Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 7, No 1 (2019): Jurnal Studi Sosial

Penerapan Model Scaffolding Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Sosiologi

Megawati Megawati (Unknown)
Sudjarwo Sudjarwo (Unknown)
Pujiati Pujiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jun 2019

Abstract

The purpose of this research was to implementation the scaffolding learning model in improve the students’ critical thinking ability in sociology students on a x banjar 1 the n high school. Research methodology improving a tenth grade of SMAN 1 Banjar Agung is the Classroom Action Research. This is classroom action research and the result shaved that elaborate the language think critically learning sociology students on is the perancah learning model.Students work in a group called to observe any information, data, and symbols that is in a media shown after the solution of the problem.Tujuan penelitian ini adalah untuk penerapan model pembelajaran scaffolding dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa pada mata pelajaran Sosiologi di kelas X SMA N 1 Banjar Agung.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Sosiologi dapat dilakukan dengan penerapan model pembelajaran Scaffolding. Siswa bekerja dalam kelompok diajak untuk mengamati berbagai informasi, data, dan simbol yang terdapat pada media yang ditampilkan kemudian mencari solusi dari permasalahan yang terjadi tersebut. Kata kunci: scaffolding,kemampuan berpikir kritis, sosiologi 

Copyrights © 2019