Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman
Vol 5, No 1 (2017)

PENGARUH BRAND IMAGE, BRAND EQUITY DAN BRAND LOYALITY TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR BEAT (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA HUTA RAJA KECAMATAN PANYABUNGAN SELATAN)

Izzah, Nurul ( IAIN Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2017

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalahtingkat keputusan pembelian yang tinggi terhadap sepeda motor Beat oleh masyarakat Desa Huta Raja Kecamatan Panyabungan Selatan. Padahal masih banyak sepeda motor matic merek lain yang beredar dikalangan masyarakat, khususnya pengguna sepeda motor Beat. Dengan demikian sesuai dengan yang dinyatakan oleh Surachman bahwa merek diyakini mempunyai kekuatan untuk memikat hati konsumen atau masyarakat agar membeli produk tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh Brand Image, Brand Equity dan Brand Loyalty baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Beat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Image, Brand Equity, dan Brand Loyalty terhadap keputusan pembelian sepeda motor Beat.Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Brand Image,Brand Equity,Brand Loyalty, dan keputusan pembelian.Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Data diperoleh dengan menyebarkan angket kepada37 responden. Teknik analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji asumsi dasar (uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas), uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji hipotesisdengan bantuan software SPSS versi 23.Berdasarkan hasil penelitian pada variabel Brand Image berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian sepeda motor Beat, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung ttabel (2,8532,034), maka Ha1diterima dan H01 ditolak dan pada variabel Brand Equity berpengaruh secara parsial terhadap Keputusan Pembelian, hal ini dibuktikandengan nilai thitungttabel (3,2502,034), maka Ha2diterima dan H02 ditolak. Sedangkan variabel Brand Loyalty berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan nilai thitungttabel (2,2092,034), maka Ha3 diterima dan H03 ditolak.Kemudian variabel Brand Image, Brand Equity, dan Brand Loyalty berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian, hal ini di buktikan dengan nilai FhitungFtabel (28,7232,89), maka Ha4 diterima dan H04 ditolak.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

Al-masharif

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Al-masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi dan Keislaman is a peer-reviewed journal, is an economics publication of original research and writing on islamic economics. The journal aims to provide a forum for scholarly understanding of the field of islamic economics and has an important role in promoting the ...