Jurnal Ilmiah KORPUS
Vol 3, No 1: APRIL 2019

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PEDAGOGI GENRE, SAINTIFIK, DAN CLIL (CONTENT AND LANGUAGE INTEGRATED LEARNING) PADA SISWA KELAS XI SMAN 2 KOTA BENGKULU

Didi Yulistio (Universitas Bengkulu)
Anita Fhitri (Pascasarjana FKIP Unib)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis cerita pendek menggunakan model pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL (Content and Language Integrated Learning) pada Siswa Kelas XI-C SMAN 2 Kota Bengkulu. Ruang lingkup penelitian ini mencakup  aspek (1) kesesuaian isi dengan tema, (2) struktur teks cerpen, (3) pilihan Kata (diksi), (4) penggunaan kalimat (gaya bahasa cerpen), dan (5) mekanik (ejaan dan tulisan tangan). Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif-kuantitatif dan model PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri atas 4 tahapan, yakni tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data penelitian siswa kelas XI-C SMAN 2 Kota Bengkulu sebanyak 28 orang dan data penelitian ini berupa teks cerpen. Pengumpulan data menggunakan petunjuk tes menulis cerpen dengan tema  ditentukan dan lembar pengamatan aktivitas siswa. Analisis data menggunakan perhitungan rata-rata dan analisis akhir secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan menulis Cerpen melalui model pembelajaran Pedagogi Genre, Saintifik, dan CLIL pada siswa kelas XI IPA-C SMAN 2 Kota Bengkulu. Hal ini terbukti dari hasil pembelajaran pada siklus I diperoleh rerata sebesar 70,21 dengan kategori baik dan meningkat pada hasil pembelajaran siklus II dengan rerata sebesar 80,14 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mencakup aspek disiplin, bertanggung jawab, kerjasama dan mandiri dengan kategori cukup aktif pada siklus I meningkat menjadi sangat aktif pada siklus II dalam materi pembelajaran mendeskripsikan struktur teks, nilai-nilai kehidupan, dan struktur pembangun cerpen.Kata kunci: Kemampuan, menulis, cerpen, saintifik, pedagogi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

korpus

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah KORPUS merupakan jurnal Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UNIB. Jurnal ini memuat dan menyebarluaskan hasil kajian ilmiah dan hasil-hasil penelitian mahasiswa dan dosen yang terpilih tentang bahasa, sastra, dan pengajarannya. KORPUS terbit tiga kali dalam setahun, yaitu ...