Prologia
Vol 2, No 1 (2018): Prologia

Pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan e-commerce Shopee di Televisi dan Promosi Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian

Chyntia Wulandari (Universitas Tarumanagara)
Rezi Erdiansyah (Universitas Tarumanagara)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan dan promosi Word of Mouthterhadap Keputusan Pembelian. Teori yang dibahas dalam penelitian ini adalah teori Daya Tarik Pesan Iklan, promosi Word of Mouth, dan Keputusan Pembelian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis metode eksplanatif. Penelitian menggunakan teknik non-probability sampling jenis insidental sampling dengan responden sebanyak 109 dan kriteria responden adalah (1) sering menggunakan e-commerceShopee minimal sekali dalam sebulan, (2) berusia 20-35 tahun, (3) pernah merekomendasikan e-commerce Shopee. Uji persyaratan analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan uji normalitas. Teknik pengumpulan data studi lapangan dengan menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan. Metode penelitian menggunakan regresi linear berganda, koefisien kolerasi dan koefisien determinasi. Sehingga hasil uji koefisien korelasi sebesar 0.911 artinya nilai koefisien korelasi 0.911 pada interval >0.75-0.99 memiliki hubungan antar variabel Daya Tarik Pesan Iklan dan promosi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian sangat kuat. Sedangkan pada koefisien determinasi menemukan nilai sebesar 0.830 yang artinya sangat kuat. Pada uji parsial (uji t) diketahui bahwa terdapat hipotesis 1 yang artinya ada pengaruh vaeiabel Daya Tarik Pesan Iklan terhadap Keputusan Pembelian, dan hipotesis 2 juga ada pengaruh promosi Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian. Maka pada hasil penelitian diketahui bahwa terdapat pengaruh Daya Tarik Pesan Iklan dan promosi Word of Mouthterhadap Keputusan Pembelian. Jadi hasil dari penelitian ini adalah antar variabel saling memiliki hubungan dengan nilai sebesar 83% dan variabel yang paling dominan adalah variabel Daya Tarik Pesan Iklan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

prologia

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Prologia (E-ISSN 2598-0777) is a national journal, which all articles contain student's writing, are published by Faculty of Communication Universitas Tarumanagara. Scientific articles published in Prologia are result from research and scientific studies conduct by Faculty of Communication students ...