Koneksi
Vol 1, No 2 (2017): Koneksi

Etika Iklan & Peradaban Sosial (Komodifikasi Masalah Sosial Dalam TVC Meikarta Dengan Analisis Semiotika Model Charles Sanders Pierce Dalam TVC Meikarta)

Mei Lani (Universitas Tarumanagara)
Widayatmoko Widayatmoko (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
26 May 2018

Abstract

Sejak manusia hidup bermasyarakat, sejak itulah masalah sosial terjadi di dalamnya. Sulit ditemukan kondisi masyarakat yang ideal dan seluruh kehidupan sosial sesuai dengan harapan. Masalah sosial juga saat ini dapat dikemas untuk tujuan komersil guna mendapatkan keuntungan. Konten masalah sosial memang sangat menjanjikan karena menampilkan sebuah realitas sosial yang ada. Penelitian ini bertujuan melihat adanya komodifikasi masalah sosial dalam TVC Meikarta. Komodifikasi merupakan proses mengubah barang dan jasa, termasuk komunikasi, yang dinilai karena kegunaannya, menjadi komoditas yang dinilai karena apa yang akan mereka berikan di pasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena dapat menggambarkan suatu gejala sosial. Subjek penelitian adalah TVC Meikarta dan objek penelitian adalah komodifikasi masalah sosial. Teknik analisis data menggunakan Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce. Lippo Group sebagai kapitalis mengkomodifikasi masalah sosial dalam TVC  untuk mendapatkan keuntungan dengan membuat iklan Meikarta dengan konten yang dramatis dengan maksud bahwa Meikarta adalah solusi yang tepat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

koneksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Koneksi (E-ISSN : 2598 - 0785) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Koneksi are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication ...