Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman
Vol 5, No 2 (2017)

PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PASTA GIGI PEPSODENT PADA MAHASISWA JURUSAN EKONOMI SYARIAH FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS ISLAM IAIN PADANGSIDIMPUAN

Budi Gautama Siregar (IAIN Padangsidimpuan)
Hamni Fadlilah Nasution (IAIN Padangsidimpuan)
Siti Aisyah (IAIN Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis islam IAIN padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,727 artinya korelasi antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,507 atau 50,7 % menunjukkan variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai thitungttabel(5,111 1,663). Variabel harga ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,670 1,663). Variabel promosi ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,755 1,663). Variabel atribut produk ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (4,552 1,663). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Al-masharif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman is a peer-reviewed journal, is an economics publication of original research and writing on islamic economics. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of islamic economics and has an important role in promoting the ...