Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah
Vol 4, No 2 (2015)

Pengembangan Multimedia Interaktif dalam Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI di SMA Negeri 2 Palembang

Wiwin Draini (Universitas Sriwijaya)
Syafruddin Yusuf (Universitas Sriwijaya)
Yetty Rahelly (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2015

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengembangkan multimedia interaktif yang valid dan efektifitas.Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan multimedia interaktif yang valid dan mengetahui efektifitasnya.Kevalidan media ini dinilai melalui evaluasi ahli (expert review) dan tahap uji coba (field test).Kevalidan melalui evaluasi ahli dinilai oleh tiga ahli yakni ahli materi, ahli desain, dan ahli media. Kevalidan materi termasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata nilai 5,00 , kevalidan desain termasuk dalam kategori sangat valid dengan rerata nilai 4,43 dan kevalidan media desain termasuk dalam kategori valid dengan rerata nilai 4,00. Sedangkan efek potensial media pembelajaran sejarah ini tampak dari tes hasil belajar dalam tahap uji coba lapangan (field test) yang diperoleh rerata nilai pretest peserta didik yaitu 52,0 dengan kategori kurang dan terjadi peningkatan pada posttest dengan rerata nilai 86,56 dengan kategori sangat baik dari 0% jumlah siswa yang mencapai KKM menjadi 100% siswa mencapai KKM. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran menggunakan Camtasia dalam mata pelajaran sejarah di kelas XI Sekolah Menengah Atas dinyatakan valid dan memiliki efektifitas bagi peserta didik. Melalui hasil penelitian ini disarankan agar multimedia interaktif ini dapat digunakan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Kata Kunci: Pengembangan, Multimedi Interaktif

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

criksetra

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Criksetra: Jurnal Pendidikan Sejarah, (P-ISSN: 1978-8673 dan E-ISSN: 2656-9620) merupakan jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Sriwijaya yang mempublikasikan hasil penelitian Pendidikan Sejarah, Kajian Ilmu Sejarah dan Ilmu Sosial Budaya dalam Pendidikan Sejarah. Jurnal ini ...