AEC merupakan komunitas kerjasama perdagangan bebas yang mencakup manusia( tenaga kerja), barang dan jasa tanpa halangan dan batas lagi. Indonesia merupakan pasar yang cukup potensial dan diperhitungkan di negara ASEAN, AEC merupakan tantangan sekaligus peluang yang dapat dimanfaatkan bagi negara Indonesia khususnya bagi UMKM.Adapun permasalahan yang diangkat yaitu: bagaimana kondisi dan perkembangan UMKM di Indonesia, apa saja tantangan UMKM Indonesia dengan adanya AEC, peluang apa saja bagi UMKM dengan adanya AEC, serta strategi apa agar UMKM Indinesia dapat mengubah tantangan menjadi peluang sehingga dapat mendatangkan pendapatan. Tujuannya untuk mengidentifikasi tantangan, peluang dan strategi UMKM dalam ajang AEC.Metode yang digunakan yaitu, dengan deskripsi eksploratif. Strategi UMKM dalam ajang AEC yaitudengan penguatan daya saing global, penguatan pasar domestik dan penguatan ekspor.
Copyrights © 2016