Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan
Vol 4 No. 2 Tahun 2018

ANALISIS DESAIN PRODUK DAN JASA

Sihombing, Sarimonang (Unknown)
Sitanggang, Darna (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jun 2019

Abstract

Dasar keberadaan organisasi adalah produk (barang atau jasa) yang disajikan ke masyarakat . Pembuatan barang atau jasa harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pasar yang selalu berubah, pasar harus selalu menjadi fokus perhatian dalam setiap kegiatan operasi. Untuk itu dituntut kemampuan perusahaan secara terus menerus menemukan produk baru untuk didesain, dikembangkan dan dipasarkan. Produk baru, bisa berupa produk baru bagi dunia, lini produk baru, tambahan pada lini produk yang sudah ada, revisi atas produk yang sudah ada, penempatan kembali dan penekanan biaya. Secara garis besar siklus kehidupan produk dibagi menjadi empat tahapan, yaitu: tahapan perkenalan (Introduction), tahapan pertumbuhan (Growth), tahapan kejenuhan (Maturity) dan tahapan penurunan (Decline). Langkah-langkah dalam pengembangan produk terdiri dari pemilihan produk, rancangan awal, konstruksi prototype, testing dan final desain.Dalam merancang jasa, manajemen harus secara seksama membaca harapanharapan pelanggan.Kunci dari desain produk jasa adalah mendefinisikan secara tepat barang-barang yang terikat dalam jasa . Suatu campuran yang tepat dari ketiga komponen tersebut harus disampaikan. Tetapi tidak cukup mendefinisikan ciri-ciri barang jasa dalam istilah yang umum/luas, standar-standar juga harus ditentukan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JRAK

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, terbit sejak 2015, merupakan Media Riset Akuntansi dan Keuangan yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu akuntansi dan keuangan terkini yang mencakup Akuntansi Keuangan, Akuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Sektor Publik, Akuntansi ...