JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA
Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Manajemen dan Bisnis Indoneisa

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING PADA PERUSAHAAN YANG MELAKUKAN PENAWARAN UMUM PERDANA DI BURSA EFEK INDONESIA

Trias Setyowati**, Nisvi Lailul Linazah* (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhiunderpricing. Variabel yang di teliti antara lain Ukuran Perusahaan, UmurPerusahaan, Debt to Equity Ratio (DER), Current Ratio (CR), ReputasiUnderwriter.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan alat analisis regresilinear berganda. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah studi observasidan studi pustaka. Sampel sebanyak 56 perusahaan dari populasi sebanyan 116perusahaan yang ditentukan dengan menggunakan metode puposive sampling.Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatifterhadap tingkat underpricing, umur perusahaan tidak berpengaruh terhadapunderpricing, debt to equity ratio (DER) berpengaruh positif terhadap tingkatunderpricing, current ratio (CR) berpengaruh negatif terhadap tingkatunderpricing, reputasi underwriter berpengaruh negatif terhadap tingkatunderpricing. Hasil pengujian regresi secara simultan menunjukkan bahwa ukuranperusahaan, umur perusahaan, debt to equity ratio (DER), current ratio (CR), danreputasi underwriter berpengaruh secara simultan terhadap tingkat underpricing.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JMBI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS INDONESIA adalah publikasi dari Prodi Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember berupa tulisan yang diterbitkan secara berkala secara cetak (print) dan elektronik (online),dan Memuat Artikel di bidang manajemen yang meliputi manajemen keuangan, ...