Tujuan penelitian ini menganalisis perbedaan persepsi konsumen atas faktor penentu tempat belanja mengenai produk, lokasi, harga, kenyamanan berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan yang terdapat di Indomaret dan Alfamart dan menganalisis beberapa macam faktor yang menjadi keunggulan Indomaret dan Alfamart untuk dapat bersaing dengan ritel- ritel lain yang terdapat di Kelurahan Mangga Kecamatan Medan Tuntungan. Jumlah sampel 200 responden, metode pengumpulan data melalui koesioner dan dokumentasi, variabel yang diteliti tentang persepsi konsumen atas faktor penentu tempat belanja mengenai produk, lokasi, harga, kenyamanan berbelanja, iklan, dan pelayanan karyawan yang dimiliki oleh Indomaret dan Alfamart, metode analisis data dengan chisquare. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart pada indikator lokasi, kelengkapan produk yang ditawarkan, harga dan iklan. Perbedaan yang dimaksudkab di atas bahwa Indomaret lebih unggul di bandingkan dengan Alfamart. Sedangkan dari segi kenyamanan berbelanja dan pelayanan yang diberikan mempunyai perbedaan yang signifikan dalam arti Alfamart lebih unggul dibandingkan dengan Indomaret. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa dengan Chi†Square ( χ2 ) diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara persepsi konsumen Indomaret dengan persepsi konsumen Alfamart. Hal ini ditunjukkan dengan nilai χ2 hitung ( χ2 = 28.4) > χ2 tabel (χ2 tabel = 11,07). Bagi pihak manajemen Indomaret sebaiknya menyempurnakan kebijakan yang berhubungan dengan kenyamanan dalam berbelanja seperti kemudahan mobilitas konsumen saat berbelanja dan kualitas pelayanan. Sedangkan bagi pihak Alfamart sebaiknya mengevaluasi kebijakan yang berhubungan dengan produk, lokasi, harga dan iklan.
Copyrights © 2017