Al-MUNZIR
No 2 (2016): VOL.9. NO. 2 NOVEMBER 2016

DAMPAK KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA HASIL BELAJAR

ZELFIAH ZELFIAH (UNIVERSITAS MUSLIM INDONESIA MAKASSAR)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini fokus pada hubungan antara tingkat kecanduan media sosial dan hasil belajar. Ketergantungan kepada media sosial dapat menimbulkan gejala seperti kecemasan dan kegelisahan ketika tidak dapat mengakses media/jejaring sosial yang tentu hal ini dapat mempengaruhi proses belajar. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen lapangan randomized–two group post test only, dua kondisi ekperimen diberikan kepada dua kelas perkuliahan. Kelas pertama  diperbolehkan  menggunakan media personal  selama perkuliahan sedangkan kelas lainnya tidak. Partisipan mengikuti perkuliahan dan kemudian mendapatkan kuis mengenai materi yang diberikan. Kedua kelompok menunjukkan tingkat kecanduan media sosial yang relative tinggi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa rata–rata skor kuis kelas yang diperbolehkan menggunakan media personal secara signifikan lebih tinggi dibandingkan dengan kelas yang tidak diperbolehkan menggunakan media personal. Dapat disimpulkan bahwa tidak adanya teknologi merupakan kondisi yang cukup menekan dan menyebabkan turunnya performa belajar. Kata kunci           : Kecanduan media sosial, performa belajar.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

al-munzir

Publisher

Subject

Religion Humanities Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal Al- Munzir (p-ISSN: 1979-4894; e-ISSN: 2620-326X) is a journal that publishes scientific papers, articles in the form of thought study and research results. Al-Munzir received articles from academics, researchers, journalists and national and international students in the fields of ...