International Journal of Elementary Education
Vol 3, No 1 (2019)

Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, Repetition Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Manuaba, IB Surya (Unknown)
Yunita Kawi, Kd Ayu (Unknown)
Suadnyana, I Nengah (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini eksperimen kuasi menggunakan desain rancangan kelompok non-ekuivalen. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 346 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik sampel kelompok, yaitu melakukan random pada kelompok kelas, sehingga diperoleh kelas IVA SD Negeri 4 Tonja sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SD Negeri 4 Peguyangan sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional di kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018. Dengan demikian model pembelajaran auditory, intellectualy, repetition berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Kompyang Sujana Kecamatan Denpasar Utara tahun ajaran 2017/2018

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJEE

Publisher

Subject

Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The aim of the Journal of International Journal of Elementary Education is to provide an international forum for the sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of education, teaching, development, instruction, educational projects and ...