Youtube merupakan wadah yang saat ini dimanfaatkan oleh konten creator untuk menuangkan segala ide dan kreativitasnya. Dengan Youtube lahir beragam konten creator yang salah satunya adalah beauty vlogger. Beauty vlogger merupakan sebutan untuk pembuat konten berupa video yang fokus pada dunia kecantikan. Kehadiran beauty vlogger saat ini digemari oleh para wanita. Beauty vlogger berbagi pengetahuan dan informasi seputar kecantikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat yang diberikan dari adanya kehadiran Youtube terhadap beauty vlogger dalam mengedukasi viewers. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini media sosial yang merupakan media online di mana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan konten baik itu blog, social network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dimana objek penelitian yakni media sosial Youtube. Subyek penelitian yaitu beauty vlogger dan viewers. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bawa fungsi media sosial yang paling dominan adalah fungsi informasi, dimana fungsi ini sekaligus berfungsi untuk mengedukasi viewers.
Copyrights © 2017