Pergeseran media massa menjadi suatu industri, mengubah tujuan media massa tidak hanya semata menyampaikan informasi kepada khalayak, tetapi juga memperhitungkan aspek keuntungan yang dapat diraih dari penayangan sebuah acara di televisi. Tulisan ini akan memaparkan tentang bagaimana komodifikasi agama yang dilakukan dalam tayangan reality show dan sinetron di stasiun televisi swasta Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis kualitatif yaitu dengan cara memilah beberapa tayangan reality show dan sinetron dari beberapa stasiun televisi yang menggunakan unsur-unsur spritualitas dalam menyelesaikan konflik dan permasalahan yang terjadi, kemudian menganalisisnya. Selain itu pula dilakukan wawancara dengan beberapa khalayak mengenai tayangan-tayangan tersebut. Dari hasil analisis dapat dilihat bahwa ada beberapa tayangan yang menggunakan unsur-unsur agama dalam menyelesaikan konflik maupun permasalahan yang menjadi fokus dari tayangan tersebut. Penyertaan unsur-unsur agama dalam tayangan tersebut menjadi sebuah trend yang memiliki nilai jual yang tinggi bagi khalayak penikmat reality show dan sinetron tersebut. Tayangan yang menggunakan unsur spiritual tersebut selain memberikan nilai hiburan juga dianggap sebagai pedoman dalam penyelesaian permasalahan serupa dalam kehidupan nyata para khalayak. Kata Kunci: Komodifikasi Agama, Reality Show, Sinetron, Televisi
Copyrights © 2018