Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan
Vol 5, No 2 (2018): Inovasi Sekolah Dasar

MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III SDN 24 PALEMBANG

Vivi Angelia (Universitas Sriwijaya)
Laihat Laihat (Universitas Sriwijaya)
Toybah Toybah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2019

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembe-lajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 24 Palembang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan jenis One group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 28 siswa kelas eksperimen. Instrumen penelitian berupa tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 32 soal dan observasi. Berdasarkan hasil uji prasyarat analisis data pretest dan posttest data tersebut berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis menunjukan nilai thitung = 5,98 sedangkan ttabel = 2,05. Nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,98 ? 2,05), sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran contextual teaching and learning pada materi energi dan perubahannya terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SDN 24 Palembang. Kata-kata Kunci: model pembelajaran contextual teaching and learning

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jisd

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Inovasi Sekolah Dasar Journal is a journal which is managed by the Study Programe of Elementary Teacher Education in the Faculty of Education Universitas Sriwijaya. Inovasi Sekolah Dasar Journal already has p-ISSN 2355-7346 and online version e-ISSN 2685-6433. Inovasi Sekolah Dasar Journal publishes ...