Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis reformasi administrasi pelayanan publik pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Daerah Kota Kendari. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Informan penelitian terdiri dari Kepala Dinas, Sekertaris Dinas, Kepala Bidang, Staf, dan warga yang sedang mendapatkan pelayanan publik. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif model interaktif dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reformasi administrasi pelayanan publik dilakukan melalui perubahan secara terencana melalui penataan struktur organisasi pelayanan, menerapkan prinsip dasar pelayanan yang berpihak pada masyarakat, dan pendekatan normatif dengan menetapkan syarat dan prosedur pelayanan. Kata kunci: Reformasi administrasi; Penataan struktur; Reorientasi nilai; Norma pelayanan.
Copyrights © 2018