Jurnal Administrasi dan Manajemen
Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Administrasi dan Manajemen

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN GRABBIKE DI JAKARTA TIMUR

Sumi Kasum (Universitas Respati Indonesia)
Sularto Sularto (Universitas Respati Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2017

Abstract

Transportasi ojek Online berbasis aplikasi sedang disukai masyarakat. Sehingga menimbulkan persaingan yang semakin ketat, dan Membuat perusahaan selalu saling berinovasi dalam memberikan kepuasan pada pelanggan maupun untuk menarik pelanggan baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan promosi terhadap Kepuasan Pelanggan. Metode penelitian kuantitatif. Populasi seluruh pengunjung Grabbike di Jakarta Timu,sampel sebanyak 50 Pelanggan diambil secara accidental. Analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji t dan uji f, dengan analisis koefisien korelasi, analisa determinasi, analisa regresi berganda. Hasil penelitian adalah dari hasil uji t diketahui variabel Kualitas Pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan Pelanggan dengan nilai p 0,016, variabel Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan p 0,001 sehingga secara bersama-sama (simultan)  kualitas pelayanan dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan Pelanggan dengan kontribusi sebesar R20,332. Kesimpulan kualitas pelayanan dan promosi bersama-sama berhubungan dengan kepuasan pelanggan dengan kontribusi sebesar 33,2%. Saran kualitas Pelayanan dari Grabbike harus dipertahankan jika perlu lebih ditingkatkan lagi. Misalnya seperti ojek online pesaing Grabbike harus memberikan pelayanan dengan lebih baik dan ramah, penampilan harus rapih dan bersih saat mengantar pelanggan. Mengingat Promosi mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan maka sebaiknya Grabbike terus meningkatkan aspek-aspek promosi yang dirasa masih kurang yakni kejelasan menginformasi yang disampaikan dan menambah frekuensi promosi, hal ini dapat dilakukan dengan cara antar lain memperluas memperbanyak brosur dan meng-updet tampilan iklan di situs internet.  Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan promosi terhadap Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

administrasimanajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Administrasi dan Manajemen (JAM) dengan e-ISSN : 2623-1719 dan p-ISSN : 1693-6876 Published by Universitas Respati Indonesia, Jakarta, Administrasi dan Manajemen is published twice every year, in June and ...