Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Informatika
Vol. 16 No. 1 (2019): JBMI

PENGARUH BAURAN PEMASARAN, PERSAINGAN PASAR DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KINERJA PENJUALAN MELALUI PILIHAN MINIMARKET SEBAGAI TEMPAT BERBELANJA DI SULAWESI SELATAN

Andi Musniwan Kasman (AMIK Ibnu Khaldum Palopo)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Pengembangan minimarket dewasa ini dengan kecepatan yang drastis, kecepatan ini dipacu oleh perilaku konsumen yang menjadikan suatu kebutuhan untuk memenuhi kesehariannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) bauran, persaingan pasar dan kualitas layanan terhadap pilihan minimarket sebagai tempat, (2) pengaruh bauran terhadap pilihan minimarket sebagai tempat pengeluaran. Jenis penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan analisis. Data yang digunakan adalah wawancara, studi dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen minimarket (alfamidi, indomart dan k-circle) yang ada di Sulawesi Selatan.sampling stratifikasi proporsional purposive . Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda . Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel bauran, persaingan dan kualitas layanan sangat penting dan kuat terhadap pilihan minimarket di Sulawesi Selatan. Hasil ini membuktikan bahwa hipotesis pertama. Pengujian secara parsial, ditemukan bahwa bauran merupakan variabel yang mendominasi pilihan minimarket, hal ini menegaskan bahwa hipotesis kedua dapat diterima. Seluruh variabel bebas (bauran, persaingan, dan kualitas layanan) memiliki implikasi terhadap pilihan minimarket sebesar 42,6%, sedangkan sisanya57,4% dikeluarkan oleh sebab-sebab (variabel-variabel) di luar yang lain dalam penelitian ini. Kata kunci: Bauran Pemasaran, Persaingan Pasar, Kualitas Layanan, dan Pilihan Minimarket

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jbmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Bisnis Manajemen & Informatika (JBMI) with ISSN: 0216-4132 published by the Department of Management, Faculty of Economics and Business, Hasanuddin University, is a scientific period that seeks to actively participate in efforts to find / develop, disseminate and apply business, management, ...