing dalam melakukan pemberitaan tentang pemindahan Ibukota RI oleh Presiden RI.
CORPORATE SOCIAL MARKETING SEBAGAI IMPLEMANTASI PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY MELALUI EDUKASI PENGGUNAAN AIR BERSIH (Studi Kasus Komunikasi Korporasi di PT Aetra Air Jakarta)
Ratri Mustika Dewi;
Leila Mona Ghaniem
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Aetra Air Jakarta (AETRA) dijalankan secara konsisten. AETRA menyadari bahwa CSR bukan hanya kegiatan yang berbasis kepatuhan dan filantropis, melainkan tanggung jawab moral yang senantiasa mengedepankan visi dan misi sebagai langkah strategis perusahaan. AETRA mengutamakan kegiatan manajemen, organisasi dan pemasaran yang terintegrasi dalam kegiatan CSR. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji manajemen strategis dan integrasi dalam kegiatan CSR AETRA. Penelitian ini menerapkan teori komunikasi korporat untuk mendefinisikan bagaimana kerangka kerja komunikasi secara keseluruhan mulai dari manajemen komunikasi, komunikasi pemasaran dan komunikasi organisasi. Penelitian ini menggunakan paradigma post-positivis, pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam dan triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa Corporate Social Marketing yang dilakukan melalui program Corporate Social Responsibility dengan memberikan edukasi penggunaan air bersih adalah dengan menerapkan strategi komunikasi korporat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, membangun loyalitas dan strategi AETRA menuju bisnis yang berkelanjutan.
PENGELOLAAN KONTEN INSTAGRAM KEMENKO PMK DALAM MEMBENTUK BRAND AWARENESS (Studi Kasus pada Instagram @kemenko_pmk)
Nisa Amalia;
Yoyoh Hereyah
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Pengunaan Instagram seringkali di manfaatkan sebagai alat untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk membangun brand awareness melalui eWOM (Electronic Word of Mouth) yang tercipta dari komentar pengguna tentang produk atau layanan yang diposting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tim media sosial mengelola pesan dalam membantuk brand awareness dan bagaimana awareness masyarakat mengenai konten tersebut. Menggunakan teori pengelolaan pesan dan brand awareness. Penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivis dengan metode stadi kasus. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dengan 3 narasumber pengelola instagram Kemenko PMK dan 15 followers Kemenko PMK. Teknis analisis dengan reduksi data, display data, mengambil keputusan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola instagram, Tim Kemenko PMK belum melaksanakan tugasnya dengan efektif sehingga instagram tidak interaktif dan tidak menarik sehingga Masyarakat kurang mengetahui peran, fungsi dan tugas dari Kemenko PMK dikarenakan minimnya informasi yang diberikan. Sarannya adalah dapat menetapkan audiens dan strategi konten, menerapkan copywriting, memperbanyak konten menarik dan menjadikan instagtam sebagai media sosial komunikasi 2 arah.
TRANSFORMASI TRADISI BAJAPUIK ADAT PERNIKAHAN PARIAMAN (Studi Fenomenologi Komunikasi Antarbudaya Perantau Jakarta)
Riza Gusti Rahayu;
Ahmad Mulyana
MediaKom : Jurnal Ilmiah Komunikasi Vol 11, No 2 (2021): Mediakom Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Publisher : Universitas Mercu Buana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tradisi Bajapuik merupakan ritual pernikahan adat yang dilakukan oleh masyarakat Pariaman, suatu perubahan tradisi Bajapuik di masyarakat Pariaman urban melalui proses komunikasi antar budaya di masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan secara detail transformasi tradisi bajapuik yang dilakukan oleh perantaug di perkotaan. Teori yang digunakan adalah teori fenomenologi sosial dan teori interaksi simbolik Alfred Schutz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode fenomenologi dengan paradigma konstruktivis. Informan penelitian ini adalah perantau dari Pariaman dan memahami pengalaman tradisi Bajapuik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah terjadi transformasi dalam tradisi Bajapuik berupa perubahan makna simbol budaya bagi pendatang dalam mempertahankan tradisi Bajapuik yang sebelumnya memiliki makna sebagai simbol identitas Pariaman-Minangkabau. Keadaan individu dan modern masyarakat perkotaan terlibat dalam politik identitas dimana masyarakat selalu mencari formasi identitas baru. Terdapat transformasi makna Bajapuik, simbol Bajapuik dan prosesi tradisi Bajapuik dalam lingkungan sosial nomaden Jakarta dan dalam mengekspresikan identitas etnis Minang karena kesadaran individu untuk mempertahankan tradisi Bajapuik yang konvensional.