Tingkat kepuasan pasien didasarkan oleh adanya pelayanan kesehatan yang berkualitas, sehingga pelayanan kesehatan dituntut profesional, cepat, bersih dan ramah tanpa memandang pasien di Ruang UGD Dan Rawat Inap. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kualiatas pelayanan perawat dengan kepuasan pasien di ruang UGD dan rawat inap di Puskemas Wisata Dau. Desain penelitian menggunakan komparatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 152 orang, sampel penelitian ditentukan dengan teknik quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 68 orang. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisa data yang digunakan yaitu ujimann whitney dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan kualitas pelayanan perawat di ruang UGD sangat baik yaitu70,6% dan 55,9% di ruang rawat inap, kepuasan pasien 73,5% di ruang UGD merasa puas dan 61,8% di ruang rawat inap merasa sangat puas dengan kualitas pelayanan perawat. Hasil uji mann whitney didapatkan p-value kualitas pelayanan = (0,002) < (0,05) dan p-value kepuasan pasien = (0,001) < (0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan kualitas pelayanan perawat, kepuasan pasien di ruang UGD dengan rawat inap Puskesmas Wisata Dau. Berdasarkan hasil penelitian maka diharapkan tenaga kesehatan untuk lebih memperhatikan penampilan yang baik dan rapi dalam pemberian pelayanan pada pasien di ruang UGD dan rawat inap yang dapat meningkatkan kepuasan pasien.
Copyrights © 2018