IJCIT (Indonesian Journal on Computer and Information Technology)
Vol 4, No 1 (2019): IJCIT Mei 2019

Analisis Efektifitas Animasi Pembelajaran Huruf Dan Angka Untuk Tuna Aksara Menggunakan Flash

Dedi Setiadi (Universitas Amikom Yogyakarta)
Restu Nugroho (Universitas Amikom Yogyakarta)
Muhammad Mukhlish (Universitas Amikom Yogyakarta)
Ryan Aulia (Universitas Amikom Yogyakarta)
Tiko Dwi Handoko (Universitas Amikom Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
17 Jun 2019

Abstract

ABSTRAKTuna aksara adalah salah satu masalah yang masih banyak terjadi di Indonesia. Padahal dengan seseorang bisa menulis dan membaca, maka orang tersebut tidak akan ketinggalan dengan berbagai informasi, ilmu pengetahuan, dan teknologi yang semakin berkembang dan mengalami kemajuan. Dengan  teknologi yang modern seperti saat ini telah banyak metode pembelajaranyang diciptakan agar dapat mempermudah membaca. Jadi kami disini mencoba membuat cara pembelajaran mengenal huruf dan angka untuk tuna aksara menggunakan sebuah aplikasi yang mudah dipahami.Pada penelitian ini kami menggunakan macromedia untuk membuat aplikasi yang ditujukanbagi orang yang mengalami buta huruf atau tuna aksara. Selain Macromedia kami juga menggunakan aplikasi pendukung untuk membuat project tersebut. Dalam pembuatan aplikasi ini kami menggunakan software pendukung. Beberapa software yang kami gunakan yaitu Adobe Photoshop CS6, Adobe Audition, Macromedia Director. Fitur yang akan disediakan dalam aplikasi ini berupa materi mengenai pengenalan huruf dan angka yang dilengkapi gambar dan suara.Kata kunci: Tuna Aksara, flash, pembelajaran, membaca, menulis ABSTRACTLiteracy is one problem that still occurs in Indonesia. Even though someone can write and read, then that person will not be left behind with various information, science, and technology that are increasingly developing and progressing. With modern technology like today there have been many learning methods that were created to make reading easier. So we are here trying to make the learning method recognize letters and numbers for illiterates using an easy-to-understand application. In this study we used macromedia to create applications aimed at people who are illiterate or illiterate. Besides Macromedia we also use supporting applications to create the project. In making this application we use supporting software. Some of the software that we use are Adobe Photoshop CS6, Adobe Audition, Macromedia Director. The features that will be provided in this application are in the form of material about the introduction of letters and numbers equipped with images and sounds.Keywords: Literacy, flash, learning, reading, writing

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ijcit

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal IJCIT Terbit pertama kali pada Bulan Mei Tahun 2016. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media publikasi hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian pada bidang Teknik Informatika, Manajemen Informatika dan Sistem Informasi. Terbit secara berkala 2 (dua) kali ...