ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik anak pra sekolah di PAUD X Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan survey analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orangtua balita dikelas B2, B4 dan B5 di PAUD X sebanyak 66 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan data primer dengan kuesioner pola asuh yang diberikan kepada orang tua untuk diisi sesuai pola asuh yang dilakukan sehari-hari, sedangkan pengumpulan data perkembangan motorik dilakukan dengan observasi langsung menggunakan formulir Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang (SDIDTK). Analisis data dilakukan dengan analisis univariat dan bivariat. Hasil penelitian didapatkan: (1) Dari 66 responden, terdapat 51,5% yang menerapkan pola asuh demokratis; (2) Dari 66 responden, terdapat 74,2% anak perkembangan motoriknya dalam kategori normal dan (3) Diketahui terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan motorik anak di PAUD X Kota Bengkulu dengan kategori hubungan sedang. Diharapkan pada pihak sekolah untuk dapat memperbaiki proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan motorik anak dan dapat meningkatkan pengetahuan orangtua dengan melakukan seminar atau penyuluhan serta pembagian selebaran (leaflet) tentang dampak pola asuh yang kurang baik terhadap perkembangan motorik anak, sehingga orangtua dapat merubah pola asuh yang diberikan pada anak sesuai dengan pola asuh yang dianjurkan. Kata kunci : Pola Asuh, Perkembangan Motorik
Copyrights © 2017