Koneksi
Vol 1, No 2 (2017): Koneksi

Komunikasi Organisasi Pada Perusahaan Skala Menengah Dalam Menciptakan Iklim Organisasi Supportiveness (Studi Etnografi Pada PT. Compro Kotak Inovasi)

Grady Grady (Universitas Tarumanagara)
Riris Loisa (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
26 May 2018

Abstract

Sebuah organisasi dapat dikatakan sukses dan berhasil apabila komunikasi internal organisasi tersebut berlangsung dengan baik dan harmonis. Komunikasi organisasi merupakan salah satu faktor penting untuk membangun iklim organisasi. Iklim organisasi dapat memberikan dorongan kepada individu dalam berperilaku. Oleh karena itu, setiap individu di dalam organisasi memiliki peran penting dalam menciptakan iklim organisasi yang baik dan harmonis. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi organisasi pada perusahaan skala menengah dalam menciptakan iklim organisasi supportiveness. Penelitian ini dilaksanakan dalam paradigma interpretif, dengan pendekatan kualitatif dan metode etnografi. Informan kunci adalah COO serta karyawan dari perusahaan PT. Compro Kotak Inovasi. Penelitian ini mencapai kesimpulan bahwa komunikasi organisasi dimana pimpinan dan karyawan saling mendukung baik dalam konteks formal maupun informal merupakan kunci untuk membangun iklim organisasi supportiveness. Dalam konteks formal dapat dilakukan melalui rapat dan mentoring yang diadakan setiap hari Rabu di mana semua karyawan diwajibkan untuk hadir. Sedangkan dalam konteks informal, komunikasi organisasi dibangun melalui meditasi untuk mengawali rapat dan melalui pendekatan kuliner.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

koneksi

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Koneksi (E-ISSN : 2598 - 0785) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Koneksi are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication ...