Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhiunderpricing. Variabel yang di teliti antara lain Ukuran Perusahaan, UmurPerusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), ReputasiUnderwriter.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresilinear berganda. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah studi observasidan studi pustaka. Sampel sebanyak 56 perusahaan dari populasi sebanyan 116perusahaan yang ditentukan dengan menggunakan metode puposive sampling.Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatifterhadap tingkat underpricing, umur perusahaan tidak berpengaruh terhadapunderpricing, debt to equity ratio (DER) berpengaruh positif terhadap tingkatunderpricing, current ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap tingkatunderpricing, reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap tingkatunderpricing. Hasil pengujian regresi secara simultan menunjukkan bahwa ukuranperusahaan, umur perusahaan, debt to equity ratio (DER), current ratio (CR), danreputasi underwriter berpengaruh secara simultan terhadap tingkat underpricing.
Copyrights © 2015