AbstrakKomitmen Pemerintah terhadap sektor UMKM dengan mengeluarkan dari kebijakan relaksasi DNI (daftar Negatif Investasi) akan tetap menjadi kekhawatiran bagi para pelaku UMKM yang belum siap menghadapi disrupsi dalam persaingan bisnis yang semakin ketat. Hal ini diperkuat dengan pengaruh yang signifikan terhadap pertumbuhuan ekonomi mencapai 62 juta unit UMKM dengan serapan tenaga kerja sebesar 116 juta orang dan kontirbusi terhadap produk domestik bruto (PDB) mencapai 60%. Kinerja bisnis yang tinggi memiliki peranan strategis jika dihadapkan dengan faktor eksternal yang lebih kuat pengaruhnya daripada faktor internal dalam menjaga keberlangsungan hidup UMKM, oleh kerena itu penerapan manajemen strategi sangat diperlukan bagi UMKM Kecamatan Kuningan Jawa Barat karena tidak semua memiliki daya tahan yang sama satu sama lainnya terhadap persaingan bisnis. Tujuan utama penelitian ini adalah menjelaskan kedudukan beberapa variable yang diteliti serta hubungan antara satu variabel dengan variabel lain untuk menekankan semakin pentingnya keunggulan bersaing dari UMKM. Dalam pandangan yang lebih luas, penelitian ini berfungsi sebagai sumber informasi yang akan mempromosikan UMKM menuju keunggulan bersaing. Akhirnya, penelitian ini akan memberikan beberapa kesimpulan yang tersedia dan rekomendasi konkrit. Keyword: Orientasi Pasar, Kualitas Layanan, Keunggulan Bersaing
Copyrights © 2019