Instagram merupakan salah satu bentuk media baru yang saat ini dijadikan sebagai sebuah wadah bagi para konten creator untuk menuangkan segala ide, pendapat, maupun kreativitasnya. Dari adanya Instagram muncul berbagai konten creator yang berkembang sekarang dan salah satunya adalah fashion blogger. Fashion blogger merupakan panggilan untuk orang yang membuat konten berupa foto ataupun video seputar dunia fashion. Kehadiran fashion blogger saat ini telah diterima dengan baik oleh masyarakat dan dinantikan (digemari) oleh para wanita, dimana salah satu peran dari fashion blogger adalah membagikan informasi dan pengetahuan terbaru terkait dunia fashions. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisa manfaat yang diberikan terkait kehadiran Instagram terhadap fashion blogger yang berperan dalam menginspirasi style para viewers nya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini ialah teori media sosial yang merupakan media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan isi meliputi blog, social network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan kualitatif, dimana objek penelitiannya adalah media sosial Instagram dan subyek penelitiannya yaitu fashion blogger dan viewers. Hasil kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bawa fungsi media sosial yang paling dominan adalah fungsi informasi, yang berperan dalam membagikan informasi, pengetahuan, dan inspirasi bagi para viewers.
Copyrights © 2018