Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 2 No. 1 (2019): April

ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI KUBUS DAN BALOK

Junita Sari (Program Pasca Sarjana Pendidikan Matematika, Universitas Riau)
Fanny Hayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahman konsep matematis siswa terlihat pada gejala berikut, yaitu siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal matematika yang sedikit berbeda dari contoh yang diberikan dan siswa kesulitan menerapkan konsep dalam soal cerita. Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi kubus dan balok. Metodologi yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang siswa SMPN 3 Rambah Samo. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: (1) tes kemampuan pemahaman konsep matematis; (2) observasi;(3) Wawancara (4) dokumentasi. Hasil penelitian dari kemampuan pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan 82,9%. Dari hasil penelitian ini dapat memberikan informasi kepada guru tentang kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sehingga guru diharapkan dapat merancang kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada indikator memberikan contoh dan non contoh dari konsep serta indikator menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur tertentu.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...