Jurnal IPA Terpadu
Vol 1, No 2 (2018)

HUBUNGAN ASUPAN ZAT GIZI DAN STATUS GIZI DENGAN HASIL BELAJAR IPA SISWA PESANTREN MTs DI KABUPATEN BURU

Azis, A. Asmawati (Unknown)
Pagarra, Halifah (Unknown)
Asriani, Asriani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian korelasi bertujuan untuk mengetahui asupan zat gizi dan status gizi siswa dan hubungannya dengan hasil belajar IPA. Pengambilan sampel adalah sampling jenuh yakni 55 responden. Instrumen yang digunakan adalah microtoice, timbangan berat badan, timbangan makanan, kuesioner, kamera dan dokumen. Data yang diperoleh di analisis dengan menggunakan analisis korelasi Spearman dan regresi linear berganda.  Hasil penelitian menunjukkan asupan zat gizi siswa Pesantren MTs di Kabupaten Buru berdasarkan angka kecukupan gizi termasuk dalam kategori defisit dan status gizi siswa termasuk dalam kategori kurus (gizi kurang). Sebanyak 2 siswa (3,64 %) memiliki hasil belajar IPA termasuk dalam klasifikasi sangat kurang, 7 siswa (12,73 %) dalam klasifikasi kurang, 18 siswa (32,73 %)  termasuk dalam klasifikasi cukup, 25 siswa (45,45 %) yang termasuk dalam klasifikasi baik dan 3 siswa (5,45 %) yang termasuk dalam klasifikasi baik sekali. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Sig. 0,000 berarti < kriteria signifikansi (0,05), dengan demikian bahwa ada hubungan asupan zat gizi dan status gizi dengan hasil belajar IPA siswa pesantren MTs di Kabupaten Buru.Kata Kunci: Asupan Zat Gizi, Status gizi, Hasil Belajar.

Copyrights © 2018